Libur Idul Adha, Arus Kendaraan di Pintu Masuk Brebes Selatan Padat

Libur Idul Adha, Arus Kendaraan di Pintu Masuk Brebes Selatan Padat

PADAT- Arus balik menuju utara Kabupaten Brebes terlihat padat memasuki wilayah Bumiayu seiring dengan berakhirnya libur Idul Adha.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Arus balik libur panjang sekolah yang juga bertepatan dengan moment Idul Adha dari arah Kabupaten Banyumas, menuju jalur pantura melalui wilayah Kecamatan Bumiayu, mengalami peningkatan, Selasa, 18 Juni 2024.

Di sepanjang jalur Paguyangan-Bumiayu yang merupakan pintu masuk Kabupaten Brebes dari arah selatan, kendaraan arus balik nampak dengan plat nomor dari wilayah Jabar maupun Jabodetabek.

Secara umum, arus balik di jalur ini terpantau ramai lancar meskipun di beberapa titik terjadi antrean kendaraan seperti di SPBU dan juga persimpangan jalan. 

BACA JUGA:Arus Balik, Konsumsi Pertamax di Jateng dan DIY Meningkat Tajam

Kasat Lantas Polres Brebes, melalui Kapos Lantas Bumiayu, IPDA Teguh Feriyanto saat memantau kondisi lalu lintas menyampaikan, terjadi peningkatan jumlah kendaraan dari arah selatan dibanding hari sebelumnya.

Jumlah kendaraan meningkat dari arah wilayah Kabupaten Banyumas memasuki Brebes, arus lalu lintas dalam kondisi ramai lancar," ungkapnya.

Peningkatan jumlah kendaraan ini, seiring dengan berakhirnya libur panjang yang mulai berlangsung pada akhir pekan lalu. Guna menghindari kemacetan di jalur dalam kota Bumiayu, maka seluruh kendaraan diarahkan menuju ruas jalan lingkar yang benar-benar menjadi tumpuan saat terjadi peningkatan volume kendaraan.

Seperti saat Lebaran maupun Idul Adha saat ini, dimana aktifitas warga didalam kota sangat tinggi. Sehingga kendaraan dari luar kota, kita arahkan menggunakan jalan lingkar," jelasnya.

Meski demikian, lanjut dia, pengalihan kendaraan melalui jalur dalam kota tetap dilakukan, dengan melihat perkembangan yang terjadi dijalan lingkar.

Jika jalan lingkar dalam kondisi padat, sementara jalur dalam kota lebih lenggang. Maka kita arahkan pemudik melalui jalur dalam kota. Ini dilakukan untuk mengurai penumpukan kendaraan di jalan lingkar," imbuhnya.

BACA JUGA:Arus Balik Lebaran, 5.732 Orang Naik Kereta Api di Stasiun Tegal

Iring-iringan kendaraan arus balik nyaris tidak pernah putus di sepanjang jalan Bumiayu-Paguyangan hingga sore. Sementara dari terminal Bumiayu diketahui terdapat kenaikan jumlah penumpang pemberangkatan bus Antar Kota Antar Provinsi, menuju sejumlah wilayah di kawasan Jabodetabek pada pagi dan sore hari. Petugas pengawas Terminal Bumiayu, Dinas Perhubungan Provinsi Jateng Joko Susanto menyampaikan, meskipun relatif sedikit namun terdapat peningkatan jumlah penumpang.

Terdapat kenaikan jumlah penumpang dibanding kondisi normal, hal ini lantaran mereka sudah harus kembali bekerja pada hari Senin. Semua penumpang masih dapat terangkut oleh armada yang ada," kata Joko. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: