9 Penyebab Merek AC Terbaik Bocor, Begini Cara Mengatasinya

9 Penyebab Merek AC Terbaik Bocor, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Merek AC Terbaik Bocor-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kebocoran merupakan salah satu masalah merek AC terbaik yang paling umum terjadi, apalagi saat AC tersebut sudah berusia cukup tua atau lama.

Penyebab merek AC terbaik bocor cukup beragam dan bisa dikaitkan dengan berbagai macam faktor. Mendengar suara air yang terus menerus menetes terasa mengganggu.

Apabila tidak diperbaiki dengan benar, hal ini akan membuat kondisi merek AC terbaik kamu semakin parah.

Berikut 9 penyebab merek AC terbaik bocor :

1. Filter AC Kotor

Saat filter udara pada AC kotor, aliran udara ke evaporator akan terhambat dan suhu menjadi menurun. Suhu yang menurun drastis bisa membuat kumparan jadi terlalu dingin dan beku.

Kemudian, saat AC dimatikan dan AC berhenti mengisap udara ke interior, kumparan akan memanas dan es yang sudah terkumpul akan mencair. Jika es yang sudah mencair melebihi kapasitas baki tetesan, maka terjadilah kebocoran pada AC.

2. Aliran Pembuangan Air Tetesan Tersumbat

Kebocoran AC dapat terjadi karena penyumbatan aliran pembuangan air tetesan AC. Penyumbatan ini bisa terjadi karena kotoran dan debu yang mengotori unit indoor AC. Ketika aliran pembuangan air tersumbat kotoran yang mengendap, air akan menetes lewat unit indoor.

3. Kompresor AC Rusak

Kompresor merupakan salah satu komponen AC yang terletak di bawah koil pendingin, berfungsi mengalirkan air dengan menyeluruh untuk mencegah terjadinya kebocoran. Saat pompa rusak atau tidak berfungsi dengan baik karena penu dengan debu dan kotoran, hal ini bisa menjadi penyebab AC bocor dan mengindikasikan ada masalah pompa.

BACA JUGA : 11 Tips Ampuh Menghemat Energi Merek AC Terbaik Agar Tidak Boros Listrik

4. Kondensasi

Biasanya masalah pada kondensasi disebabkan karena perbedaan suhu yang cukup tinggi diantara suhu di dalam pipa dan suhu di luar. Masalah sini pada umumnya sering terjadi pada AC yang umurnya lebih dari 5 tahun. Karena, pembungkus pipa pada AC yang sudah tua biasanya sudah tidak layak untuk digunakan.

5. Pemasangan AC Tidak Benar

Memasang merek AC terbaik yang tidak benar dapat menjadi penyebab AC bocor. Misalnya, apabila saluran pembuangan yang kemiringannya tidak tepat bisa membuat air yang akan menetes dari unit AC tidak keluar ke saluran pembuangan.

6. Koil Kondensor AC Bocor

Kondensor AC berada di luar rumah dan terdiri dari motor blower, koil kondensor, dan kompresor. Karena letaknya di luar rumah, terkadang unit kondensor ini sering terkena kotoran yang bisa menyebabkan penyumbatan, dan koil kondensor AC jadi bocor.

7. Selang AC Tersumbat

Selang yang tersumbat merupakan salah satu penyebab paling umum AC bocor. Penyumbatan ini dapat terjadi akibat kotoran dan lumut memenuhi selang, sehingga air tidak bisa mengalir dengan baik.

BACA JUGA : 12 Tips Ampuh Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Lebih Efisien

8. Koil AC Beku

Koil evaporator berada di dalam AC. Saat kamu membuka pintu AC dan menjumpai koil terkumpul di dalamnya, hal ini tanda bahwa pelelehan berjalan dengan lambat dan menmbuat air tumpah di atas wadah pembuangan.

AC yang beku sering disebabkan karena filter udara yang kotor dan tersumbat. Ketika tersumbat, arus hangat tidak bisa lewat dan suhu akan terus menerus menurun. Alhasil akan terjadi penumpukan es.

9. Suhu di Luar Terlalu Dingin

Suhu di luar yang terlalu dingin bisa menyebabkan AC membeku dan menimbulkan kebocoran.

berikut beberapa cara mengatasi merek AC terbaik yang bocor :

1. Ganti Filter AC Yang Kotor

Dengan mengganti filter AC dengan yang bersih, udara akan bisa mengalir lebih baik dan mesin AC jadi tidak harus bekerja berlebihan untuk mendinginkan udara.

2. Bersihkan Selang yang Tersumbat

Apabila kamu menemukan selang yang bocor, sebaiknya ganti dengan yang baru. Jangan menambal selang yang bocor sebab apabila selang tetap kotor, masih akan ada kebocoran lain di lain hari.

BACA JUGA : 7 Tips Meningkatkan Kinerja Merek AC Terbaik Secara Cerdas

3. Perbaiki Kompresor AC

Kompresor AC yang tidak bekerja dengan baik bisa menyebabkan kebocoran. Apabila kamu melihat kompresor tidak bekerja optimal, segera perbaiki supaya tidak mengakibatkan AC bocor.

4. Hubungi Jasa Servis

Jika kamu tidak percaya diri, cara mengatasi AC bocor yang terbaik yaitu dengan memanggil jasa servis AC. Teknisi yang baik akan bisa menentukan penyebab AC bocor secara tepat dan memberikan reparasi yang sesuai.

Itulah beberapa penyebab merek AC terbaik bocor dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: