5 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Berair dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

5 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Berair dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Penyebab Merek Kulkas Terbaik Berair dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik mungkin jadi salah satu perabotan rumah tangga yang harus ada di setiap rumah, karena kulkas memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk menyimpan makanan.

Terkadang kita juga menyukai desain kulkas yang simple tapi sangat elegant. Sebagian besar orang yang menggunakan merek kulkas terbaik karena manfaatnya dalam menyimpan makanan.

Apalagi ketika kita ingin stock makanan di rumah, manfaat merek kulkas terbaik untuk menyegarkan makanan dan membekukan makanan atau mendinginkan makanan.

Jika merek kulkas terbaik yang kamu gunakan berair atau terjadi kebocoran kulkas tentu akan membuat kamu bingung dan langsung cari tahu penyebabnya.

Berikut 5 penyebab merek kulkas terbaik berair dan cara mengatasinya dengan mudah :

1. Pemecahan es pada Pipa Pembuangan Air di kulkas

Hal ini merupakan salah satu penyebab kulkas berair atau terjadi kebocoran, selain itu hal ini juga bisa terjadi saat makanan atau kotoran yang tersumbat di pipa drainase yang akan menyebabkan penumpukan es dan kebocoran air es.

Cara Mengatasinya, kamu hanya perlu mencabut steker kulkas untuk memastikan semua dalam keadaan aman selama perbaikan, setelah itu kamu bisa memeriksa tabung tersebut apakah terlipat atau tersumbat.

Tidak hanya itu kamu juga perlu menyiram bagian dalam kulkas, untuk menyiramnya dengan menggunakan air yang hangat dan dengan menggunakan pengumpul debu yang bertujuanuntuk menghilangkan kotoran.

2. Baki Air Kulkas Retak

Kadang baki di dalam kulkas juga bisa rusak, berair, dan bahkah bisa bocor. Cara Mengatasinya, kamu bisa mempertimbangkan saluran air apakah ada retak atau ada yang penyok, apabila ada masalah tersebut kamu bisa langsung menghubungi ahli teknisi untuk mengatasi hal tersebut.

3. Kebocoran Air pada Baki Sayur

Buah-buahan atau sayuran biasanya memiliki kandungan air cukup banyak yang membuatnya akan menumpuk, saat kamu membeli makanan secara langsung, kemudian langsung memasukkannya ke dalam kulkas.

Air yang bocor dari makanan seperti sayuran ataupun buah-buahan bisa membuat wadah jadi berair. Hal ini akan mempengaruhi umur penyimpanan kulkas dan juga akan membuat sayuran yang tersimpan di dalamnya rentan busuk.

Cara Mengatasinya, perisa makanan di kulkas dan keluarkan, lalu tuangkan air dan bersihkan kompartemen sayuran. Biarkan makanan agar mengalir dan air yang segar serta masukkan ke dalam kulkas.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Dingin Tapi Tidak Beku, Ini Penyebabnya

4. Memblokir Sistem Ventilasi di Kulkas

Apabila kamu memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam kompartemen kulkas, hal ini akan menghalangi nafas antara pendingin dengan freezer, sistem kelistrikan juga akan bertanggung jawab dalam mengendalikan kulkas yang sudah rusak dan bisa menyebabkan kebocoran air.

Cara Mengatasinya, periksa ventilasi yaitu lubang ventilasia pendingin pada dua kompartemen kulkas dan lihat apakah sudah tertutup rapat atau belum tertutup rapat. Selain itu kamu juga perlu mengatur makanan di dalam kulkas dengan baik dan benar, jangan sampai terlalu banyak menyimpan makanan di dalam kulkas.

5. Pintu Freezer Kulkas Terbuka atau Mode Dingin Sedang Bermasalah

Pintu freezer yang terbuka membuat udara dingin akan keluar. Kompartemen es juga akan menempel pada salju dan meleleh yang membuat air akan tumpah, tidak hanya itu kapasitas pendinginan kompartemen freezer juga akan berkurang dan suhunya tidak cukup untuk membekukan makanan dan akan mengakibatkan batu meleleh.

Cara Mengatasinya, periksa sistem pemanas pada kulkas, sesuaikan tingkat panas yang sesuai, hal ini untuk memastikan proses pengawetan bekerja dengan baik. Selain itu atur makanan secara tepat dan hindari memasukkan makanan terlalu banyak ke dalam freezer.

Kamu harus membatasi aliran air di kulkas, selain itu kertika kulkas berair mungkin jadi tanda bahwa kamu menggunakan kulkas tersebut dengan cara yang tidak baik dan benar atau kulkas yang kamu gunakan sedang mengalami masalah internal.

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaik dan cara mengatasinya dengan mudah. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: