Panduan Lengkap Cara Menyimpan Daging Dalam Kulkas Terbaik

Panduan Lengkap Cara Menyimpan Daging Dalam Kulkas Terbaik

Daging di dalam kulkas--Hello Sehat

DISWAY JOGJA - Menyimpan daging dalam kulkas terbaik dengan benar sangat penting, hal ini bertujuan untuk memastikan kualitas dan keamanan daging.

Daging yang disimpan di dalam kulkas terbaik bisa mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Berikut panduan mengenai cara menyimpan daging di dalam kulkas terbaik dengan cara yang tepat :

Pemilihan Daging

Pastikan sebelum sobat menyimpan daging dalam kulkas terbaik, pilihlah daging yang masih segar. Perhatikan akan warna, bau, dan juga teksturnya. Daging segar pada umumnya memiliki warna merah cerah (untuk daging sapi), dan warna merah muda (untuk daging ayam). Sangat dianjurkan sobat tidak membeli daging yang sudah berubah warna dan baunya.

BACA JUGA : Solusi Penyimpanan Makanan, Daftar Kulkas Terbaik 2024 Dengan Fitur Canggih

Persiapan Daging Untuk Penyimpanan

1. Hal yang bisa dilakukan sobat sebelum memasukan daging ke kulkas terbaik, yaitu dengan bersihkan dan potong daging sebelum masuk ke kulkas. Bersihkan daging dari kotoran dan juga potong sesuai dengan kebutuhan.

Pemotongan daging menjadi lebih kecil akan memudahkan dalam proses penyimpanan dan pembekuan.

2. Hal selanjutnya ialah dengan bungkus rapat daging menggunakan plastic wrap atau alumunium foil. Dengan penggunaan wadah kedap udara juga sangat dianjurkan untuk mencegah kontaminasi dan menjaga kelembapan daging. Hal ini juga membantu mencegah daging terkena udara yang bisa mempercepat proses pembekuan.

Penyimpanan Daging Dalam Kulkas Terbaik

1. Pastikan sebelum sobat menyimpan daging dalam kulkas, ialah dengan memperhatikan suhu kulkas. Suhu ideal kulkas untuk menyimpan daging ialah antara 0-4 derajat Celsius. Suhu ini ideal untuk mencegah tumbuhnya bakteri tanpa membekukan daging.

2. Selanjutnya ialah dengan memperhatikan Lokasi penyimpanan, tempatkan daging pada freezer atau juga bisa dibagian rak bawah. Jika sobat menyimpan daging di bagian rak bawah, akan terhindar dari tetesan cairan daging yang bisa mencemari makanan lain.

Bila perlu sobat sediakan wadah atau piring untuk menyimpan cairan yang mungkin keluar dari daging saat berada di dalam kulkas terbaik.

BACA JUGA : Simak Keunggulan Kulkas Inverter Terbaru 2024, Review Kulkas Portabel Terbaik Kebutuhan Fleksibel

3. Jangan menumpuk daging secara berlebihan di dalam kulkas. Pastikan ada sirkulasi udara yang cukup di sekitar daging untuk menjaga suhu tetap normal.

Penyimpanan di Freezer

1. Jika sobat tidak berencana untuk memasak daging dalam jangka pendek, maka baiknya langsung bekukan daging di dalam kulkas terbaik. Suhu freezer ideal adalah -18 derajat Celcius atau lebih rendah.  Pada suhu ini bakteri tidak bisa berkembang baik.

2. Pastikan sobat selalu beri label dan tanggal pada setiap bungkus daging sebelum dimasukan ke dalam freezer kulkas. Hal ini akan membantu sobat untuk mengetahui berapa lama daging sudah disimpan dan menghindari penggunaan daging yang sudah lama dibekukan.

3. Penggunaan katong vakum juga diperlukan untuk penyimpanan di dalam freezer. Kantong vakum bisa menghilangkan udara di sekitar daging sehingga mencegah pembentukan kristal es yang bisa merusak tekstur daging.

BACA JUGA : Simak 5 Kulkas Terbaru Ramah Lingkungan 2024, Pilihan Hemat Energi Berkelanjutan

Cara Mencairkan Daging Beku

1. Cairkan di dalam kulkas: Cara terbaik untuk mencairkan daging beku adalah dengan memindahkannya dari freezer ke kulkas. Biarkan mencair perlahan selama 24 jam. Ini bmenjaga daging tetap pada suhu aman selama proses pencairan.

2. Gunakan air dingin: Jika membutuhkan pencairan lebih cepat, gunakan air dingin. Letakan daging dalam kantong plastic kedap udara dan rendam dalam air dingin, ganti air setiap 30 menit hingga daging mencair.

Nah sobat itulah panduan lengkap mengenai cara menyimpan daging di dalam kulkas terbaik yang bisa sobat coba, tulisan ini melansir dari berbagai sumber, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: