Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Resmi Dibuka Kembali, Siap Beroperasi Hingga Malam Hari

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Resmi Dibuka Kembali, Siap Beroperasi Hingga Malam Hari

Museum Benteng Vredeburg di Titik Nol Kilometer Yogyakarta itu kini resmi bersolek dan menghadirkan pengalaman interaktif serta edukasi-DOK.-

DISWAYJOGJA - Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta resmi dibuka kembali untuk publik setelah ditutup untuk proses revitalisasi. Bangunan bersejarah berlokasi di Titik Nol Kilometer Yogyakarta itu kini resmi bersolek dan menghadirkan pengalaman interaktif serta edukasi maupun hiburan atau edutainment bagi para pengunjung.

Hadir dengan wajah baru, pembukaan ini menandai era baru bagi Museum Benteng Vredeburg, sebagai pusat edukasi sejarah dan budaya, ruang berkumpul anak muda sekaligus tempat rekreasi bersama teman dan keluarga. Selain itu, Museum Benteng Vredeburg siap beroperasi atau buka hingga malam hari.

BACA JUGA:Jelajahi Jejak Sejarah, Wisata Terbaru 2024 Museum Benteng Vredeburg Jogjakarta

Edukator Museum Benteng Vredeburg Andi Arif Mulya menjelaskan, mulai 8 Juni 2024, Museum Benteng Vredeburg kembali dibuka untuk umum. Museum bakal beroperasi setiap hari dengan jam buka Senin hingga Kamis dari pukul 08.00 - 20.00 WIB. Sementara Jumat hingga Minggu dari pukul 08.00 - 22.00 WIB.

”Sebagai bagian dari perayaan pembukaan kembali, pengunjung dapat masuk secara gratis hingga 14 Juni 2024. Pintu masuk museum melalui loket pintu barat dan loket pintu selatan,” ungkapnya, Jumat, 7 Juni 2024 lalu.

Dia mengatakan, Museum Benteng Vredeburg kini menampilkan pameran sejarah dengan diorama dan tampilan baru yang lebih interaktif. Terdapat diorama digital yang juga dapat dinikmati para pengunjung.

BACA JUGA:Belajar Budaya Jawa Melalui Wisata Terbaru 2024 Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Simak Koleksinya

Lebih lanjut, dia mengatakan, taman patriot dan area edupark juga menjadi bagian dari revitalisasi. Memberikan ruang terbuka yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Selain itu, kawasan museum yang merupakan bagian dari Indonesian Heritage Agency (IHA) ini juga dilengkapi dengan fasilitas khusus ruang anak dan taman bermain, menjadikan museum tempat yang nyaman dan edukatif bagi anak-anak.

”Selain tata ruang pamer dan pengembangan fasilitas, Museum Benteng Vredeburg juga merevitalisasi area Bastion yang mengarah ke Titik Nol Kilometer untuk diakses dan dinikmati publik. Adapun, bagi yang ingin menikmati kuliner juga bisa berkunjung ke cafe Rustenburg, food court dan mini market,” ungkapnya, Jumat, 7 Juni 2024.

Dia menambahkan, pengunjung dapat menikmati sensasi wisata malam di Museum Benteng Vredeburg yang menyenangkan nantinya. Teranyar pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan air mancur menari dan video mapping metamorfosis perjalanan sejarah bangunan museum setiap akhir pekan pada malam harinya.

Arif Mulya menyatakan, perwajahan baru Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta ini sangat luar biasa dan dipersiapkan untuk memberikan suatu pengalaman baru yang lebih interaktif kepada para pengunjung. Diharapkan pengunjung tak hanya mendapatkan edukasi sebagai tujuan utama, tetapi sekaligus memperoleh hiburan atau edutainment.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Sejarah, Wisata Terbaru 2024 Museum Ullen Sentalu: Tampilkan Keunikan Jogja

”Kita melakukan berbagai pembaharuan pada seluruh ruang diorama hingga penambahan fasilitas baru sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Yang baru berikutnya adalah waktu operasional atau jam kunjungan museum lebih lama sehingga buka sampai malam. Dengan demikian memberikan kesempatan pengunjung lebih lama mengeksplor museum,” tutur Andi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: