Cara Memperbaiki Dan Mencegah Kerusakan Kompresor Merek AC Terbaik Jenis Split

Cara Memperbaiki Dan Mencegah Kerusakan Kompresor Merek AC Terbaik Jenis Split

Cara Memperbaiki Dan Mencegah Kerusakan Pada Kompresor Merek AC Terbaik Jenis Split-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Apabila kamu mempunyai merek AC terbaik jenis split di rumah dan tiba-tiba kamu merasa bahwa udara yang keluar dari AC tidak sejuk lagi, kemungkinan besar terjadi masalah pada kompresor AC kamu.

Kompresor merek AC terbaik jenis split berfungsi untuk memompa refrigeran dan menjaga aliran udara supaya tetap dingin.

Tetapi, terdapat beberapa masalah umum yang sering terjadi pada merek AC terbaik seperti bocor refrigeran, overheat, ataupun kelembaban yang tinggi.

Berikut beberapa tanda-tanda yang bisa menunjukkan bahwa kompresor merek AC terbaik jenis split kamu mengalami kerusakan :

  1. Tidak terdapat Udara Dingin yang Keluar
  2. AC Terus Hidup dan Mati Sendiri
  3. Suara Beising atau Berdengung
  4. Kinerja AC Semakin Menurun

Apabila kamu mengalami salah satu atau beberapa dari tanda-tanda kerusakan kompresor AC di atas, kamu mungkin memerlukan perbaikan pada kompresor AC split kamu. Berikut beberapa cara untuk memperbaiki kompresor merek AC terbaik jenis split yang rusak :

1. Mengecek Kondisi Kabel dan Stop Kontak

Sebelum kamu memperbaiki kompresor AC, pastikan jika kabel dan stop kontak tidak ada yang rusak dan dalam keadaan yang baik. Apabila kamu menemukan kerusakan pada kabel atau stop kontaknya, segera ganti terlebih dahulu dengan yang baru, hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan yang lebih besar.

2. Membersihkan Filter dan Evaporator

Filter dan evaporator AC harus dibersihkan sengan rutin untuk menjaga kinerja AC tetap stabil. Apabila filter atau evaporator kotor, udara yang akan keluar dari AC tidak akan terasa sejuk.

Dengan kamu membersihkan filter dan evaporator AC bisa membantu dalam mengurangi beban kerja kompresor AC.

BACA JUGA : 21 Tips Menggunakan Merek Kulkas Terbaik Yang Masih Baru Agar Awet

3. Menambahkan Refrigeran

Apabila kompresor merek AC terbaik kamu rusak dikarenakan kekurangan refrigeran, kamu perlu menambahkan refrigeran baru. Tetapi, kamu harus memastikan bahwa kamu menambahkan refrigeran dengan jumlah yang tepat dan benar.

Jangan sampai kamu menambahkan refrigeran terlalu banyak ataupun terlalu sedikit sebab dapat berdampak buruk terhadap kinerja AC dan bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

4. Mengganti Kondensator

Kondensator memiliki rfungsi untuk membantu memulai kerja mesin kompresor AC. Apabila kondensator terjadi kerusakan, mesin kompresor AC tidak dapat bisa dihidupkan.

Kamu dapat mengecek kondensator dengan cara menggunakan multimeter. Apabila kondensator tidak memberikan nilai yang tepat, kamu harus menggantinya dengan yang baru.

5. Mengganti Kompresor

Apabila semua cara di atas telah kamu coba dan namun kompresor merek AC terbaik masih saja rusak, kamu perlu menggantinya dengan kompresor AC yang baru.

Tetapi, mengganti kompresor merek AC terbaik jenis split bukan hal yang mudah dan membutuhkan keahlian yang khusus. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu panggil teknisi AC untuk membantu kamu dalam mengganti kompresor AC.

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik 4 Pintu, Harga Di Bawah Rp10 Jutaan

Selain memperbaiki kompresor AC yang mengalami kerusakan, kamu juga perlu melakukan pencegahan pada kompresor AC agar tidak rusak. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mencegah terjadinya kerusakan pada kompresor AC split :

1. Membersihkan Filter dan Evaporator Dengan Rutin

Dengan membersihkan filter dan evaporator AC dengan rutin bisa membantu mengurangi beban kerja kompresor AC. Pastikan kamu membersihkan filter dan evaporator minimal 1 kali dalam 1 atau 2 bulan.

2. Hindari Overload AC

Jangan gunakan AC secara terus menerus atau hindari menyalakan AC di suhu yang terlalu rendah. Hal ini bisa membuat beban kerja kompresor AC jadi terlalu berat dan dapat meningkatkan risiko kerusakan.

3. Gunakan AC dengan Bijak

Hanya gunakan AC saat diperlukan dan matikan AC saat sudah tidak digunakan. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi beban kerja pada kompresor AC dan bisa memperpanjang usia AC.

4. Rutin Memeriksa Kondisi AC

Dengan memeriksa kondisi AC secara rutin bisa membantu dalam mendeteksi masalah awalnya sebelum terjadi kerusakan yang makin parah. Cek kondisi AC minimal 1 kali dalam 1 tahun.

Itulah beberapa cara memperbaiki dan mencegah kerusakan pada kompresor merek AC terbaik jenis split yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: