5 Cara Menata Merek Kulkas Terbaik, Lebih Rapi Tahan Lama Berdasarkan Jenisnya

5 Cara Menata Merek Kulkas Terbaik, Lebih Rapi Tahan Lama Berdasarkan Jenisnya

Cara Menata Merek Kulkas Terbaik Agar Rapi Dan Tahan Lama Berdasarkan Jenisnya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Memiliki merek  kulkas terbaik di rumah sangat wajib adanya. Karena selain berfungsi untuk mendinginkan, kulkas juga dapat menjadi tempat penyimpanan dan bahan masakan supaya tahan lama.

Namun, hal ini tidak berlaku jika kamu menyimpan berbagai bahan makanan dan minuman di dalam merek kulkas terbaik dengan berantakan dan tidak benar.

Isi merek kulkas terbaik juga harus menggunakan penataan yang tepat dan terorganisir dengan baik. Sebab mencampur berbagai bahan makanan dalam satu wadah terorganisir dengan baik akan menyebabkan kerusakan pada makanan itu sendiri.

Setiap bahan makanan yang tersimpan di dalam merek kulkas terbaik tentu mempunyai rasa dan aroma yang berbeda-beda. Apabila penataan di dalamnya hanya mencampurnya saja, rasa dan aroma khas bahan makanan akan cepat rusak.

Selain itu, higienitas pada merek kulkas terbaik juga dapat berkurang, karena tidak ada perhatian pada masa pakai bahan.

Berikut 5 cara menata merek kulkas terbaik agar rapi dan tahan lama berdasarkan jenisnya :

1. Letakkan Bahan Makanan yang Cepat Basi Pada Bagian Depan

Penataan bahan makanan di dalam kulkas jika terlalu ke belakang akan menjadi salah satu faktor yang membuat makanan terbuang sia-sia dan tidak bisa diolah lalu membuatnya basi.

Apalagi jika bahan makanan yang mempunyai masa pakai lebih pendek atau gampang basi, Apabila tertutup bahan makanan lain tentu akan membuat bahan makanan kurang diperhatikan.

Disarankan untuk melakukan penataan isi kulkas dengan rutin dan tepat. Kamu dapat meletakkan bahan makanan yang gampang basi di bagian depan. Seperti sayuran yang gampang kering dan layu serta yogurt.

2. Pakai Food Container

Apabila kamu tidak ingin bahan makanan tercampur jadi satu, langkah yang harus dilakukan sebelum menata isi di dalam kulkas yaitu mempersiapkan food container. Kamu dapat membeli beberapa food container bertujuan untuk mengorganisir berbagai bahan makanan yang berbeda.

Kemudian, kamu dapat berkan label agar mudah dijumpai ketika ingin mengambil bahan yang dibutuhkan dan jangan lupa cantumkan tanggal kedaluwarsanya.

Dengan demikian, hal ini akan membantu kamu meminimalisir bahan makanan yang membusuk di dalam kulkas dan membuat aromanya jadi kurang sedap.

Tidak hanya bisa mempengaruhi kualitas bahan, penggunaan food container juga tentu akan mempermudah kamu ketika ingin membersihkan tray sekaligus tampilan di dalam kulkas akan semakin rapi.

BACA JUGA : 7 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Berikut Solusinya

3. Organisir Sesuai Dengan Jenisnya

Kamu tentu tidak dapat mencampur penyimpanan daging dan sayur di dalam satu wadah yang bersamaan. Hal ini dapat membuat salah satu atau bahkan kedua bahan makanan tersebut cepat rusak.

Oleh karena itu, pengorganisiran bahan makanan sesuai jenisnya sangat penting untuk dilakukan. Dengan berbekal food container atau box bening khusus, kamu dapat meletakkan sayur, bumbu, ikan, buah dan lain sebagainya sesuai dengan kelompoknya. Hal ini akan membuat bahan makanan lebih terjaga kualitasnya.

4. Buang Bahan yang Sudah Tidak Layak Untuk dikonsumsi

Terkadang kita tidak sempat untuk membuang bahan makanan di dalam kulkas yang ternyata sudah kedaluwarsa. Padahal, bahan makanan basi yang tersimpan di dalam kulkas dan tidak segera dibuang dapat memicu bau tidak sedap, apalagi bahan makanan yang tidak terbungkus dalam kemasan.

Bila sudah begitu, bukan hanya aroma tidak sedap yang membuat kenyamanan ketika penggunaan kulkas jadi terganggu, bahkan kuman akan dapat menyebar dengan mudah ke bahan makanan yang lain.

Bahan makanan yang sudah tidak bisa terpakai tetapi masih tersimpan di dalamnya dapat membuat kulkas terasa penuh. Kamu bisa memanfaatkan space untuk bahan makanan yang masih layak pakai.

5. Bersihkan Buah dan Sayur dan Simpan Daging di dalam Freezer

Untuk buah dan sayuran sebaiknya dicuci dahulu sebelum disimpan ke dalam kulkas agar lebih bersih. Sehingga saat hendak mengonsumsi buah kapan saja kamu tidak perlu repot mencuci berulang kali.

Pastikan kamu lenyimpan daging di dalam freezer, karena kualitas daging dapat menurun dan aromanya kurang sedap bisa menyebar apabila  tidak disimpan di dalam suhu yang beku.

Itulah beberapa cara menata merek kulkas terbaik agar rapi dan tahan lama berdasarkan jenisnya. Smeoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: