9 Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Bocor, Berikut Penyebabnya

9 Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Bocor, Berikut Penyebabnya

Cara Mengatasi Merek AC Terbaik Bocor-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Masih banyak orang yang belum mengetahui penyebab merek AC terbaik bocor. AC bocor sering menjadi masalah yang sanat mengganggu kenyamanan dan efisiensi pendinginan di rumah ataupun kantor.

Kebocoran pada unit Merek AC terbaik tidak hanya bisa mengurangi performa AC, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan sistem lebih lanjut serta akan meningkatkan biaya perawatan.

Memahami hal-hal yang menyebabkan merek AC terbaik bocor sangat penting supaya kamu dapat segera mengatasinya dengan tepat.

Bocornya merek AC terbaik bisa menyebabkan kerusakan pada peralatan, merusak furnitur, meningkatkan biaya perbaikan dan pemeliharaan.

Berikut beberapa penyebab merek AC terbaik bocor :

1. Saluran Pembuangan Air Tersumbat

Saat AC beroperasi, ia akan mengkondensasi uap air dari udara, kemudian dikumpulkan dan dialirkan melalui saluran pembuangan. Apabila saluran ini tersumbat debu, kotoran, atau jamur, maka air kondensasi akan meluap dan terjadi kebocoran dari unit AC.

2. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor atau tersumbat bisa membuat AC bekerja lebih keras untuk menarik udara, yang pada gilirannya bisa menyebabkan pembekuan koil evaporator. Saat es yang terbentuk di koil mencair, air akan menetes dan dapat mengakibatkan kebocoran. Pembersihan atau penggantian filter dengan rutin bisa mencegah masalah ini.

3. Kurangnya Refrigeran

Apabila level refrigeran rendah, biasanya berakibat kebocoran dan koil evaporator dapatmembeku. Saat es pada koil mencair, airnya bisa menetes ke tempat yang tidak semestinya dan menyebabkan kebocoran. Cek level refrigeran secara berkala dan segera lakukan perbaikan pada kebocoran sistem refrigeran.

BACA JUGA : 10 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin Hanya Keluar Angin, Begini Solusinya

4. Instalasi Buruk

Jika instalasi AC tidak benar akan menyebabkan beragam masalah, seperti kebocoran. Apabila unit AC dipasang dengan kemiringan yang tidak benar, air kondensasi tidak akan bisa mengalir dengan benar menuju ke saluran pembuangan dan malah membuat bocor dari unit. Pastikan agar instalasi dilakukan oleh teknisi berpengalaman dan sudah sesuai standar.

5. Koil Evaporator Kotor

Koil evaporator yang kotor akan menghambat proses pendinginan dan mengakibatkanpembekuan pada koil. Ketika es sudah mencair, air akan menetes yang berakibat kebocoran. Pembersihan koil secara rutin akan membantu mencegah masalah tersebut.

6. Pipa Drainase Pecah atau Bocor

Pipa drainase yang pecah atau bocor menjadi  penyebab AC bocor. Pipa drainase bertugas mengalirkan air kondensasi dari unit AC ke luar. Apabila pipa ini pecah atau terdapat kebocoran, maka air akan bocor dari pipa yang menghasilkan genangan di sekitar unit AC.

7. Kerusakan Pompa Kondensat

Pada beberapa unit AC, apalagi yang dipasang pada lokasi lebih rendah dari titik pembuangan, diperlukan pompa kondensat untuk memompa air kondensasi agar keluar. Apabila pompa ini rusak atau tidak berfungsi dengan seharusnya, air kondensasi tidak terbuang dengan benar dan menyebabkan kebocoran.

8. Unit AC Terlalu Lama

Seiring berjalannya waktu, komponen-komponen AC bisa aus dan tidak berfungsi dengan benar. Gasket dan segel juga dapat menua dan bisa menyebabkan kebocoran. Dengan pemeliharaan rutin dan penggantian unit apabila sudah terlalu tua bisa mencegah terjadinya kebocoran.

BACA JUGA : 12 Tips Ampuh Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Lebih Efisien

Berikut 9 cara mengatasi merek AC terbaik bocor :

1. Matikan AC

pastikan AC dalam keadaan mati dan tidak tersambung ke sumber listrik sebelum melakukan perbaikan, hal ini untuk menghindari risiko tersengat listrik.

2. Periksa Saluran Pembuangan Air

Bocornya AC sering disebabkan karena saluran pembuangan air yang tersumbat. Cek saluran pembuangan dan bersihkan dari kotoran atau benda asing yang membuatnya tersumbat.

3. Periksa Kondisi Filter Udara

Filter yang kotor menyebabkan penumpukan es di evaporator, lalu mencair dan membuat terjadi kebocoran. Bersihkan atau ganti filter udara sesuai dengan kebutuhan.

4. Cek Penempatan AC

Pasang unit indoor AC dengan kemiringan yang benar. Apabila tidak benar, air kondensasi mungkin tidak akan mengalir ke saluran pembuangan dengan baik.

5. Bersihkan Evaporator Coil

Apabila evaporator coil kotor bisa menyebabkan pembentukan es yang akan mencair dan membuat bocor. Bersihkan coil secara hati-hati menggunakan sikat yang lembut atau semprotan pembersih khusus untuk AC.

BACA JUGA : 11 Cara Menggunakan Merek AC Terbaik Yang Benar Agar Awet Hemat Listrik

6. Cek Tangki Penampungan Air

Di beberapa AC terdapat tangki penampungan air yang dapat penuh dan bisa terjadi kebocoran. Pastikan agar tangki ini kosong dan tidak ada bocor.

7. Periksa Karet Seal

Karet seal yang aus atau rusak di unit indoor dapat menyebabkan kebocoran AC. Cek kondisi seal dan ganti bila perlu.

8. Pastikan Tidak Ada Retakan Pada Pipa atau Tangki

Retakan kecil di pipa atau tangki penampungan air dapat menjadi sumber kebocoran. Cek dengan teliti dan segera lakukan perbaikan atau penggantian apabila ditemukan kerusakan.

9. Panggil Teknisi

Apabila setelah semua pemeriksaan dan perbaikan masalah masih belum bisa teratasi, sebaiknya panggil teknisi AC profesional untuk memeriksa dan melakukan perbaikan lebih lanjut.

Itulah beberapa cara mengatasi merek AC terbak bocor beserta penyebabnya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: