Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik 1 Pintu Tidak Dingin

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik 1 Pintu Tidak Dingin

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik 1 Pintu Tidak Dingin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik 1 pintu kamu mungkin sering mengalami hal beberapa masalah seperti kulkas tidak dingin atau dingin tetapi tidak maksimal.

Kondisi merek kulkas terbaik 1 pintu yang tidak dapat menghasilkan suhu dingin merupakan masalah yang tidak diinginkan bagi siapa pun yang mempunyai kulkas.

Situasi yang seperti ini bisa muncul kapan saja, tidak peduli jenis apapun merek kulkas terbaik yang kamu miliki.

Oleh karena itu, apabila suatu ketika merek kulkas terbaik kamu tidak lagi mampu memberikan suhu dingin sesuai yang diinginkan, berarti terdapat beberapa faktor yang mungkin jadi penyebabnya.

Penyebab merek kulkas terbaik 1 pintu kamu tidak dingin :

  1. Menumpuknya Bunga Es
  2. Freon Bocor atau Habis
  3. Terlalu Banyak Makanan
  4. Karet (Seal) Pintu Kendur / Tidak Rapat

Cara mengatasi merek kulkas terbaik 1 pintu yang tidak dingin :

1. Cari Kulkas Yang Memiliki Fitur Auto-Defrost

Kulkas 1 pintu berkualitas yang memiliki fitur semi auto defrost akan membuat kamu tidak perlu lagi mencairkan bunga es yang dapat memakan banyak waktu serta tenaga.

Fitur ini bisa mencairkan kulkas 1 pintu dari bunga es cukup dengan menekan 1 tombol tanpa harus mengeluarkan makanan yang tersimpan di dalamnya.

2. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Perawatan rutin seperti membersihkan kondensor untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menghambat aliran udara dan efisiensi pendinginan serta evaporator harus selalu bersih, dan tidak boleh terdapat es yang terlalu tebal di atasnya.

Karena dapat mengganggu aliran udara dingin, periksa kondisi pipa refrigerant, serta pastikan semua komponen dalam kondisi baik.

Kondensor kulkas ada di bagian belakang kulkas atau ada di bawah kulkas, di belakang panel atau grid yang bisa dilepas. Evaporator ada di dalam kulkas bagian belakang dinding dalam atau di langit-langit dalam kulkas.

Apabila kamu sudah melakukan perawatan rutin tetapi freon tetap bocor atau habis, kamu bisa hubungi teknisi profesional untuk penanganan masalah tersebut dengan aman dan efisien.

Pastikan juga kulkas kamu mempunyai garansi kompresor dalam waktu lama sehingga membuat kulkas awet dan tahan lama.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek AC Terbaik Jenis Portable

3. Memilih Makanan di dalam Kulkas

Makanan yang menumpuk di dalam kulkas akan membuat kulkas tidak dingin sebab sirkulasi udara dingin tidak bisa merata, sehingga kamu perlu memilih makanan dan periksa tanggal kadaluarsanya.

Apabila makanan sudah tidak dapat dimakan maka pisahkan dan buang supaya tidak merusak makanan lainnya.

Apabila kulkas kamu tetap saja tidak muat, kamu bisa mengupgrade kulkas kamu dengan kulkas yang berkapasitas besar, meski kulkas 1 pintu pastikan kulkas mempunyai ruang penyimpanan yang luas dan memiliki rak yang bisa dilepas untuk memudahkan dalam pengaturan penyimpanan bahan makanan dan pembersihan kulkas.

4. Bersihkan Karet Pintu (Seal Door)

karet pintu (seal door) ang kendur akibat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya yaitu karet pintu (seal door) kulkas yang sudah kotor sebab debu ataupun makanan yang tersimpan dalam kulkas.

Sehingga kamu bisa membersihkan karet pintu (seal door) kulkas dari kotoran, debu dan residu lainnya yang bisa menumpuk pada seal pintu kulkas yang menjadi penyebab seal kulkas jadi kurang elastis dan kendur.

Bersihkan seal pintu kulkas dengan menggunakan kain yang lembut serta lembab. Lalu keringkan sampai benar-benar kering setelah dibersihkan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi merek kulkas terbaik 1 pintu tidak dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: