Penyebab Kipas Indoor Merek AC Terbaik Tidak Berputar, Begini Cara Memperbaikinya

Penyebab Kipas Indoor Merek AC Terbaik Tidak Berputar, Begini Cara Memperbaikinya

Penyebab Kipas Indoor Merek AC Terbaik Tidak Berputar Dan Cara Memperbaikinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kipas indoor merek AC terbaik yang tidak berputar menjadi masalah yang umum terjadi di rumah atau di kantor. Saat kipas tidak berputar, suhu di dalam ruangan tidak akan terdistribusi secara merata, hal ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi penghuninya.

Berikut penyebab dan solusi mengatasi kipas indoor merek AC terbaik tidak berputar :

1. Masalah Pada Remote Control

Kadang, masalah kipas yang tidak bisa berputar bisa disebabkan oleh kerusakan remote control atau kesalahan pada pengaturannya. Pastikan remote control merek AC terbaik yang kamu gunakan berfungsi dengan baik dan ikuti instruksi penggunaan yang tepat. Apabila masih tidak berfungsi, coba kamu ganti baterai remote control dan cek kembali.

2. Kabel Listrik Tidak Terhubung dengan Baik

Cek kabel listrik kipas merek AC terbaik, bahwa kabel terhubung dengan baik ke sumber daya. Di beberapa kasus, kabel listrik dapat terlepas atau longgar yang membuat kipas berhenti berputar.

Pastikan agar kabel terpasang dengan aman dan tidak terdapat kerusakan pada kabel tersebut. Apabila kabel tampak rusak, segera ganti yang baru.

3. Sistem Keamanan Berfungsi

Kipas indoor merek AC terbaik umumnya dilengkapi sistem keamanan yang akan mematikan kipas saat terdeteksi adanya gangguan ataupun ada masalah.

Apabila sistem keamanan tersebut mendeteksi masalah seperti pemadaman listrik sementara ataupun ada gangguan lainnya, kemungkinan kipas tidak akan berputar.

Pastikan bahwa tidak terdapat masalah pada pasokan listrik dan jangan sampai membiarkan kipas terhubung ke saluran listrik yang tidak stabil.

4. Kipas Terhalang atau Terjebak

Periksa apakah terdapat hal-hal yang menghalangi gerakan kipas indoor merek AC terbaik jadi tidak berputar, misal seperti kabel terlilit atau benda-benda lain yang ada di sekitar kipas.

Kadang, kipas bisa terjebak oleh debu, serpihan, ataupun benda asing lainnya yang masuk ke dalamnya. Bersihkan kipas keseluruhan dan pastikan tidak terdapat benda yang akan menghalangi kipas berputar dengan bebas.

5. Motor Kipas Rusak

Apabila semua penyebab di atas telah diperiksa dan kipas indoor merek AC terbaik masih tidak bisa berputar, kemungkinan besar terdapat masalah pada motor kipas itu sendiri.

Motor kipas yang mengalami kerusakan bisa menghentikan kipas yang berputar. Oleh karena itu, sebaiknya hubungi teknisi AC terpercaya untuk mengecek dan memperbaiki masalah pada motor kipas yang rusak.

BACA JUGA : Cara Setting Remote Merek AC Terbaik Samsung Agar Lebih Dingin

Berikut cara memperbaiki masalah saat kipas indoor brand AC berkualitas tidak berputar :

- Buka AC dan keluarkan kipas indoor AC. Bersihkan kotoran, debu, dan karat yang menempel pada motor. Berikan pelumas pada motor supaya berjalan normal.

- Periksa kabel-kabel yang terhubung pada kipas. Apabila terdapat kerusakan misalnya kabel putus, segera kamu sambungkan kembali.

- Tes putaran kipas. Apabila putaran kipas terlihat lemah dan membutuhkan bantuan tangan supaya berputar dengan lebih cepat, kemungkinan kapasitor motor perlu diganti. Pastikan memilih kapasitor yang sesuai dan mempunyai daya yang cocok untuk AC kamu.

- Uji kinerja kipas indoor pabrikan AC terlaris dengan cara nyalakan AC terlebih dahulu sebelum kipas dibongkar. Hal ini bisa membantu kamu melihat kipas indoor apakah masih berfungsi dengan baik.

Tetapi, apabila masalah tersebut tetap berlanjut, disarankan untuk panggil teknisi AC berpengalaman untuk mengatasinya.

- Cek thermistor apabila suhu yang diatur pada pendingin yang tidak sesuai dengan kondisi suhu ruangan. Apabila thermistor mengalami kerusakan, segera ganti dengan yang baru.

Pentingnya memahami cara menguji kinerja motor kipas indoor AC secara hati-hati supaya pengguna bisa menggunakan perangkat lebih efisien dan menghindari dari tagihan listrik yang tinggi karena kerusakan yang terjadi pada perangkat pendingin ruangan.

Perbaikan kipas outdoor AC dan kipas indoor yang tidak berputar harus dilakukan oleh teknisi atau orang yang mempunyai pengetahuan tentang mesin AC, hal ini untuk meminimalkan terjadinya risiko kerusakan pada komponen lain dan mengoptimalkan kinerja pendingin ruangan serta untuk memperpanjang masa penggunaannya.

Itulah beberapa penyebab kipas indoor merek AC terbaik tidak berputar dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: