5 Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Dan Banyak Mengeluarkan Air

5 Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Dan Banyak Mengeluarkan Air

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Bocor Dan Banyak Mengeluarkan Air-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik menjadi satu peralatan elektronik yang semakin banyak orang memilikinya.

Merek kulkas terbaik difungsikan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan agar bertahan lebih lama karena pendinginannya.

Dengan fungsinya tersebut, penting untuk merawat merek kulkas kulkas terbaik agar nyaman dan aman digunakan. Karena, apabila terdapat satu masalah terjadi, kulkas tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Misalnya terdapat kebocoran atau air yang keluar dari merek kulkas terbaik. Hal ini akan mempengaruhi fungsinya dan bisa merusak lantai serta memicu pertumbuhan jamur.

Kebocoran pada merek kulkas terbaik disebabkan oleh beberapa hal, seperti masalah kerusakan elemen kulkas ataupun terlalu usang.

Berikut 5 cara mengatasi merek kulkas terbaik bocor dan mengeluarkan air :

1. Selang pembuangan es mencair tersumbat

Apabila kulkas mengeluarkan air, salah satu penyebabnya adalah selang pembuangan yang tersumbat. Selang ini ada di bawah kompartemen freezer, di bawah laci produk, ataupun di belakang kulkas. Sumbatan tersebut dapat disebabkan karena makanan atau kotoran lain yang masuk ke dalam selang.

Apabila hal itu terjadi, maka kondensasi tidak bisa mengalir melalui saluran pembuangan. Sehingga, air akan ke atas dan mengalir ke lantai.

Cara mengatasi masalah ini, kamu dapat memaksa air melalui lubang pembuangan dengan menggunakan kain untuk menghilangkan kotorannya.

Kamu juga dapat menggunakan pembersih pipa untuk menghilangkan sumbatannya. Kemudian, bersihkan selang pembuangan dan katup pembuangan yang terpasang dengan menggunakan sabun dan air.

2. Panci pembuangan retak

Panci ini memiliki fungsi untuk mengumpulkan kondensasi yang menetes dari sirip evaporator. umumnya, air di bak pembuangan akan menguap, jadi tidak perlu dikosongkan. Tetapi, apabila saluran pembuangannya retak atau pecah, akibatnya air akan merembes ke lantai dapur. Cara mengatasinya anti panci pembuangan dengan yang baru.

3. Saluran air bocor

Tidak semua kulkas memiliki saluran air. Apabila kulkas tidak memiliki air atau pembuat es internal, maka saluran air yang bocor bukan jadi masalah. Tetapi, kulkas yang memiliki saluran air, kebocoran akan menjadi sebuah masalah.

Saluran air yang bocor dapat disebabkan karena retak atau sambungan katup kendor. Cek saluran air dan katup yang masuk pada bagian belakang kulkas.

Bila katup bocor, kencangkan sambungannya. Jika cara ini tidak juga berhasil, maka kamu harus mengganti katupnya. Saluran air yang mengalir ke kulkas dapat terjepit atau retak, dan mengakibatkan air merembes ke lantai.

Cara terbaik mengatasi masalah ini dengan memotong selang yang rusak dan menyambungkan kembali ke katip atau ganti selang keseluruhan.

BACA JUGA : 5 Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Tidak Dingin, Begini Caranya

4. Sambungan filter air longgar atau usang

Apabila filter kendor akan membuat air bocor dan keluar dari filter lalu mengalir ke lantai. Hal ini mengakibatkan adanya genangan di bawah kulkas. Apabila kamu menduga filter bermasalah, lepaskan filter dan pasang lagi.

Keadaan ini dapat mengatasi masalah jika filter kendor atau tidak terpasang dengan benar. Tetapi, apabila ada masalah lebih lanjut, kamu perlu ganti filter yang baru dan pasang sesuai petunjuk.

5. Peningkatan akumulasi kondensasi

Panci tetesan dibuat untuk mengumpulkan semua kondensasi yang terbentuk di sirip evaporator. Biasanya, panci tetes tidak harus dikosongkan karena air akan menguap.

Tetapi, jika pintu kulkas terbuka ataupun kelembapan di dalam rumah begitu tinggi, maka akan membuat akumulasi kondensasi meningkat. Kondisi ini akan menyebabkan wadah tetesan meluap menuju ke lantai.

Cara mengatasi hal itu yaitu dengan cra menutup pintu kulkas dengan tujuan untuk mengurangi tekanan lat dan mengurangi jumlah kondensasi di sirip evaporator. Berikutnya, siapkan dehumidifier di dapur atau kosongkan tempat pembuangan secara manual ketika kelembapan ruangan tinggi.

Itulah ebberapa cara mengatasi merek kulkas terbaik bocor dan banyak mengeluarkan air. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: