7 Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Sering Mati Hidup Sendiri, Berikut Penyebabnya

7 Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Sering Mati Hidup Sendiri, Berikut Penyebabnya

Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Sering Mati Hidup Sendiri-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Mempunyai merek AC terbaik di rumah dapat memberikan kenyamanan dan kesegaran pada ruangan kamu, terutama ketika musim panas yang sangat terik.

Tetapi, kadang kamu mengalami sebuah masalah pada merek AC terbaik kamu seperti AC sering mati hidup sendiri. Masalah tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya masalah listrik atau komponen internal yang mengalami kerusakan. Dalam artikel ini.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan merek AC terbaik kamu mati hidup sendiri :

1. Masalah Listrik

Merek AC terbaik memerlukan daya listrik yang cukup banyak untuk beroperasi dengan baik. Apabila terdapat masalah pada pasokan listriknya, maka AC bisa mati sendiri. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pasokan listrik :

  1. Korsleting listrik
  2. Terputusnya pasokan listrik dari sumber utama
  3. Overload listrik
  4. Peralatan listrik rusak

2. Kondisi Internal AC

Beberapa masalah internal yang menyebabkan AC mati hidup sendiri, seperti :

  1. Komponen internal rusak atau aus
  2. Kondensor dan evaporator kotor
  3. Kondensor terlalu panas
  4. Kabel terputus atau aus

3. Thermise Otomatis AC Sudah Tidak Berfungsi

Kerusakan Thermise Otomatis AC disebabkan oleh habisnya massa Thermise Otomatis tersebut.

4. Tombol On Off  atau Switch Tidak Normal

Kerusakan pada AC biasnaya terjadi pada merek AC yang sudah lama digunakan atau sudah berusia tua. Switch On-Off yang tidak normal bisa membuat AC mati hidup secara otomatis.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Tidak Bisa Di Remote

5. Error pada Modul

Kerusakan ini bisa disebabkan karena AC terkena tegangan yang tinggi atau voltase listrik yang rendah/tidak normal, yaitu ada korsleting di jalur antara tombol on-off dengan modul. Untuk mengatasinya, cek modul AC dengan menggunakan tester.

6. Timer pada Indoor Nyala atau Aktif

Kerusakan ini sering terjadi sebab kebiasaan pengguna AC yang menyalakan timer tetapi lupa untuk mematikannya.

7. Terlalu Lama Dipakai

Penggunaan yang berlebihan dapat memperpendek umur AC dan membuat AC mati hidup sendiri.

Berikut beberapa cara mengatasi merek AC terbaik mati hidup sendiri :

1. Periksa Pasokan Listrik

Pastikan pasokan listrik dari sumber utama dalam kondidi yang baik dan tidak terputus. Apabila masalah listrik terjadi disebabkan korsleting atau overload, segera matikan saklar utama dan panggil teknisi listrik untuk mengatasinya.

2. Periksa Kondisi Internal AC

Pastikan kondensor dan evaporator dalam kondisi yang bersih. Bersihkan menggunakan sikat dan lap yang basah. Apabila kondisi internal sudah rusak, panggil teknisi AC untuk mengatasinya.

3. Periksa Thermise Otomatis AC

Apabila Thermise Otomatis AC tidak berfungsi dengan semestinya, maka AC tidak dapat dikontrol menggunakan remote dan bisa mati dan hidup sendiri. Untuk mengatasii hal ini, coba jauhkan Thermise atau mata kucing Thermise dari Evaporator Indoor. Apabila tidak berhasil, kamu perlu ganti Thermise tersebut dengan yang baru supaya AC bisa berfungsi kembali dengan normal.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Dan Mencegah Kerusakan Kompresor Merek AC Terbaik Jenis Split

4. Cek Switch atau Tombol On Off Indoor

Apabila switch atau tombol on-off indoor sudah tidak normal, cara mengatasinya yaitu dengan melangsungkan solder pada switch tersebut.

Tetapi, untuk menghidupkan dan mematikannya, kamu bisa gunakan remote. Namun, apabila AC tidak dapat dihidupkan atau dimatikan dengan switch atau tombol on-off, solusinya yaitu perbaiki atau ganti switch tersebut.

5. Periksa Modul AC

Apabila modul AC bermasalah, segera lakukan perbaikan pada jalur yang korsleting. Tetapi, kerusakan seperti ini jarang terjadi. Cara mencegahnya, gunakan stabilizer pada AC supaya arus listrik yang masuk bisa tetap stabil di 220 Volt.

6. Cek Setelan Timer

Seringkali pengguna AC menghidupkan timer di mode indoor tanpa menyadarinya, dan saat AC mati hidup sendiri, mereka mengira bahwa AC tidak normal. Untuk mengatasi hal ini, cukup matikan timer lewatremote control AC.

7. Gunakan AC dengan Bijak

Jangan terlalu sering mematikan dan menghidupkan AC. Hindari penggunaan AC yang terlalu lama dan atur suhu yang tepat.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengtaasi merek AC terbaik yang sering mati hidup sendiri. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: