Simak 7 Penyebab Merek AC Terbaik Bocor Beserta Cara Mengatasinya

Simak 7 Penyebab Merek AC Terbaik Bocor Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Merek AC Terbaik Bocor Beserta Cara Mengatasinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik merupakan salah satu alat yang digunakan banyak orang untuk mengatasi panasnya cuaca panas di indonesia. Suhu yang hangat dan lembap sering membuat kamu kesulitan untuk beraktivitas.

Meski masalah merek AC terbaik  bocor ini umum terjadi, namun sangat mengganggu kamu yang memiliki banyak aktivitas di dalam ruangan.

Merek AC erbaik yang bocor tidak boleh dinyalakan. AC yang bocor tidak dapat menghasilkan udara dingin sehingga  ketika dinyalakan hanya akan menghembuskan angin hangat yang akan membuat kondisi ruangan makin panas.

Menyalakan merek AC terbaik ketika sedang bocor dapat memperparah kerusakan di dalamnya. Sehingga lebih baik hindari untuk menyalakan alat elektronik ini ketika sedang bocor.

Berikut 7 penyebab merek AC terbaik bocor :

1. Filter AC Kotor dan Tersumbat

Pada bagian dalam AC dilengkapi filter agar udara yang keluar selalu bersih. Filter yang kotor dan tersumbat akan membuat aliran udara yang masuk ke dalam AC jadi berkurang dan mngakibatkan suhu evaporator akan turun dan membeku.

Ketika dimatikan, es di bagian evaporator akan mencair dan tidak bisa ditampung oleh saluran pembuangan. Tambahan air ini yang akan menyebabkan kebocoran AC.

2. Kompresor AC Rusak

Kompresor bekerja dengan cara memompa freon ke semua bagian AC supaya suhunya tetap dingin. Ketika kompresor rusak, suhu di dalam AC akan meningkat sehingga membuat aliran air di dalamnya bisa terganggu. Aliran yang tidak lancar ini yang akan menyebabkan air menetes keluar dari AC.

3. Saluran Pembuangan Berlumut

Saluran pembuangan biasanya dipasang di tembok bagian dalam dan luar ruangan. Perbedaan suhu udara dan air disekitarnya akan menjadikan saluran pembuanga lembap dan berlumut.

Apabila pipa tersebut tidak rutin untuk diganti, akan membuat banyak lumut yang tumbuh di saluran pembuangan dan bisa menyumbat serta membuat air dari dalam AC harus mencari celah lain supaya dapat keluar.

4. Pemasangan yang Kurang Tepat

Pemasangan yang kurang tepat atau salah bisa jadi penyebab AC bocor. AC harus dipasang pada kemiringan tertentu supaya air bisa mengalir ke saluran pembuangan dan dapat bekerja dengan baik. Tetapi beberapa orang mungkin belum mengetahui aturan ini. Akibatnya air pembuangan jadi luber dan keluar dari samping atau bawah AC.

5. Koil Kondensor Rusak

Kondensor AC memiliki fungsi membuang udara panas dan mengubah freon dari gas menjadi cair. Apabila komponen tersebut rusak, kebocoran tidak mungkin bisa dihindari. Komponen ini biasanya rusak akibat tersumbat debu atau kotoran.

6. Kebocoran Freon

Freon atau zat pendingin berguna untuk mendinginkan udara yang berasal dari luar AC. Zat ini harus diubah jadi cair agar dapat digunakan.

Freon yang bocor akan membuat bagian dalam AC akan membeku dan angin yang dihembuskan jadi panas. Apabila tidak segera diperbaiki, kondisi ini dapat membuat bongkahan es mencair yang menjadi penyebab AC bocor.

7. Tetesan Air di Celah AC

Kebocoran dapat disebabkan adanya tetesan air yang keluar dari celah kecil di AC. Kecilnya celah AC membuat orang kesulitan menemukan sumber tetesan air ini.

Berikut cara mengatasi merek AC terbaik bocor :

1. Matikan AC dengan cara mencabut kabelnya dari sumber listrik. Hal ini dilakukan untuk menghentikan tetesan atau aliran air dan mencegah terjadinya arus pendek

2. Cari sumber air. Kamu dapat menggunakan senter atau alat bantu lain untuk memudahkan menemukan celah sempit pada AC

3. Bersihkan filter AC yang kotor atau tersumbat oleh kotoran dan debu.

4. Ganti freon AC dengan rutin

5. Bersihkan bagian dalam pipa dari kotoran lumut dan ganti secara berkala

6. Perbaiki kompresor AC supaya suhu AC tetap terjaga

Itulah beberapa penyebab merek AC terbaik bocor beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: