Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Lebih Awet Tahan Lama

Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Lebih Awet Tahan Lama

Tips Merawat AC Agar Tahan Lama--Griya Satria

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik harus dirawat agar bisa tahan lama dan awet. Sangat rugi sekali kalau belum ada setahun AC sudah rusak, alhasil beli lagi.

Perlu kita ketahui peran merek AC terbaik untuk rumah kamu sangatlah penting. Rumah tanpa AC ibarat makan nasi tidak ada lauknya, jadi ya panas dan terasa tidak enak.

Di dalam merek AC terbaik terdapat kondensor, freon dan lainnya. Tentu mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing, selain merawat kita juga harus memperhatikan mereka agar dipastikan bisa berjalan secara maksimal terus.

Berikut di bawah ini ada beberapa tips merawat merek AC terbaik agar tahan lama dan awet bertahun-tahun. Simak dan pahami baik-baik ya!

1. Bersihkan Filter AC

Seperti yang kita ketahui bahwa merek AC terbaik memiliki filter baik itu fitur pendingin maupun fitur yang bisa mengatur suhu yang kita inginkan. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk membersihkannya.

Untuk membersihkan filter kita bisa membersihkan selama 1-2 bulan sekali. Intinya konsisten saja insya allah AC akan berjalan maksimal terus.

Sehingga AC dapat bertahan lama dan juga awet. Rumah selalu sejuk dan nyaman tanpa khawatir terhadap AC.

BACA JUGA : Inovasi Terbaru Merek AC Terbaik Samsung: Wind Free Ultra, AC Canggih Fitur Terlengkap

2. Bersihkan Kondensor AC



Kondensor yang terletak pada bagian paling depan, biasanya tempat menumpuknya kotoran baik itu debu dan lainnya. Dan itu wajib dibersihkan, jika tidak maka bisa menyebabkan korsleting pada AC.

Kondensor berfungsi untuk menyerap panas pada ruangan rumah kamu, tentu jika tersumbat debu dibagian kondensor, maka susah untuk menyerap dan terhalang. Sehingga proses tersebut tidak berjalan maksimal.

Perlu diketahui bahwa tidak hanya satu saja yang harus kamu perhatikan pada AC, tapi banyak. Mulai dari yang pertama tadi filter kemudian kondensor.

3. Gunakan Timer Pada AC

Timer pada AC sangat penting, karena agar bisa hidup dan mati sesuai waktunya. Kamu bisa menyalakan AC maksimal 5 jam sekali, lalu sisanya biarkan AC beristirahat sebentar.

Perlu yang kamu ketahui juga bahwa jangan mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Karena bisa membuat mesin AC cepat panas.

Kamu bisa mengatur suhunya sekitar 22 derjat saja, maka mesin AC tidak akan cepat panas. Karena jika suhu di bawah 22 derajat celcius kemungkinan seperti terdapat pemborosan suhu dinginnya itulah mengapa nanti mesin AC akan cepat panas.

Jadi tetapkan suhu sesuai dengan kebutuhan kamu di rumah. sesuaikan dengan ruangan jangan terlalu dingin banget, karena itu juga tidak baik untuk kesehatan kamu sendri.

4. Servis Secara Berkala

Jika kamu tidak ingin pusing memikirkan AC yang ada di rumah kamu. Maka kamu bisa mengservisnya sendiri, kamu bisa memanggil tukang servis AC untuk mengecek apakah AC di rumah kamu berjalan lancar atau tidak.

Dengan itu kamu bisa tahu bagian mana yang tidak bagus dan mana yang masih bagus. Kamu juga bisa belajar darinya, jadi jka nanti dipanggil tidak bisa maka kamu bisa memperbaiki sendiri.

Ibarat kamu bisa dapat pengetahuan baru tentang AC. Kamu juga bisa sharing kepada tetangganya atau temanmu tentang merawat AC yang baik dan benar.

Meskipun biaya yang dikeluarkan cukup menguras dompet. Namun yang kamu dapatkan hasilnya memuaskan bukan.

5. Cek Kipas AC

Jika jenis AC kamu yang dipasang di luar rumah, maka kamu perlu mengecek kipasnya. Apakah kipas yang terdapat dalam AC berputar denganbenar, atau memang ada kendala sehingga membuat AC berjalan kurang maksimal.

Tentu ini juga menjadi hal yang penting untuk kita perhatikan. Jika kipas pada AC tidak berjalan dengan baik, maka kamu bisa memanggil tukang servis atau orang sekitar yang bisa memperbaiki kipas AC tersebut.

BACA JUGA : Memilih Merek AC Inverter Terbaik 2024 Untuk Kenyamanan Rumah Anda

Demikian tips merawat merek AC terbaik agar tahan lama dan awet. Jika kamu sudah membaca pada akhir bagian ini maka artinya kamu menyimak sampai selesai. Semoga artikl ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih sudah menyimaknya dan sampai sumpa lagi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: