Solusi Cepat Mengatasi Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Panas, Berikut Penyebabnya

Solusi Cepat Mengatasi Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Panas, Berikut Penyebabnya

Solusi Cepat Mengatasi Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Panas-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Masalah merek kulkas terbaik yang tidak dingin dan terasa sangat panas kemungkinan besar disebabkan oleh kompresor kulkas yang panas. Kulkas yang panas akan mempengaruhi kinerja kulkas dan bisa memperpendek umur kulkas jika tidak segera diperbaiki.

Kompresor merupakan mesin utama pada merek kulkas terbaik yang memiliki peran dalam menghisap dan menghasilkan gas pendingin atau freon supaya bisa bersirkulasi melalui pipa kapiler pendingin.

Aabila kompresor merek kulkas terbaik rusak, maka gas freon tidak bisa beredar dan menyebabkan kulkas tidak bisa mendinginkan.

Suhu normal kompresor yaitu hangat, tidak terlalu panas. Oleh sebab itu, apabila kompresor merek kulkas terbaik terlalu panas berarti ada masalah pada kulkas. Kalau dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan kerusakan total pada kulkas kamu.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan suhu kompresor merek kulkas terbaik tidak normal dan terlalu panas :

1. Kondensor yang kotor

BACA JUGA : Tips Mengamankan Merek Kulkas Terbaik Dari Jangkauan Anak-anak, Penting Untuk Keselamatan Buah Hati

Kondensor ini mempunyai fungsi membuang panas dari kulkas, sehingga apabila ada kotoran atau debu di kondensor, maka panas tidak akan bisa dibuang dengan baik, dan akan membuat kompresor kulkas jadi panas.

2. Overload Relay yang Rusak

Overload relay merupakan komponen yang berguna untuk melindungi kompresor kulkas dari overheat. Overheat pada kulkas bisa terjadi bila ada beban yang terlalu berat pada kompresor kulkas. Apabila overload relay mengalami kerusakan, maka kompresor kulkas akan jadi panas.

3. Freon yang Kurang Atau Berlebihan

Freon berguna mengatur suhu dalam kulkas. Apabila freon kurang ataupun berlebihan akan membuat kinerja kulkas terganggu dan menyebabkan kompresor kulkas menjadi panas.

4. Pipa Kapiler Mampet

Bagian evaporator dan kondensor kulkas terdiri dari pipa kapiler yang berguna sebagai media sirkulasi refrigerant atau gas pendingin. Pipa kapiler ini mempunyai diameter sangat kecil sehingga gampang tersumbat, dan mengganggu aliran freon yang akan mengalir.

Keadaan ini bisa membuat beban kerja kompresor makin berat, dan akan menghasilkan panas yang berlebih serta meningkatkan konsumsi listrik. Adanya penyumbatan pada pipa kapiler bisa kamu deteksi menggunakan pengukur tekanan. Hasil pengukuran tekanan biasanya akan melebihi standar yang seharusnya.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Nyetrum, Ini Penyebabnya

5. Oli Kompresor Kering

Fungsi minyak oli dalam tabung kompresor yaitu untuk memberikan pelumasan di bagian dalam kompresor dan menyerap panas yang dihasilkan kumparan. Tetai apabila jumlah oli di dalam kompresor terlalu sedikit atau bahkan habis, maka kompresor akan gampang panas dan berpotensi dalam merusak kumparan.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan jumlah dan kualitas minyak oli di dalam kompresor supaya bisa menjaga kinerja dan daya tahan kompresor. Kehabisan minyak oli kompresor biasanya bisa diketahui dari bunyi kasar yang dihasilkan ketika kompresor sedang dihidupkan.

6. Kompresor yang sudah tua

Kompresor merek kulkas terbaik yang usianya sudah tua bisa mengakibatkan kompresor jadi panas. Umur kompresor kulkas biasanya sekitar 8-10 tahun, tergantung frekuensi penggunaannya.

7. Overload switch rusak

Kompresor kulkas yang terlalu panas bisa disebabkan karena gulungan kompresor yang mulai melemah. Kadang, beberapa bagian gulungan juga bisa mengelupas dan mengakibatkan hubungan singkat pada gulungan.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Freon Merek Kulkas Terbaik Habis Dan Cara Mengisinya

Cara memperbaiki kompresor merek kulkas terbaik yang panas :

1. Membersihkan Kondensor Kulkas

2. Memperbaiki atau Mengganti Overload Relay

3. Memeriksa Freon Kulkas

4. Memeriksa Kabel dan Konektor

5. Memeriksa Kipas Pendingin Kulkas

6. Memeriksa Kebocoran Pipa Kulkas

Itulah beberapa solusi cepat mengatasi kompresor merek kulkas terbaik yang panas beserta penyebabnya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: