7 Tips Menata Isi Merek Kulkas Terbaik Agar Muat Banyak Dan Terasa Luas

7 Tips Menata Isi Merek Kulkas Terbaik Agar Muat Banyak Dan Terasa Luas

Tips Menata Isi Merek Kulkas Terbaik Agar Muat Banyak Dan Terasa Luas-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang harus dimiliki setiap rumah tangga. Kulkas mempunyai banyak fungsi untuk memudahkanpekerjaan manusia dalam hal menyimpan bahan makanan.

Dengan menyimpan makanan di dalam merek kulkas terbaik dapat menjaga makanan agar tetap tahan lama dan segar. Namun terkadang kebiasaan membeli makanan yang berlebih akan membuat kapasitas kulkas jadi tampak penuh atau sesak.

Hal tersebut akan berakibat pada merek kulkas terbaik jadi bau hingga menyebabkan kontaminasi pada makanan yang tersimpan di dalamnya. Sehingga makanan tersebut harus berakhir di tempat sampah karena  tidak layak untuk dikonsumsi.

Oleh karena itu, kamu perlu mengatur isi merek kulkas terbaik agar terlihat rapi dan bersih. Menata isi kulkas dapat membantu kamu dalam memaksimalkan ruang di dalam kulkas.

Berikut 7 tips menata isi merek kulkas terbaik agar muat banyak dan terasa luas :

1. Bersihkan kulkas

Kamu bisa bersihkan kulkas dan lakukan perombakan organisasi pada kulkas. Caranya keluarkan semua barang-barang yang ada di dalam kulkas dan cuci bagian dalamnya dengan menyeluruh.

Buang semua barang yang tidak diperlukan lagi. Kamu juga perlu memastikan suhu kulkas yaitu 4 derajat Celcius atau lebih rendah, karena jika suhu lebih tinggi maka akan merusak kulkas.

2. Pintu kulkas

Pintu kulkas adalah bagian terhangat dari kulkas dan paling rentan mengalami perubahan suhu. Karena pada bagian ini merupakan area kulkas yang sering dibuka. Oleh sebab itu, simpan barang yang memiliki ketahanan suhu yang hangat pada bagian pintu kulkas seperti bumbu, minyak wijen, saus, soda, dan air. Jangan mengisi terlalu banyak makanan di area pintu kulkas.

3. Rak atas

Rak kulkas berada di bagian paling atas yang memiliki suhu paling konsisten dibandingkan ruangan lainnya dan menjadi  area terbaik untuk menyimpan makanan. Kamu  juga bisa menyimpan berbagai macam makanan yang tidak muat disimpan pada rak pintu. Pastikan simpan dalam wadah kedap udara agar sisa makanan tidak menyerap kelembapan dan bau. Menyimpan sisa makanan di dalam wadah juga bisa menjaga kulkas agar etap terorganisir dengan baik dan terlihat rapi.

BACA JUGA : 7 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Berikut Solusinya

4. Rak bawah

Rak di bagian paling bawah merupakan area yang paling dingin daripada di bagian kulkas lainnya. Di bagian ini sangat cocok untuk menyimpan bahan makanan yang rentan mengalami kerusakan atau basi seperti daging, telur, dan susu.

Tetapi, untuk daging sebaiknya disimpan di atas nampan atau di plastik yang tertutup dengan baik. Hal ini dilakukan untuk mencegah kontaminasi dari makanan lain yang ada di dalamnya kulkas.

5. Simpan daging di rak khusus daging

Biasanya merek kulkas terbaik memiliki rak atau laci khusus untuk menyimpan daging yang dapat ditarik keluar. Di bagian ini kamu dapat memanfaatkannya untuk menyimpan daging mentah. Rak daging mempunyai suhu yang paling dingin.

Sehingga menyimpan daging di bagian ini bisa menjaga kualitasnya agar tahan lama. Selain itu, menyimpan daging di dalam rak kulkas bisa mencegah cairan daging yang menetes dan menecegah kulkas dari kotor dan mengontaminasi makanan lain.

6. Simpan sayuran di rak khusus sayur

Biasanya kulkas memiliki rak atau laci khusus yang ada di bawah untuk menyimpan sayuran. karena laci atau rak ini sengaja dirancang untuk memperpanjang kesegaran produk yang disimpan di dalamnya. Pada bagian ini mempunyai kelembapan yang berbeda dari bagian kulkas yang lainnya, sehingga mampu untuk mengoptimalkan kesegaran buah dan sayuran.

Kebanyakan kulkas memiliki 2 laci dengan kelembapan tinggi dan rendah. Untuk laci yang memiliki kelembapan rendah, simpan beberapa buah dan sayuran yang melepaskan gas etilen seperti alpukat, paprika, apel, anggur, dan zucchini. Sementara laci dengan kelembapan yang tinggi, kamu bisa simpan brokoli, kol bunga, wortel, dan daun bawang.

BACA JUGA : 5 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Berair dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

7. Beri label 

Menambahkan label nama di setiap rak bisa memudahkan kamu dalam penataan. Hal ini bisa menjaga kulkas agar tetap rapi dan terorganisir, serta memudahkan kamu untuk mengambil bahan makanan yang dibutuhkan. Sebelum memberikan label di setiap makanan.

Pisahkan makanan terlebih dahulu dan buat kelompok antar makanan seperti rak khusus sayuran, camilan, daging, dan bumbu dapur. Gunakan spidol atau label yang lengket untuk menempatkan label di tiap rak kulkas. Hal ini akan menjaga kulkas tetap rapi dan mencegah kontaminasi silang antar makanan. 

Itulah beberapa tips menata isi merek kulkas terbaik agar muat banyak dan teterasa luas. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: