10 Tanda Merek Kulkas Terbaik Buntu Atau Mampet, Begini Solusinya

10 Tanda Merek Kulkas Terbaik Buntu Atau Mampet, Begini Solusinya

Tanda-Tanda Merek Kulkas Terbaik Buntu Atau Mampet-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Salah satu alat elektronik yang paling penting di kehidupan kita sehari-hari adalah kulkas. Merek kulkas terbaik membantu kita dalam menyimpan makanan dan minuman agar awet dan tetap segar.

Tetapi, kadang merek kulkas terbaik bisa saja mengalami masalah dan tidak bisa dingin. Hal ini bisa menyebabkan makanan yang disimpan di dalamnya jadi cepat rusak dan tidak sehat untuk dikonsumsi.

Salah satu masalah yang dapat terjadi pada merek kulkas terbaik yaitu tersumbat atau saluran sirkulasi refrigeran mampet. Kulkas bisa dikatakan tersumbat apabila gas freon pada kulkas tidak bisa mengalir sebab saluran sirkulasinya terhalang.

Apabila hal ini terus menerus terjadi dan merek kulkas terbaik kamu akan dipaksa terus untuk bekerja, maka dapat menyebabkan kerusakan yang parah terutama di kompresor.

Hal ini disebabkan karena tekanan yang kuat yang diterima mesin membuat kompresor merek kulkas terbaik harus bekerja dengan lebih keras dari biasanya.

Berikut beberapa tanda-tanda kulkas kamu buntu atau mampet :

1. Kondensor Tidak Panas

2. Tidak Ada Suara Gemericik

3. Ruang Freezer Kurang Dingin

4. Kompresor Sering Nyala Mati

5. Filter Tidak Panas

6. Makanan Tidak Dingin Lagi

7. Kulkas Berbunyi Terlalu Keras

8. Air Menetes di Dalam Kulkas

9. Kulkas Terlalu Panas

10. Tekanan Freon Menunjukan NOL

BACA JUGA : Perhatikan Penyebab dan Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Aqua Tidak Dingin

Berikut penyebab merek kulkas terbaik buntu atau mampet :

1. Penumpukan Es

Salah satu penyebab merek kulkas terbaik buntu atau mampet yaitu penumpukan es di freezer atau evaporator. Apabila es menumpuk terlalu banyak, maka akan menghalangi aliran udara di dalam kulkas dan akan membuatnya sulit mendinginkan makanan.

2. Filter Kotor

Filter kulkas berguna untuk menyaring debu dan kotoran yang masuk ke dalam kulkas. Apabila filter kulkas kotor, maka akan membuat aliran udara di dalam kulkas jadi terhalang dan mengakibatkan kulkas tidak dapat berfungsi dengan baik.

3. Pengaturan Suhu Salah

Pengaturan suhu yang salah bisa mengakibatkan kulkas jadi buntu atau mampet. Apabila suhu terlalu rendah, maka akan terdapat terlalu banyak kelembaban dalam kulkas dan apabila terlalu tinggi, maka makanan tidak akan bisa terlalu dingin.

4. Pintu Kulkas Tidak Tertutup Rapat

Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat akan mengakibatkan udara di dalam kulkas keluar dan udara dari luar kulkas akan masuk ke dalam kulkas. Hal ini akan berpengaruh pada suhu di dalam kulkas dan membuatnya jadi sulit untuk mendinginkan makanan.

5. Terlalu Banyak Makanan

Apabila terlalu banyak makanan yang tersimpan di dalam kulkas, maka akan membuat aliran udara di dalam kulkas jadi terganggu dan bisa membuat kulkas jadi buntu atau mampet.

BACA JUGA : 7 Cara Menghilangkan Bau Freezer Merek Kulkas Terbaik Agar Tetap Wangi

Apabila kulkas kamu mampet atau buntu, berikut ini ada beberapa solusi yang dapat kamu coba :

- Periksa dan bersihkan saluran pembuangan air pada bagian belakang kulkas. Pastikan bahwa tidak terdapat benda atau kotoran yang bisa menghalangi aliran air.

- Bagian dalam kulkas dibersihkan dan semua makanan yang ada di dalam kulkas yang sudah kadaluarsa atau makanan yang sudah tidak terpakai bisa kamu buang.

- Pastikan agar pintu kulkas selalu tertutup rapat dan karet pintu dalam keadaan yang baik. Jika perlu, karet pintu yang sudah aus harus diganti.

- Atur suhu kulkas sesuai petunjuk pada manual pengguna. Suhu kulkas yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat membuat kulkas bekerja lebih keras dan akan memperparah keadaan kulkas yang mampet atau buntu.

- Jangan terlalu banyak makanan yang kamu simpan di dalam kulkas. Karena kulkas yang terlalu penuh dapat menghalangi sirkulasi udara dan mengakibatkan kulkas buntu.

- Apabila semua solusi di atas tidak berhasil, disarankan hubungi teknisi kulkas untuk memeriksa apakah terdapat kerusakan di bagian dalam kulkas yang perlu mendapat perbaikan.

Itulah beberapa tanda-tanda dan solusi bagi merek kulkas terbaik yang buntu atau mampet. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: