Begini Cara Cek Timer Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu, Mudah dan Tepat

Begini Cara Cek Timer Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu, Mudah dan Tepat

cara cek timer merek kulkas terbaik 2 pintu dengan mudah dan tepat--Google.com

Meskipun Anda menggunakan alat ampere meter untuk memeriksa apakah kulkas masih berfungsi, namun ketika timer kulkas mengalami kerusakan, ampere meter tidak akan mampu mengukur daya listrik yang mengalir.

2. Timbul Bunga Es di Kulkas

Salah satu cara untuk mengetahui apakah timer kulkas 2 pintu mengalami kerusakan adalah dengan memeriksa adanya tumpukan bunga es di dalam kulkas. Tumpukan bunga es terjadi karena suhu yang sangat rendah di dalam kulkas menyebabkan uap air di udara membeku dan menempel pada dinding kulkas.

Pentingnya timer kulkas dalam hal ini mirip dengan pentingnya kompresor, karena timer mengontrol siklus defrost untuk mencegah terbentuknya tumpukan bunga es. Jika switch timer yang mengatur listrik untuk defrost mengalami kerusakan, kinerja defrost akan terganggu bahkan mungkin tidak berfungsi sama sekali.

BACA JUGA : Kulkas Terbaik Side by Side Dengan Kombinasi Gaya dan Fungsi, Simak Selangkapnya

3. Kulkas Tidak Dingin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika merek kulkas terbaik telah terhubung ke sumber listrik selama beberapa jam tetapi tidak menyala, hal ini kemungkinan disebabkan oleh kerusakan pada timer kulkas. Biasanya, masalah ini terjadi karena switch di dalam timer tidak berfungsi.

Switch ini bertugas mengalirkan aliran listrik ke kompresor. Jika switch tidak berfungsi, kompresor tidak akan menerima pasokan listrik yang diperlukan untuk memulai proses pendinginan.

4. Kompresor Selalu Menyala

Timer kulkas mengatur kinerja kompresor dengan mengontrol kapan kompresor harus aktif dan kapan harus berhenti sesaat. Salah satu cara untuk memeriksa apakah timer kulkas 2 pintu berfungsi dengan baik adalah dengan menguji aliran listrik yang mengarah ke kompresor, apakah terhubung atau terputus.

Jika terjadi kerusakan pada timer kulkas, kompresor dapat terus bekerja tanpa istirahat yang sesuai, menyebabkan suhu di dalam kulkas menjadi sangat rendah dan dapat mengakibatkan terbentuknya tumpukan bunga es yang tebal.

BACA JUGA : 10 Tips Meningkatkan Kinerja Kulkas Terbaik Agar Makanan Lebih Segar

Demikianlah ulasan mengenai cara cek timer merek kulkas terbaik 2 pintu dengan mudah dan tepat. Semoga bermanfaat (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: