Dijamin Maksimal, Berikut 10 Tips Praktis bagi Pemilik AC Agar Tetap Awet

Dijamin Maksimal, Berikut 10 Tips Praktis bagi Pemilik AC Agar Tetap Awet

Inilah Cara Agar AC Anda tetap Bekerja Optimal Berikut 10 Tips Praktis bagi Pemilik AC Agar Tetap Awet--

DISWAY JOGJA - AC adalah salah satu peralatan terpenting dalam rumah modern, yang membantu menjaga suhu udara nyaman. Perawatan yang tepat diperlukan agar AC dapat berfungsi secara optimal dan menjamin masa pakai yang lama.

Di bawah ini kami berikan tips praktis bagi pemilik AC tentang cara merawatnya dengan baik.

1. Bersihkan filter secara rutin

Filter AC merupakan bagian yang sangat penting dalam menjaga kualitas udara dalam ruangan. Bersihkan filter secara rutin minimal sebulan sekali. Anda bisa membersihkannya dengan menyedot debu dan kotoran atau mencucinya dengan air bersih jika filter AC bisa dilepas.

2. Periksa kondisi kondensor dan evaporator

Kondensor dan evaporator merupakan bagian penting dari sistem pendingin AC. Pastikan kedua bagian ini bersih dan bebas dari debu, kotoran atau penghalang lainnya. Anda bisa membersihkannya dengan menyemprotkan air bersih atau menggunakan sikat lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel.

BACA JUGA : Sharp AH-A9BEY 1 PK: Merek AC Terbaik Untuk Udara Sejuk dan Nyaman

3. Sesuaikan suhu dengan bijaksana

Menyetel suhu yang benar akan membantu AC Anda bekerja secara efisien. Hindari mengatur suhu terlalu rendah atau terlalu tinggi, namun pilihlah suhu yang nyaman dan hemat energi. Penggunaan mode “Auto” juga dapat membantu AC beroperasi secara otomatis sesuai kebutuhan ruangan.

4. Periksa kabel dan konektor

Pastikan kabel dan konektor AC dalam kondisi baik dan tidak rusak atau aus. Sambungan yang longgar atau kabel yang rusak dapat mengganggu aliran listrik AC dan menyebabkan masalah yang lebih serius.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik LG Split 1/2 PK H05TN4, Performa Dingin Optimal Daya Rendah

5. Lakukan perawatan rutin

Selain perawatan mandiri, lakukan perawatan rutin oleh teknisi AC minimal setahun sekali. Perawatan rutin dapat membantu mendeteksi masalah yang mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang dan mencegah kerusakan yang lebih serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: