136 Ketua Kampung KB dan Koryan BP3KB Brebes Digembleng Pengelolaan Data

136 Ketua Kampung KB dan Koryan BP3KB Brebes Digembleng Pengelolaan Data

MATERI - Narasumber sekaligus Kabid Dalduk DP3KB Brebes menyampaikan materi tentang pengelolaan data web kampung KB.-SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

BREBES, DISWAYJOGJA - Sebanyak 136 ketua Kampung Keluarga Berencana (KB) dan Koryan Balai P3KB Brebes, digembleng pengelolaan data dan web kampung KB. Tujuannya, agar ketrampilang manajemen, input dan publish data realisasi KB bisa terintegrasi dalam sistem. Komitmen itu, dibuktikan dengan pembekalan berkelanjutan yang diawali di King Royal Hotel, Selasa, 25 Juni lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes melalui Kabid Pengendalian Penduduk Kambali menjelaskan, kegiatan pembekalan pengelolaan data dan web kampung KB akan diberikan secara menyeluruh. Namun, kali pertama sasarannya di wilayah Brebes Utara termasuk Koryan BP3KB.

BACA JUGA:Umi Azizah Terima Penghargaan Anugerah Dharma Karya Kencana dari BKKBN, Ini Pesannya

"Penyuluhan ini, untuk mengoptimalkan pembentukan Kampung KB yang sudah 100 persen di Kabupaten Brebes. Bahkan, sudah terregister di website Kampung KB BKKBN yakni melalui kampungkb.bkkbn.go.id," terangnya kepada Radar Tegal, Jumat, 28 Juni.

Meski pembentukan Kampung KB sudah 100 persen, lanjut Kambali, sesuai Inpres No. 3 Tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan Kampung keluarga berkualitas. Namun, capaian Kampung KB dengan klasifikasi mandiri dan berkelanjutan masih belum sesuai harapan. Harapannya, pertemuan ini dapat mendongkrak kapasitas pengetahuan dan keterampilan.

Sehingga, Ketua Kampung KB bisa melakukan intervensi bersinergi dengan Balai P3KB dan dinas agar klasifikasi Kampung KB lebih meningkat," jelasnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Kesejahteraan, Kolaborasi Pemda DIY dan BKKBN Diharapkan Makin Berkembang

Kambali menuturkan, materi yang diberikan meliputi kebijakan Kampung KB, pengelolaan web dan evaluasi rumah data kependudukan dan informasi keluarga. Termasuk, praktek pengolahan data dan intervensi di web Kampung KB dan RDK. Narasumbernya, tim Dalduk melibut Kabid Dalduk, Siti Khalima, Muhamad Iqbal Baramuli dan Faizatun Rahmada. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: