Tips Mudah, Agar Merek AC Terbaik Anda Tidak Boros Listrik, Cek Detailnya

Tips Mudah, Agar Merek AC Terbaik Anda Tidak Boros Listrik, Cek Detailnya

Cara Agar Merek AC Terbaik Yidak Botos Listrik--

DISWAY JOGJA – Penggunaan merek AC terbaik di dalam rumah bisa menciptakan kenyamanan untuk anggota keluarga. Udara dingin yang dihasilkan jenis pendingin ruangan ini bisa membuat lebih betah di rumah.

Dengan menggunakan merek AC terbaik, Anda tidak akan merasakan gerah saat cuaca panas sedang terik-teriknya. Tidak heran jika saat ini banyak yang menggunakan unit AC di rumahnya, bahkan tak jarang ada yang lebih dair satu unit.

Meskipun memberikan kesejukan dan kenyamanan, penggunaan merek AC terbaik juga dapat meningatkan tagihan listrik yang signifikan. Oleh karena itu, sebagian orang menganggap bahwa menggunakan AC akan lebih boros listrik.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Berbagai Tipe Berdasarkan Karakteristik, Sistem Kerja dan Penerapannya

Untuk mencegah penggunaan listrik yang boros, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan meskipun menggunakan pendingin ruangan, seperti merek AC terbaik.

Pilih AC yang Hemat Energi

Beberapa merek AC terbaik yang ada di pasaran memiliki ukuran kapasitas pendinginan PK yang rendah dan menggunakan teknologi inverter. Semakin kecil ukuran PK maka penggunaan listrik juga akan semakin rendah.

Unit AC yang dibekali dengan teknologi inverter dapat menyesuaikan dengan kebutuhan suhu pada suatu ruangan. Ketika AC dihidupkan, sistem dan teknologi inverter akan mengonsumsi daya listrik yang tinggi.

Namun, setelah suhu diatur sesuai dengan suhu ruangan makan kompresor akan bekerja lebih ringan dan stabil. Dengan menggunakan teknologi inverter, pemakaian listrik akan berkurang hingga mencapai 30 persen.

BACA JUGA : Review Merek AC Terbaik Sharp: Perbandingan AC Sharp AH-A5ZCY dengan AC Sharp AH-A5BEY

Bersihkan dan Servis AC Secara Rutin

Cara paling mudah agar AC tidak membuat listrik boros saat digunakan adalah membersihkan dan melakukan servis secara rutin. Hal ini dilakukan agar filter dalam merek AC terbaik dapat berfungsi secara optimal.

Filter dalam AC berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang ada di dalam ruangan. Apabila AC tidak pernah dibersihkan maka kotoran akan menumuk pada filter.

Tumpukan kotoran pada filter dapat membebani kerja mesin AC yang dapat menyebabkan konsumsi listrik akan meningkat. Cukup bersihkan dan lakukan servis AC setiap dua atau tiga bulan sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: