Berikut 8 Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Bisa Dilakukan Sendiri

Berikut 8 Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Tidak Dingin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Masalah yang sering banget dialami oleh pemilik merek kulkas terbaik yaitu suhunya yang sudah tidak dingin lagi.

Suhu merek kulkas terbaik yang tidak dingin ini tentu akan mengganggu karena bisa mempengaruhi kondisi makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya. 

Sebagai salah satu alat elektronik penting di rumah, kamu perlu menjaga kondisi merek kulkas terbaik agar terus dapat bekerja dengan normal.

Kamu perlu memastikan kondisi sparepart dan kebersihan merek kulkas terbaik agar terus terjaga. Hal ini dapat membuat kulkas tetap dapat menjaga suhu dinginnya dengan baik. 

Jika merek kulkas terbaik kamu rusak, tentu akan mengganggu sekali dan bikin kamu mengeluarkan biaya yang tidak terduga cukup besar.

Berikut 8 cara mengatasi merek kulkas terbaik yang tidak dingin, bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa bantuan ahli :

1. Pastikan Gulungan Kondensor Bersih

Salah satu bagian kulkas yang harus dicek saat suhunya tidak dingin lagi yaitu kondensor. Cek kondisi gulungan kondensornya, apakah bersih atau kotor. gulungan kondensor yang kotor disebabkan ada jaring laba-laba yang membuat kulkas tidak dingin lagi.

Kamu dapat membersihkannya dengan cara mencabutnya lebih dulu. Bersihkan gulungan kondensor dengan rutin minimal 6 bulan sekali. 

2. Atur Makanan di Dalam Kulkas

Posisi makanan di dalam kulkas dapat mempengaruhi suhu kulkas. Makanan yang terlalu banyak dan bertumpuk-tumpuk akan membuat sirkulasi udara di dalam kulkas tidak optimal.

Cara mengatasinya yaitu dengan mengeluarkan makanan yang ada di dalam kulkas. Pastikan di dalam kulkas terisi hanya 1/3 bagian saja agar suhu kulkas tetap dingin.

3. Setel Ulang Pengatur Suhu Kulkas

Biasanya saat merek kulkas terbaik sudah tidak dingin lagi, cara mendinginkan paling gampang yaitu dengan cara mengatur ulang pengatur suhunya. Sebaiknya atur suhu kulkas di bawah 4 derajat celcius dan di bagian freezer di suhu -17 derajat celcius, boleh juga jika ingin lebih rendah lagi. 

BACA JUGA : 8 Tips Menghilangkan Bau Merek Kulkas Terbaik Dengan Bahan Alami

4. Cek Kondisi Gasket/ Segel Pintu Kulkas

Biasanya, segel pintu kulkas kotor karena pemakaian, hal ini menyebabkan gasket tidak tersegel dengan benar dan kulkas tidak dingin. Jika kondisinya kotor, kamu bisa bersihkan menggunakan air sabun hangat dan spons, bersihkan juga area di sekitarnya. Hindari memakai sabun gosok, sikat kasar ataupun cairan pembersih yang gampang terbakar. 

Jika setelah dibersihkan tapi kulkas masih belum dingin, berarti sudah waktunya gasket kulkas diganti. Mungkin gasket pintu kulkas sudah rapuh dan tua. Caranya selipkan kertas atau sejenisnya di gasket.

Jika kamu dapat menariknya dengan mudah, berarti gasket perlu diganti. Sebelum memasang gasket yang baru, rendam dulu gasket yang baru di dalam air panas beberapa menit sampai gasket lebih lentur, kemudian pasang ke kulkas. 

5. Atur Ulang Peletakkan Kulkas

Posisi kulkas yang tidak tepat dapat mempengaruhi suhu di dalam kulkas. Jika kamu meletakkan kulkas di tempat dengan suhu cukup tinggi seperti dekat kompor, luar ruangan atau garasi, bisa jadi kulkas kamu jadi tidak dingin. Sebaiknya letakkan kulkas di tempat yang cukup sejuk.

6. Cairkan Bunga Es di Freezer

Penting untuk rutin membersihkan bunga es supaya tidak menutupi lubang ventilasi. Kamu dapat melakukannya dengan cara menyetel pengatur suhu ke posisi defrost. Lalu diamkan semalaman. Setelah mencair, bersihkan kemudian setel ulang pengatur suhunya ke posisi awal. 

7. Pastikan Ventilasi di Dalam Bersih

Sirkulasi udara yang tidak baik dapat membuat kulkas jadi tidak dingin lagi. Perputaran udara yang ada di dalam kulkas penting untuk dijaga kondisi suhunya. Caranya cari ventilasi di chiller dan freezer.

Cek apakah terdapat barang atau sesuatu yang menghalanginya. Pastikan tidak ada yang menutupi ventilasi. Lalu cek kondisinya apakah kotor atau masih bersih. Ventilasi yang buruk bisa membuat kompresor panas.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Freezer Merek Kulkas Terbaik Yang Bocor, Ini Penyebabnya

8.  Cek Supply Listrik

Hal yang harus kamu periksa yaitu kondisi kabel power kulkas. Cek apaka kondisi kabelnya apakah masih bagus dan tertancap dengan baik ke sumber listrik. Perbaiki posisinya jika diperlukan. Jika kabel kondisinya sudah tidak bagus, kamu bisa menggantinya. 

Itulah beberapa cara mengatasi merek kulkas terbaik yang tidak dingin. Semoga bermanfaat (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: