Strategi Bank Menilai Karakter Calon Debitur KUR: Berikut Penjelasan Mendalam Wajib Dipahami

Strategi Bank Menilai Karakter Calon Debitur KUR: Berikut Penjelasan Mendalam Wajib Dipahami

Aspek yang Dinilai Bank Terhadap Calon Debitur KUR--

Apakah usahanya terlihat kokoh dan berkembang? Bagaimana pola pengeluaran dan pemasukan usahanya? Semua ini menjadi pertimbangan penting.

3. Pengecekan atau Klik OJK

Bank atau Lembaga keuangan akan mengecek catatan kredit calon debitur KUR di OJK. Mereka tidak hanya melihat kelancaran pembayaran KUR bagi nasabah lama.

Namun bank atau Lembaga keuangan juga melihat di mana calon debitur memiliki hutang. Apakah semuanya lancar, atau ada beberapa yang macet? Ini akan memberikan gambaran karakter pembayaran nasabah.

BACA JUGA : Solusi Kembangkan Usaha, Simak Jenis Pinjaman dan Syarat KUR Bunga Terjangkau Bank Mandiri

4. Analisis oleh Tim Kredit

Dokumen persyaratan dalam pengajuan KUR pastikan harus lengkap dan jelas. Sebab orang bank memiliki tim analis kredit yang teliti dalam menganalisis profil calon debitur. 

Mereka akan melihat semua aspek keuangan calon debitur, termasuk pengeluaran, pemasukan, dan kebiasaan pembayaran. Jika ada hal yang tidak sesuai pada dokumen serta analisis terhadap anda, bisa jadi pinjaman KUR tidak disetujui.

Jadi, jika ada penolakan pinjaman KUR dari bank, hal itu mungkin karena analisis dari tim kredit menemukan sesuatu yang kurang. Terkhusus pada beberapa aspek yang kurang memuaskan dalam karakter atau keuangan calon debitur.

Oleh karenanya dalam pengajuan KUR, pastikan anda memiliki Riwayat yang baik dalam perbankan. Terkhusus pada nilai dari BI Cheking anda.

BACA JUGA : Dapatkan Pinjaman KUR Bunga Terjangkau Bank Mandiri 2024: Panduan, Persyaratan yang Wajib Terpenuhi

Sebab hal ini sangat berpengaruh bagi anda calon debitur KUR yang akan melakukan pinjaman. Terlebih nilai BI Cheking akan menentukan kelayakan anda menerima KUR atau Kredit Usaha Rakyat.

Terlebih pada dokumen persyaratan yang anda ajukan sebagai persyaratan pengajuan KUR. Pastikan dokumen yang anda berikan jelas dan lengkap.

Sebab tim analisis bank atau Lembaga keuangan akan menilai dari persyaratan dokumen. Terlebih pada data diri anda yang dicantumkan serta usaha yang anda miliki.

Demikian aspek penilaian pengajuan KUR yang dilakukan oleh Bank. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube/ evan alzaed