Re-Launching Lapakemane bagi UMKM, Dinkopumdag Sediakan Kopi Asli Brebes

Re-Launching Lapakemane bagi UMKM, Dinkopumdag Sediakan Kopi Asli Brebes

RE-LAUNCHING - Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar relaunching Lapakemane bisa dimanfaatkan untuk rapat santai. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Lapakemane rumah bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) naungan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kabupaten Brebes. Selain menyediakan jajanan dan kuliner juga menyajikan cita rasa kopi asli Brebes.

Lapakemane yang menempati eks Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) jalan Singosari Pranotoyudo relaunching kafe, kini dengan konsep baru indoor dan outdoor.

Dengan re-launching Lapakemane ini, mudah-mudahan bisa rame lagi, namun perlu ditata lagi agar konsepnya benar-benar bagus,ucap Pj Bupati Brebes Iwannudin Iskandar saat relaunching Kafe Lapakemane, kemarin.

BACA JUGA:Manfaat Dan Dampak Positif KUR 2024 Bagi UMKM

Iwan mengatakan, kalau bisa berkolaborasi dengan pedagang di depan sekitar alun-alun akan lebih menarik. Jadi makanannya tidak hanya di Lapakemane juga dari UMKM di luar.

Ini kebetulan di sekitar alun-alun, ajak pedagang kaki lima yang ada di depan untuk kolaborasi, semisal sate blengong dan lainnya, pasti akan lebih menarik, ditambah ada live musik, yang penting buat masyarakat bahagia,katanya.

Lapakemane, Lanjut Iwan, bisa dijadikan ruang meeting ataupun pelayanan masyarakat, misal pengen ketemu dan ngobrol dengan bupati termasuk untuk menjamu tamu dari luar daerah sekalian promosi produk UMKM yang ada.

Tempat ini strategis, bilamana perlu rapat di sini, tidak hanya di kantor saja. Ayo OPD maupun BLUD manfaatkan tempat ini, di sini bisa sambil ngopi santai yang penting hasil rapatnya berkualitas," ujarnya.

Iwan berpesan, agar penggelola dapat memanfaatkan ruang seoptimal mungkin, dan ingat jaga kebersihan, tempat sampah, kamar mandi dan sebagainya. Buat pengunjung aman dan nyaman.

Plt Kepala Dinas Dinkopumdag Brebes Edi Kusmartono menyampaikan, Lapakemane sudah pernah dilaunching pada 21 Februari 2021 lalu, namun seiring berjalannya waktu seperti mati suri. Jadi dihidupkan kembali dengan relaunching.

Kemarin ketika membuka pelatihan kewirausahaan di Bumiayu bertemu dengan komunitas pegiat kopi berkeinginan untuk dilaunching lagi dengan konsep yang berbeda, di Lapakemane ini ada 11 jenis kopi asli Brebes, nantinya akan kita saksikan di setiap event kopi,jelas Edi.

BACA JUGA:Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Dorong Pengembangan Usaha Mikro

Edi mengatakan, di dalam ada ruang meeting atau diskusi dengan kapasitas tidak terlalu besar 20 sampai 30 orang. Di luar pun didesain sebaik mungkin agar menarik dari luar, pihaknya menyediakan berbagai produk UMKM termasuk kopi sesuai permintaan pengunjung.

Penggelola tidak hanya menyajikan kopi juga makanan atau camilan pruduk UMKM Brebes, kalau kita tidak sengkuyung Lapakemane ini tidak buka kembali, berkat kerja sama beberapa komunitas seperti komunitas UMKM Remojong, Guyub Rukun Saklawase dan lainnya,tuturnya.

Edi berharap, Lapakemane dapat dikelola dengan cara yang lebih profesional, yang jelas sajian kopi di sini tidak diragukan lagi dan rasa sudah bisa bersaing dengan kopi-kopi dari daerah lain. Semoga bisa lebih meningkatkan promosi kopi Brebes juga kuliner UMKM lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: