7 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Berikut Solusinya

7 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Berikut Solusinya

Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Beserta Solusinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik merupakan salah satu alat elektronik pendingin yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan minuman agar awet dan tetap dingin.

Meski demikian, penyebab merek kulkas terbaik jadi tidak dingin pada umumnya sama. Kamu tidak perlu panik dan buru-buru untuk mengganti kulkas baru.

Saat ada masalah pada merek kulkas terbaik kamu yang sudah tidak berfungsi dengan baik, justru kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya.

Merek kulkas terbaik yang tidak dingin bukan berarti selalu ada masalah pada komponen elektronik tersebut. Bisa jadi karena kita melakukan kesalahan pengaturan pada kulkas.

Berikut 7 penyebab merek kulkas terbaik tidak dingin beserta solusinya :

1. Pastikan perangkat elektronik sudah tercolok dengan stop kontak

Pastikan jika aliran listrik di rumah kamu tetap stabil supaya kompresor kulkas dapat bekerja secara maksimal. Kamu dapat memakai stop kontak model segitiga atau kabel yang panjang jika sambungan listriknya cukup jauh.

2. Cek suhu kulkas

Pastikan kamu periksa  terlebih dahulu thermosat kulkas apakah sudah berada di suhu yang tepat atau dalam kondisi menyala. Apabila belum, atur kembali suhu thermosat yang ada di dalam kulkas.

3. Periksa karet gasket pintu kulkas

Biasanya, jika karet yang terpasang di pintu kulkas sudah mulai longgar, pintu kulkas akan tidak dapat tertutup dengan rapat. Kamu dapat melihat lampu indikator pada kulkas saat ditutup. Jika respon yang diberikan tidak benar atau tidak semestinya, bisa jadi kulkas sudah dalam keadaan mulai rusak.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Jenis Chest Freezer GEA Agar Awet Efisien

4. Cek sirkulasi dalam kulkas

Jangan mengisi kulkas dengan berlebihan atau terlalu banyak makanan karena udara dingin di dalamnya dapat menghalangi sirkulasi di dalam kulkas. Pastikan kamu atur kotak makanan dan rutin untuk membersihkannya.

5. Bersihkan bunga es

Biasanya bunga es sering muncul pada bagian freezer kulkas. Hal ini yang bisa membuat kulkas menjadi tidak dingin. Kamu perlu mencabut aliran listrik dari kulkas terlebih dahulu untuk menghilangkan biang es tersebut.

Jangan lupa untuk pastikan makanan yang ada di dalam kulkas sudah dikeluarkan semua dan hindari untuk menyimpan bahan makanan yang gampang rusak.

6.  Cek evaporator

Evaporator yang rusak akan membuat suhu kulkas jadi tidak dingin. Karena, benda ini berguna untuk menyalurkan freon yang akan mendinginkan kulkas. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti komponen yang sudah rusak dengan yang baru.

7.  Tidak menyimpan makanan terlalu panas

Hindari untuk menyimpan makanan panas terlalu sering. Karena suhu panas dari makanan dapat menyebabkan suhu di dalam merek kulkas terbaik menjadi turun. Hal ini yang membuat merek kulkas terbaik kamu jadi tidak dingin.

Apabila kamu sudah mengecek penyebab kulkas tidak dingin dari daftar yang sudah dijelaskan tadi dan suhu kulkas atau freezer masih tidak dingin, berarti kamu harus memanggil para ahli kulkas untuk memperbaiki kulkas.

BACA JUGA : 10 Tips Menyimpan Sayur Dalam Merek Kulkas Terbaik Yang Tepat Agar Tahan Lama

Ada juga beberapa penyebab lain yang cukup serius pada merek kulkas terbaik dan perlu untuk diperbaiki, seperti :

1. Kompresor kulkas

Kompresor kuklas merupakan komponen yang memastikan proses pendinginan di dalam kulkas isa berjalan dengan baik. Jika kipas freezer kulkas menyala, namun kulkas tidak dingin, bisa jadi karena kompresor kulkas kamu mengalami kerusakan. Biasanya, kita perlu mengganti relay stater kompresor yang baru agar kulkas bisa kembali dingin.

2. Koil kondensor

Kumparan kondensor merupakan tabung kulkas berbentuk garis-garis besi. Biasanya, tabung ini menyatu dengan pola grid yang berbentuk U berukuran panjang. Biasanya koil kondensor ada di bagian belakang kulkas.

Jika koil kondensor tersebut tersumbat, maka sirkulasi udara kulkas akan jadi tidak baik karena tidak bisa menghilangkan panas dengan efektif. Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena adanya debu dan kotoran yang menumpuk.

Untuk itu, satu atau dua kali dalam setahun kamu perlu membersihkan koil kondesor. Caranya dengan menggunakan penyedot debu untuk mengangkat kotoran yang ada di koil kondesor.

BACA JUGA : 7 Tips Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Agar Terhindar Dari Bau

3. Kipas kondensor

Kipas kondesor berfungsi untuk  mendinginkan koil kompresor dan kondensor ketika bekerja. Apabila tidak bisa berfungsi dengan baik, akan menyebabkan komponen kulkas menjadi panas. Pada umumnya, komponen ini berada di kabinet bawah.

Untuk mengatasi kipas yang rusak, pastikan kipas kondensor berputar dengan bebas dan tidak terhalang kotoran apa pun. Apabila telah melewati pengecekan ini, namun perangkat tetap tidak bisa bekerja dengan maksimal, maka kamu harus mengganti motor kipas kondensor.

Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaik tidak dingin beserta solusinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: