6 Tips Memakai Merek Kulkas Terbaik Agar Hemat Listrik Dan Lebih Awet

6 Tips Memakai Merek Kulkas Terbaik Agar Hemat Listrik Dan Lebih Awet

Tips Memakai Merek Kulkas Terbaik Agar Hemat Listrik Dan Lebih Awet-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik menjadi salah satu peralatan elektronik yang paling banyak dibutuhkan oleh orang. Seperti yang kamu ketahui, umumnya kulkas beroperasi hampir 24 jam penuh dan jarang sekali dimatikan dayanya.

Hal tersebut membuat merek kulkas terbaik menjadi alat elektronik yang banyak menghabiskan energi listrik di rumah. Terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan supaya kulkas yang kamu miliki bisa lebih hemat listrik dan awet.

Beberapa penyebab merek kulkas terbaik kamu jadi boros listrik diantaranya :

  1. Mengatur suhu kulkas terlalu dingin
  2. Membiarkan kulkas kosong dalam keadaan menyala
  3. Membuka kulkas terlalu lama
  4. Membiarkan bunga es dalam freezer menumpuk

Berikut 6 tips memakai merek kulkas terbaik agar hemat listrik dan lebih awet :

1. Isi Sesuai Kapasitas

Usahakan selalu mengatur isi kulkas secara rutin. Isi kulkas sesuai dengan kapasitasnya saja, jangan terlalu sedikit ataupun terlalu penuh. Kalau isi kulkas terlalu sedikit, kulkas bekerja lebih ekstra untuk menyebarkan energinya supaya kulkas dingin dengan merata.

Apabila kulkas terlalu penuh, maka akan membuat makanan yang tersimpan di dalamnya jadi sulit untuk dingin sebab terlalu sesak. Suhu yang dingin di dalam kulkas butuh sedikit ruang yang cukup untuk kebutuhan sirkulasi udara.

2. Atur Suhu Kulkas Dengan Benar

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk menghemat listrik kulkas yaitu dengan mengatur suhu kulkas secara tepat sesuai dengan kebutuhan saja.

Hindari untuk tidak mengatur suhu di titik terendah, sebab hal itu akan menyebabkan tenaga yang dikeluarkan kulkas akan lebih besar dan bisa mempengaruhi konsumsi daya listrik dari kulkas tersebut.

3. Atur Jarak Peletakkan Kulkas Dengan Sekitarnya

Hal yang tidak kalah penting yaitu meletakkan kulkas dengan jarak sekitar 10-15 cm dari dinding ataupun dari benda di sekitarnya dan minimal jarak 30 cm dari langit-langit ruangan untuk penghematan daya kulkas.

Tujuan diberikan jarak yang cukup yaitu supaya kulkas tidak cepat panas sekaligus beban kerja kulkas juga jadi lebih ringan dan tidak terlalu banyak energi listrik yang dibutuhkan kulkas.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Harga Mulai Rp1 Jutaan, Awet Hemat Listrik

4. Tutup Rapat Pintu Kulkas

Tips selanjutnya yaitu tutup selalu pintu kulkas dengan rapat setelah kamu membukanya. Pintu kulkas wajib ditutup dengan rapat supaya kulkas bisa mencapai suhu dingin yang diinginkan dengan lebih cepat.

Jangan sering buka tutup pintu kulkas. Kalau lampu kulkas terlalu sering menyala, kulkas bisa lebih cepat menghabiskan energi listriknya.

5. Hindari Memasukkan Makanan atau Minuman Yang Masih Panas Secara Langsung

Kesalahan yang satu ini pasti sering kamu lakukan, yaitu buru-buru memasukkan makanan atau minuman dalam keadaan masih panas ke dalam kulkas.

Pasti banyak yang mengira bahwa hal itu akan membuat makanan atau minuman yang kamu masukkan ke dalam kulkas jadi cepat dingin. Padahal, hal itu bisa mengakibatkan kulkas kamu rusak.

Sebaiknya, diamkan dahulu makanan atau minuman panas tersebut sebelum kamu masukkan ke dalam kulkas sampai suhunya turun. Sebab apabila kamu menyimpan makanan atau minuman dalam kondisi panas ke dalam kulkas bisa mempengaruhi suhu  di dalam kulkas.

Sekaligus membuat kinerja kulkas dalam memproses pendinginan akan semakin berat dan membutuhkan konsumsi lebih banyak energi listrik.

6. Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan merek kulkas terbaik dengan rutin dapat menghindarkan kulkas kamu dari kotoran yang menumpuk dan bau. Kalau kamu tidak rutin membersihkan kulkas, maka kotoran yang ada di dalam kulkas bisa menyumbat saluran pembuangan dan udara.

Hal itu juga akan memaksakan kulkas bekerja dengan lebih keras. Sehingga lisrik yang dikeluarkan juga semakin besar dan membuat pembengkakan biaya listrik di rumah.

Itulah beberapa tips memakai merek kulkas terbaik yang bisa kamu lakukan agar kulkas lebih hemat listrik dan lebih awet. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: