Lulus SMP Negeri 5 Tanjung Brebes, 19 Siswa Hafal Juz Amma

Lulus SMP Negeri 5 Tanjung Brebes, 19 Siswa Hafal Juz Amma

BERBINCANG- Kepala SMP Negeri 5 Tanjung saat memberikan reward kepada siswi.-DOK.-

BREBES, DISWAYJOGJA - Sebanyak 19 anak lulusan SMP Negeri 5 Tanjung, Kabupaten Brebes berhasil menghafal Juz Amma atau Juz 30 Alquran. Bahkan salah satu darinya berhasil menghafal lima jus saat pelepasan siswa kelas IX di SMP Satu Atap Tanjung tersebut.

Ditemui usai pelepasan kelas IX, Kepala SMPN 5 Tanjung Romafi mengatakan, total ada 102 siwa yang dilepas hari ini. Dari ratusan siswa tersebut, total ada 19 siswa yang berhasil menghafal Juz Amma atau Jus 30.

Setiap hari kita mengajak siswa untuk menghafal Alquran lewat program Nisa Eslita atau Nikmatnya Sarapan Alquran. Dan hari ini total ada 19 siswa yang berhasil menghafal Jus 30," ujarnya, Senin 10 Juni 2024.

BACA JUGA:59 SMPN di Brebes Buka PPDB Online Segera Dibuka, Semua SDN Masih Offline

Dia menjelaskan, meskipun sekolahnya bersatus negeri satu atap Tanjung, pihaknya tetap mengedepankan pemahaman agama kepada para siswa. Saah satunya lewat peogram Nisa Eslita. Dengan guru pembimbing yang telah menguasai dengan metode bimbingan intensif.

Setiap bulan, kata dua, guru pembimbing atau mentor nantinya akan mendampingi siswa dalam menyetorkan hafalan tersebut. Selain program Nisa Eslita juga kami tetap melakukan program Kurikulim merdeka,terangnya.

Awal mula penerapan program tersebut, pihaknya menerapkan Nisa Eslita itu usai pandemi Covid-19. Tepatnya, 2022 lalu pihaknya menerapkan program itu karena untuk mengajak siswa tetap optimis dalam belajar.

Usai Pandemi Covid-19 itu, pemulihan belajar berangkat masih rendah dan masih kurang. Jadi, untuk meningkatkan hal itu kami terapakan program itu untuk meningkatkan pemulihan belajar,imbuhnya.

Dia menambahkan, program ini akan terus dikembangkannya. Terutama dalam mendidik anak. Selain lulus akademik juga dapat menghafal Alquran. Tentunya akan terus dikembangkan program ini,pungkasnya.

 BACA JUGA:Zonasi PPDB di Brebes, SD Minimal 70 Persen, SMP 50 Persen

Sebagai Anggota Komiter SMPN 5 Tanjung Hesi Mahmud Adensyah memberikan apresiasi atas program tersebut. Dengan program tersebut sudah ada 36 siswa yang telah hafal Juz 30.

”Program ini juga mendapatkan antusias dari luar atau wali murid. Sebab, lulusan SMP banyak siswa yang hafal Alquran,ucapnya.

Apalagi, kegiatan tersebut juga tidak membebani wali murid. Apalagi, waktunya juga tidak berbenturan dengan kegiatan lainnya. "Intinya banyak wali murid yang suka lewat program hafalan ini," terangnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: