7 Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik SHARP Yang Mati Total

7 Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik SHARP Yang Mati Total

Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik SHARP Yang Mati Total-SHARP Indonesia-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik SHARP yang sebelumnya baik-baik saja, tetapi kemudian tiba-tiba tidak mau menyala, mungkin karena terdapat masalah tertentu seperti kabel yang putus sampai yang lumayan parah, yaitu terdapat kerusakan di komponen tertentu.

Apabila kerusakan merek kulkas terbaik tersebut tidak terlalu besar, kamu bisa mengatasinya sendiri dengan beberapa cara di bawah ini :

1. Lihat Lampu di Dalam Kulkas Menyala atau Tidak

Ternyata lampu yang ada di dalam merek kulkas terbaik tidak hanya sebagai penerangan saja. Tetapi juga untuk mengindikasikan bahwa tidak ada gangguan pada aliran listrik ke kulkas. Coba perhatikan ketika pintu kulkas dibuka, bagaimana kondisi lampu di dalamnya.

Apabila lampu mati, dapat dipastikan jika merek kulkas terbaik kamu tidak mendapatkan aliran listrik. Tetapi kamu bisa cek dulu, apakah listrik di rumah kamu menyala atau tidak menyala.

2. Cek Apakah Ada Kabel yang Rusak atau Putus

Kalau di rumah tidak ada pemadaman listrik, tetapi lampu kulkas tetap mati, coba periksa keadaan kabelnya. Karena sebagian besar kasus merek kulkas terbaik yang mati total disebabkan kabel listrik yang sudah rusak atau putus.

Apabila bagian kabel ada yang terpotong atau terkelupas, kamu bisa mengganti dengan yang baru sesegera mungkin.

3. Nyalakan dan Matikan Tombol Saklar Daya Kulkas

Setelah kamu memastikan tidak ada masalah dengan kabelnya, cara simple yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kulkas yang tidak dapat dingin yaitu dengan cara menyalakan dan mematikan tombol saklar daya lemari pendingin kulkas.

Untuk memastikan posisi saklar sudah On, kamu bisa tekan tombol Off, lalu tombol On lagi, setelah itu periksa kulkas kamu apakah sudah menyala atau belum menyala.

4. Periksa Kompresor di Bagian Belakang Lemari Pendingin

Jika ternyata yang mengakibatkan merek kulkas terbaik SHARP mati total bukan sebab kabelnya, kamu dapat melanjutkan untuk mengecek komponen utama di setiap lemari pendingin.

Namanya yaitu kompresor yang berada di bagian belakang kulkas, bentuknya seperti tabung gas elpiji. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan atau lapisi komponen dengan menggunakan kain dan rasakan ada getaran atau tidak.

BACA JUGA : 13 Penyebab dan Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Tidak Beku

5. Lakukan Percobaan Picu Putaran Motor Terbalik

Jika ternyata kompresornya yang bermasalah, cara mengatasinya yaitu dengan cara memicu putaran motor terbalik. Caranya yaitu dengan memasang kapasitor tambahan, lalu alirkan tenaga listrik selama 1 - 2 detik.

Kalau berhasil, kembalikan rangkaian seperti semula dan kamu bisa menyalakan kompresornya. Tetapi jika gagal, berarti kompresor tersebut perlu diganti.

6. Alirkan Tegangan Listrik yang Lebih Besar

Masing-masing kompresor memiliki spesifikasi tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan. Bila normalnya kompresor membutuhkan tegangan 220 Volt, namun kali ini alirkan tegangan yang dibutuhkan lebih besar, misal 450 Volt selama beberapa detik.

Trik ini bermaksud untuk membuat kompresor bergerak. Jika tidak, berarti kompresor sudah rusak dan perlu diganti. Namun biasanya butuh dana yang lumayan besar.

7. Dengarkan Suara yang Dihasilkan Oleh Kulkas

Apabila sudah dipastikan tidak ada masalah pada kompresor kulkas. Lalu kamu dapat memeriksa kinerja overload protector sebagai salah satu cara untuk memperbaiki merek kulkas terbaik SHARP yang mati total.

Fungsi dari komponen ini yaitu untuk mengontrol arus listrik ke kompresor. Ketika suhu kompresor terlalu panas maka akan memutus arus listrik, dan setelah dingin lagi, ia akan menyalurkan arus listrik kembali.

Cara mengecek kinerja overload protector apakah masih bagus atau tidak, caranya hanya dengarkan suara tik yang muncul tiap beberapa detik sekali. Kalau tidak terdengar bunyi apapun, mungkin komponen telah rusak dan perlu diganti yang baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki merek kulkas terbaik SHARP yang mati total. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: