Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Nyetrum, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Nyetrum, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Nyetrum-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kulkas menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang memiliki peran sangat penting dalam menjaga makanan dan minuman agar tetap segar. Tetapi, kadang sering terjadi masalah ketika menyentuh merek kulkas terbaik, seperti tersengat listrik atau biasa disebut nyetrum.

Hal ini tentu menjadi hal yang sangat berbahaya dan menganggu bagi pengguna kulkas. Merek kulkas terbaik yang nyetrum terjadi saat pengguna menyentuh kulkas dan merasakan ada arus listrik yang keluar dari kulkas tersebut.

Gejala yang umumnya sering dirasakan yaitu kita akan merasa kesemutan atau sakit saat menyentuh kulkas. Merek kulkas terbaik nyetrum dapat terjadi pada kulkas dengan merek apa pun. Beberapa tanda bahwa kulkas mungkin menyetrum, seperti suara mendengung lebih keras dari biasanya, atau kamu merasakan getaran saat kamu menyentuh kulkas.

Atau mungkin terdapat kilatan cahaya atau percikan listrik yang tampak di sekitar merek kulkas terbaik ketika kamu mencolokkan atau mencabut kabel dayanya. Apabila kamu mengalami gejala-gejala tersebut, cepat matikan kulkas dan hubungi teknisi untuk memeriksa kulkas.

Merek kulkas terbaik nyetrum terjadi sebab adahubungan arus listrik tidak baik antara kulkas dengan tanah. Berikut beberapa faktor yang membuat kulkas nyetrum :

1. Grounding yang tidak baik

Keadaan grounding yang buruk ataupun tidak sempurna dapat menjadi penyebab utama kulkas kamu nyetrum. Grounding memiliki fungsi sebagai jalur pembuangan arus listrik yang sudah tidak diinginkan menuju ke tanah.

Bila grounding kondisinya tidak baik, arus listrik yang keluar dari kulkas tidak dapat terbuang secara baik dan dapat mengakibatkan kulkas nyetrum.

2. Kabel yang terkelupas atau rusak

Jika kabel terkelupas atau rusak dapat menyebabkan kulkas nyetrum. Hal tersebut sebab kabel yang sudah terkelupas ataupun rusak bisa mengakibatkan arus listrik yang keluar dari kulkas tidak bisa teralirkan dengan semestinya sehingga membuat kulkas nyetrum.

3. Kondisi lingkungan yang lembab

Keadaan lingkungan yang lembab dapat menjadi penyebab kulkas kamu nyetrum. Hal ini karena ada kondensasi air di permukaan kulkas. Air tersebut dapat menjadi penghantar listrik yang baik dan membuat kulkas nyetrum.

BACA JUGA : 6 Penyebab dan Solusi Merek Kulkas Terbaik Bagian Bawah Tidak Dingin

Kulkas yang nyetrum sebaiknya jangan diabaikan sebab bisa berdampak pada kesehatan dan keselamatan bagi penggunanya. Berikut cara mengatasi kulkas yang nyetrum :

1. Periksa grounding

Cek grounding pada kulkas apakah sudah baik atau tidak baik. Pastikan agar grounding kulkas tetap terhubung dengan baik pada tanah. Apabila grounding sudah dalam keadaan baik tetapi kulkas masih tetap saja menyetrum, kamu perlu melakukan pengecekan lebih lanjut oleh teknisi yang ahli.

2. Ganti kabel yang sudah rusak atau terkelupas

Kabel yang terkelupas ataupun rusak harus segera kamu ganti dengan kabel baru. Pastikan supaya kabel baru yang dipakai sesuai spesifikasi dan kapasitas kulkas kamu.

3. Gunakan alas kaki non konduktif

Alas kaki yang non konduktif seperti alas kaki yang terbuat dari karet atau terbuat dari plastik bisa mengurangi risiko kamu terkena sengatan listrik saat kamu menyentuh kulkas.

4. Hindari kondisi lingkungan yang lembab

Jangan menempatkan merek kulkas terbaik di tempat yang lembab dan pastikan supaya permukaan kulkas kamu agar selalu kering. Keadaan lingkungan yang lembab bisa mengakibatkan terjadinya kondensasi air di permukaan kulkas yang bisa menjadi penghantar listrik yang baik dan menjadikan kulkas kamu nyetrum.

BACA JUGA : 8 Cara Mengatasi Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Rusak

5. Gunakan stabilizer

Stabilizer bisa membantu kamu dalam mengatur dan menjaga tegangan listrik yang masuk ke kulkas sehingga risiko kulkas yang nyetrum bisa dikurangi.

6. Panggil teknisi ahli

Apabila kulkas masih nyetrum sesudah kamu melakukan perbaikan grounding ataupun penggantian kabel, sebaiknya kamu segera panggil teknisi ahli untuk mengatasi masalah tersebut secara tepat dan aman.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi merek kulkas terbaik yang nyetrum. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: