Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Dingin Tapi Tidak Beku, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Dingin Tapi Tidak Beku, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Dingin Tapi Tidak Beku-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Masalah merek kulkas terbaik yang dingin tapi tidak beku kerap dialami oleh penggunanya. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya.

Kerusakan pada merek kulkas terbaik bisa mengganggu aktivitas di dalam rumah. Hal ini karena banyaknya beberapa bahan dasar makanan yang tersimpan di dalam kulkas.

Apabila bahan-bahan tersebut akan digunakan, tetapi merek kulkas terbaik kamu bermasalah, tentu saja akan membuat kamu kesal dan kesusahan.

Evaporator termasuk komponen atau bagian dari merek kulkas terbaik, sangat penting untuk menyimpan makanan atau minuman supaya beku dan awet.

Berikut beberapa penyebab merek kulkas terbaik yang dingin tapi tidak beku :

1. Coil Kondensor Yang Kotor

Posisi coil kondensor di dalam kulkas bbiasanya berbeda-beda, ada yang di bagian bawa tapi ada juga di belakang. Letak coil yang ada di dalam tentu akan lebih terlindungi sehingga tidak gampang kotor.

Tetapi, pada kulkas yang kumparannya terletak di bagian belakang atau bawah, perawatan atau pembersihannya harus dilakukan secara berkala. Oleh sebab itu, temukan bagian coil kondensor dan bersihkan secara berkala untuk mencegah masalah pada bagian freezer kulkas.

2. Thermostat Pengontrol Suhu Yang Tidak Berfungsi

Thermostat pengontrol suhu memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kompresor kulkas, kipas kondesor, dan motor kipas evaporator. Penyebab kulkas dingin tapi tidak beku bisa karena tombol pengaturan suhu di dalam freezer terbentur produk-produk yang ada di dalamnya.

Apabila thermostat tidak berfungsi semestinya, akan menimbulkan masalah di sistem pendingin sehingga bisa menyebabkan kulkas dingin tapi tidak beku.

Kamu bisa mengaturnya dengan setting thermostat dari suhu paling endah ke suhu paling tinggi. Jika tidak terdengar bunyi klik, kemungkinan terjadi kerusakan pada thermostat.

3. Coil Evaporator yang Tertutup

Coil evaporator biasanya tertutup apabila sistem defrost sedang mengalami masalah. Biasanya masalah ini terjadi pada jenis kulkas non-inverter dan ditandai munculnya gejala freezer yang gampang dipenuhi bunga es. Sistem defrost berfungsi mencairkan es yang telah menumpuk di coil evaporator.

Apabila defrost tidak bekerja semestinya, maka akan terjadi penumpukan es dan mengakibatkan kulkas dingin tapi tidak beku. Untuk memastikan defrost berfungsi kamu bisa menguji kontinuitas sistem dengan menggunakan multimeter.

BACA JUGA : 9 Tips Membersihkan dan Merawat Merek Kulkas Terbaik Ukuran Mini, Dijamin Lebih Awet

4. Kipas Kondensor Sudah Tidak Berfungsi

Fungsi utama kipas kondensor yaitu menarik udara dari kondensor. Apabila bagian motor kipas sedang bermasalah, udara tidak bisa ditarik oleh kondensor. Hal ini akan menyebabkan kulkas atau bagian freezer jadi tidak dingin.

5. Kerusakan Star Relay

Komponen start relay memiliki peran sebagai pemasok daya ke kompresor kulkas. Jika komponen ini sedang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik, bisa dipastikan kompresor tidak akan bekerja seperti biasanya.

6. Motor Kipas Evaporator Bermasalah

Motor kipas evaporator berguna untuk mengalirkan udara di atas coil evaporator ke semua bagian freezer. Tetapi, tidak jarang jika motor kipas evaporator mengalami masalah yang membuat freezer tidak bisa membekukan makanan yang tersimpan di dalamnya. Periksa motor kipas evaporator dengan cara membuka pintu freezer, kemudian aktifkan sakelar pintu secara manual.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Jenis Chest Freezer GEA Agar Awet Efisien

Berikut beberapa cara mengatasi merek kulkas terbaik yang dingin tapi tidak beku :

1. Periksa Tegangan Listrik

Tegangan listrik yang kurang stabil bisa memicu gangguan pada kulkas. Karena, jika kondisi listrik tidak stabil dapat menurunkan performa kulkas. Saat kulkas tidak dingin, kemungkinan besar adanya masalah pada tegangan arus listrik.

2. Jauhkan Kulkas dari Peralatan yang menghasilkan panas

Peralatan dapur yang bisa menghasilkan panas seperti rice cooker, oven listrik, kompor gas, dan lain sebagainya sebaiknya dijauhkan dari kulkas yang sedang mengalami masalah. Mungkin terlihat sepele, namun udara panas yang ditimbulkan di area kulkas bisa mempengaruhi performa kulkas dan bisa membuat kulkas jadi tidak dingin.

BACA JUGA : 8 Tips Menghilangkan Bau Merek Kulkas Terbaik Dengan Bahan Alami

3. Hindari Menyimpan Makanan Panas Dalam Kulkas

Menyimpan makanan yang panas ke dalam kulkas bisa mengakibatkan penurunan suhu yang cukup signifikan. Jika hal ini berlangsung secara terus-menerus, dapat menjadikan kulkas cepat rusak, salah satu masalahnya yaitu kulkas dingin tapi tidak beku.

4. Hubungi Jasa Service Kulkas Profesional

Apabila cara mengatasi kulkas dingin tapi tidak beku seperti poin-poin di atas sudah dilakukan tapi tidak kunjung berhasil, sebaiknya kamu hubungi jasa service kulkas yang profesional. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan lebih parah dan membuat kulkas tidak dapat digunakan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi merek kulkas terbaik yang dingin tapi tidak beku. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: