Penyebab Dan Cara Mengatasi Kompresor Merek AC Terbaik Mati Tapi Kipas Hidup

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kompresor Merek AC Terbaik Mati Tapi Kipas Hidup

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kompresor Merek AC Terbaik Mati Tapi Kipas Hidup-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Pada saat musim panas, merek AC terbaik di rumah menjadi penolong yang tak ternilai. Tetapi, saat mengalami masalah seperti kompresor AC mati tapi kipas hidup, hal tersebut bisa membuat frustrasi.

Berikut beberapa penyebab kipas merek AC terbaik outdoor tetap hidup tetapi kompresor mati :

1. Komponen Indoor dan Outdoor Tidak Kompatibel

Pada umumnya, merek AC terbaik rumah merupakan jenis AC Split yang terdiri dari 2 komponen utama, yaitu komponen indoor yang letaknya di dalam ruangan dan komponen outdoor yang letaknya di luar ruangan. Jika kedua komponen ini tidak kompatibel, maka AC tidak akan berfungsi dengan baik.

Masalah ini juga bisa berpengaruh pada kinerja kompresor merek AC terbaik. Apabila kamu mengalami masalah seperti kompresor mati tetapi kipas hidup, disarankan terlebih dahulu untuk mengecek komponen indoor dan outdoor sebelum kamu memutuskan untuk mengganti kompresornya.

2. Kerusakan Kapasitor Starter

Kapasitor starter merupakan salah satu jenis kapasitor yang memiliki peran dalam mengalirkan daya listrik dari sumber daya menuju ke seluruh komponen yang memerlukannya.

BACA JUGA : 8 Penyebab Merek AC Terbaik Berisik Dan Solusi Mengatasinya

Apabila kapasitor starter rusak, hal ini bisa mengakibatkan matinya kompresor karena tidak mendapatkan pasokan daya listrik yang cukup.

Selain kerusakan kapasitor starter, starter yang lemah juga bisa menjadi penyebab kompresor AC mati, tapi kipas outdoor hidup seperti seharusnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, disarankan untuk mengganti kapasitor starter yang baru.

3. Kabel Komponen Indoor Putus

Kabel indoor yang putus memang jarang terjadi, karena pada umumnya kabel merek AC terbaik menmakai lilitan tembaga yang berkualitas tinggi. Meski kerusakan ini jarang terjadi, bukan berarti hal itu tidak mungkin terjadi.

Kabel indoor juga bisa putus apabila AC yang kamu gunakan sudah sangat usang. Apabila komponen indoor putus, kamu hanya perlu ganti kabel dengan kabel baru sesuai dengan warna dan tipe kabel tersebut.

4. Sekring Kompresor Putus

Apabila arus listrik yang melewati kompresor terlalu tinggi, maka sekring kompresor akan terputus dan arus listrik juga akan terputus.

Saat hal ini terjadi, kompresor merek AC terbaik akan mati karena tidak dapat menerima pasokan arus listrik melalui sekring yang putus tersebut, tetapi kipas hidup. Cara satu-satunya untuk memperbaiki masalah ini yaitu dengan mengganti sekring baru.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Filter Merek AC Terbaik Sendiri Dengan Mudah

5. Overheating pada Kompresor

Overheating atau kondisi saat kompresor terlalu panas yang disebabkan karena penggunaan yang berlebihan merupakan penyebab utama kompresor AC menjadi mati tapi kipas hidup.

Apabila hal ini terus menerus dibiarkan, maka filter udara akan tersumbat dan evaporator akan rusak. Komponen-komponen lainnya juga bisa terpengaruh suhu panas yang terus menerus diterima.

6. Listrik Terputus

Mungkin terdapat pemutusan aliran listrik di rumah kamu atau mungkin terdapat masalah pada soket AC yang kamu gunakan. Pastikan untuk mengecek sumber listrik, sebelum kamu cari penyebab lainnya.

BACA JUGA :  8 Penyebab Merek AC Terbaik Berisik Dan Solusi Mengatasinya

7. Kapasitor Rusak

Kapasitor merupakan komponen penting pada sistem AC yang akan membantu kompresor memulai. Apabila kapasitor rusak, kompresor tidak akan bisa diaktifkan. Hal ini bisa menjadi penyebab kipas tetap hidup berfungsi, tetapi kompresor AC mati.

Cek kondisi kapasitor dan pastikan tidak terdapat kerusakan fisik ataupun kebocoran. Apabila kamu mencurigai bahwa kapasitor tersebut rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

8. Thermal Overload pada Kompresor

Kompresor merek AC terbaik dilengkapi perlindungan termal yang bertujuan untuk mencegah kerusakan akibat panas yang berlebihan. Apabila suhu kompresor terlalu tinggi, perlindungan termal akan mematikan kompresor, dengan tujuan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Kipas yang masih hidup dan berfungsi meski kompresor AC mati karena perlindungan termal sudah diaktifkan. Kamu bisa mencoba mereset perlindungan termal bila diperlukan.

BACA JUGA : 7 Tips Jitu Membersihkan Merek AC Terbaik Portabel, Lebih Awet Sejuk Maksimal

Berikut solusi untuk masalah pada kompresor merek AC terbaik yang mati tapi kipas masih hidup :

1. Periksa Sumber Listrik

2. Periksa Kapasitor

3. Reset Thermal Overload

4. Panggil Teknisi AC Profesional

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah kompresor merek AC terbaik yang mati tetapi kipasnya hidup. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: