Pesona Wisata Terbaru 2024 Goa Tanding Jogja, Nikmati Stalakit dan Stalakmit Estetik

Pesona Wisata Terbaru 2024 Goa Tanding Jogja, Nikmati Stalakit dan Stalakmit Estetik

Pesona Wisata Terbaru 2024 Goa Tanding Jogja--Google.com

DISWAY JOGJA - Wisata terbaru 2024 Goa Tanding terletak di Gunung Kidul, berdekatan dengan Goa Pindul dan Sungai Oyo. Tempat ini dapat menjadi alternatif untuk melakukan rafting jika kedua lokasi sebelumnya penuh, terutama pada musim liburan yang ramai.

Wisata terbaru 2024 Goa Tanding dinamai demikian karena ditemukan oleh seorang kakek bernama Harto Tanding, yang secara tradisional menggali sumur mata air menggunakan linggis dengan diameter 2 meter.

Selama proses penggalian tersebut, dia tanpa sengaja menemukan stalaktit dan stalakmit di dalam gua. Wisata terbaru 2024 gua ini, hanya memiliki satu akses masuk dan keluar melalui sumur yang dibuat oleh Mbah Harto.

BACA JUGA : Eksplore Wisata Terbaru 2024 Jogja, Pesona Liburan Estetik

Wisata terbaru 2024 Gua Tanding memiliki kedalaman air mencapai 4 meter dan tinggi dari permukaan air hingga atap gua berkisar antara 5 hingga 16 meter. Lebar gua ini sekitar 4-9 meter dan panjangnya sekitar 450 meter.

Meskipun demikian, kandungan oksigen di dalam gua cukup memadai, sehingga pengunjung tidak memerlukan alat bantu pernafasan kecuali untuk keperluan khusus.

Lokasi dan Tiket Masuk Goa Tanding Jogja

Wisata terbaru 2024 Goa Tanding berlokasi dekat dengan Goa Pindul, hanya sekitar 2 menit perjalanan dengan mobil atau sekitar 7 menit berjalan kaki. Lokasinya berada di Gelaran 2, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional Goa Tanding adalah setiap hari dari jam 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk masuk ke gua ini, pengunjung perlu membayar tiket seharga sekitar Rp10.000. Untuk pengalaman rafting, tiketnya dimulai dari Rp150.000. Harga tiket masuk sudah termasuk perlengkapan rafting seperti jaket pelampung dan perahu karet.

Daya Tarik Goa Tanding Jogja

1. Rafting Seru

Daya tarik utama dari Goa Tanding adalah aktivitas rafting yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Selama 1,5-2 jam, pengunjung akan diajak untuk berkeliling di sungai bawah tanah yang ada di dalam gua.

BACA JUGA : 10 Tempat Wisata Terbaru 2024 Jogja, Wajib Dikunjungi Saat Liburan Sekolah

Untuk bisa mengikuti aktivitas rafting ini, pengunjung perlu menyiapkan minimal biaya sebesar Rp150.000. Selama perjalanan rafting, pengunjung memiliki pilihan untuk menggunakan jasa pemandu secara privat atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: