Delegasi Shanghai Gali Pengalaman Pengelolaan dan Pelatihan ASN di DIY

Delegasi Shanghai Gali Pengalaman Pengelolaan dan Pelatihan ASN di DIY

Delegasi Shanghai berkunjung ke Pemda DIY di Ndalem Ageng, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta-DOK.-

DISWAYJOGJA – Delegasi Shanghai berkunjung ke Pemda DIY di Ndalem Ageng, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat, 31 Mei 2024. Kunjungan delegasi Shanghai yang dipimpin Wakil Kepala Departemen Organisasi Kota Shanghai dan diterima Wagub DIY KGPAA Paku Alam X dilakukan untuk menggali pengalaman pengelolaan dan pelatihan ASN serta pengembangan organisasi di DIY.

Deputy Head, Organization Department of CPC Shanghai Municipal Committee Qian Mingtao mengatakan, pihaknya berusaha menggali pengetahuan pengembangan kompetensi ASN di DIY. Dia juga menawarkan program pelatihan untuk memperkuat SDM ASN di DIY sebagai bentuk kerja sama di bidang pendidikan dan kepegawaian.

BACA JUGA:Kick Off Manajemen Talenta PNS, Selaraskan Kompetensi ASN dan Kebutuhan Strategis Organisasi

”Kami ingin mempelajari bagaimana cara pemerintah Yogyakarta terus meningkatkan kinerja dari tenaga ASN dan jajarannya. Tidak hanya pada ASN, kami juga ingin mempelajari bagaimana meningkatkan kemampuan mahasiswa dan etos belajar mahasiswa dari S1, S2 hingga jenjang selanjutnya,” jelas Qian.

Sejauh ini, pihaknya sangat puas dengan kerja sama yang terjalin. Dengan demikian, menggali potensi kerja sama yang lain. Pemda DIY telah menjalin kerja sama persahabatan dengan Kota Shanghai sejak 2016 dan terakhir diperbarui pada 28 April 2023.

Area kerja sama kedua daerah meliputi bidang bisnis, perdagangan, dan teknologi, pariwisata, kebudayaan, pendidikan, lingkungan hidup, pemberdayaan perempuan, dan reformasi birokrasi.

Diketahui, dalam kerja sama Sanghai-DIY, telah banyak kegiatan yang dilakukan. Di antaranya, partisipasi Pemda DIY pada pameran bertema trade, tourism, and investment (TTI) di Shanghai pada 2015; Partisipasi perwakilan Pemda DIY pada Shanghai International Cooperation Management Program 2015; Pendirian Rumah Persahabatan Yogyakarta-Shanghai di Kampung Ketandan, Yogyakarta pada tahun 2015; Partisipasi perwakilan pemerintah DIY pada kegiatan Shanghai Sister Cities Summer Youth Camp 2016 di Shanghai; partisipasi perwakilan Pemda DIY pada Shanghai International Cooperation Management Program 2023.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sri Paduka mengatakan, hubungan baik telah terjalin antara DIY dan Shanghai. Setidaknya selama kurun waktu 8 tahun terakhir ini. Karena itu, Sri Paduka menyambut baik kunjungan delegasi Shanghai yang akan melihat langsung bagaimana pengelolaan dan pelatihan ASN di DIY.

Kunjungan tersebut, kata Sri Paduka, sangat penting, karena menjadi simbol penguatan hubungan persahabatan antara dua kota, Yogyakarta dan Shanghai.

BACA JUGA:Simak Tips Jitu Menyimpan Daging Dalam Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Terjaga Kualitasnya

”Saya yakin pertemuan ini akan membawa perspektif baru dan inisiatif yang berarti bagi kedua pihak. Ini adalah langkah maju dalam memperdalam kolaborasi kita, terutama dalam peningkatan kapasitas pelayanan publik dan pengembangan sumber daya manusia,” ungkap Sri Paduka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: