10 Masalah Sering Terjadi Pada Merek Kulkas Terbaik, Berikut Cara Mudah Mengatasinya

10 Masalah Sering Terjadi Pada Merek Kulkas Terbaik, Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Merek Kulkas Terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Secanggih apapun sebuah merek kulkas terbaik, pasti ada saatnya produk ini mengalami kerusakan atau masalah.

Kerusakan-kerusakan kecil terkadang dapat menimbulkan perasaan khawatir berlebihan bagi masyarakat awam. Lalu bagaimana cara yang mudah untuk mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi pada merek kulkas terbaik? Berikut caranya :

1. Engsel Pintu Kulkas Berbunyi

Ketika membuka atau menutup pintu merek kulkas terbaik kamu, terkadang terdengar suara yang tidak normal. seperti suara gesekan pada engsel pintu kulkas. Biasanya suara tersebut disebabkan karena engsel pintu kulkas seret sebab kurang pelumas.

Cara mengatasinya yaitu berikan pelumas berupa minyak goreng ataupun minyak pelumas mesin jahit apabila kamu menginginkan hasil lebih baik.

2. Terdengar Suara Air Mengalir

Apabila tiba-tiba terdengar suara air mengalir dalam merek kulkas terbaik, biasanya suara tersebut disebabkan karena proses pendinginan suhu kulkas dengan mengalirkan cairan pendingin. Suara seperti air juga terdengar saat es sedang dicairkan ketika proses defrost berlangsung.

3. Freezer Bersalju

Biasanya freezer yang bersalju disebabkan karena masuknya udara panas di luar ke dalam freezer yang memiliki suhu dingin. Proses ini terjadi saat kamu terlalu sering atau terlalu lama membuka freezer.

4. Ruang Bawah Kulkas Tidak Dingin

Ruang di bagian bawah kulkas tidak dingin bisa disebabkan karena isi kulkas terlalu banyak. Jika kamu mengisi kulkas dengan bahan makanan sangat banyak, putar pengaturan suhu ke angka lebih rendah.

Misal di posisi angka 3 atau 2. Selain menghambat aliran udara dingin, isi kulkas yang terlalu banyak juga dapat memperlambat proses penyebaran suhu dingin dalam kulkas.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Box Mini, Cocok Untuk Usaha Kecil

5. Terdapat Rembesan Air Di Lantai

Hal tersebut bisa disebabkan karena beberapa hal, diantaranya yaitu sistem pemanas tidak bekerja semestinya, tabung filter rusak, apabila kerusakan terjadi pada tabung filter, disarankan untuk hubungi call center.

Instalasi selang purifier tidak tepat juga, masalah ini bisa diatasi dengan cara kencangkan atau pasang ulang selang purifier. Kebocoran selang air.

Jika terdapat kerusakan dan kamu harus mengganti sparepart, misalnya seperti selang, kamu bisa beli di toko online atau hubungi call center sesuai merk kulkas kamu.

6. Kulkas Kurang Dingin

Beberapa penyebab kulkas kurang dingin yaitu penumpukan bunga es di freezer, kamu bisa melakukan defrost untuk mencairkan bunga es. Kehabisan freon atau kebocoran tabung freon, cara mengatasinya periksa tabung freon.

Jika tidak ada kebocoran, mungkin penyebabnya karena kehabisan freon. Pintu kulkas tidak tertutup rapat, jangan lupa untuk memperhatikan seal atau karet pintu kulkas. Apabila longgar, segera lakukan perbaikan dan ketatkan.

7. Bocor Di Dalam Kulkas

Jika kamu menemukan genangan air di dalam kulkas, bisa diakibatkan karena beberapa hal seperti kuah makanan yang tumpah, memasukkan makanan panas langsung ke dalam kulkas dan pintu kulkas tidak tertutup rapat.

Jika tidak ada genangan air di dalam kulkas, pastikan untuk tutup rapat setiap wadah makanan atau minuman, dan sebeleum makanan dimasukkan ke dalam kulkas dinginkan makanan sampai suhunya sama dengan suhu ruangan, pastikan pintu kulkas tertutup rapat tiap selesai membuka kulkas.

8. Freezer Tidak Beku

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan freezer tidak beku seperti penempatan kulkas terlalu dekat dengan sumber panas, memasukkan makanan masih panas, posisi kulkas terlalu mepet dengan tembok, isi kulkas berlebihan, atau karena sistem pembeku tertutup oleh bunga es.

BACA JUGA : Berikut 5 Masalah Umum Sering Terjadi Pada Merek Kulkas Terbaik Beserta Solusinya

9. Sisi Kulkas Terasa Sangat Panas

Dinding sisi kulkas yang panas merupakan sesuatu yang normal. Sebab kulkas akan menghasilkan panas akibat mesin kompresor yang sedang bekerja.

Di bagian depan kulkas juga dapat menimbulkan panas saatkompresor beroperasi. Selain itu, kulkas yang menghasilkan panas ini guna mencegah supaya pintu kulkas tidak berembun.

10. Kulkas Berdengung

Penyebabnya yaitu motor kipas bekerja di kecepatan yang tinggi untuk menghasilkan suhu dingin yang sesuai dengan settingan. Penyebab lainnya bisa karena lantai tidak rata atau struktur lantai di rumah kamu.

Jika kulkas berdengung karena motor kipas yang sedang bekerja, hal tersebut cukup normal dan bukan tanda kerusakan. Jadi kamu jangan khawatir akan hal itu. Tetapi apabila kulkas berdengung akibat permukaan lantai tidak rata atau karena struktur lantai bangunan, sebaiknya letakkan alas yang terbuat dari benda-benda solid di bagian bawah kulkas.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada merek kulkas terbaik beserta cara mudah untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: