7 Tips Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Agar Terhindar Dari Bau

7 Tips Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Agar Terhindar Dari Bau

Tips Mudah Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Agar Terhindar Dari Bau-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Kebanyakan orang malas untuk membersihkan merek kulkas terbaiknya, apalagi jika bahan makanan yang tersimpan di dalamnya terlalu banyak.

Kegiatan membersihkan merek kulkas terbaik memang cukup melelahkan, namun hal ini tetap harus kamu lakukan demi kebersihkan dapur kamu.

Agar merek kulkas terbaik yang ada di rumah kamu dapat kembali bersih, kinclong, dan terbebas dari bau tidak sedap, kamu perlu mengetahui dan melakukan beberapa cara berikut.

Untuk membersihkan merek kulkas terbaik, kamu bisa menerapkan langkah mudah ini agar terhindar dari bau.

Berikut 7 tips mudah membersihkan merek kulkas terbaik kamu agar terhindar dari bau :

1. Siapkan alat untuk membersihkan kulkas

Siapkan beberapa alat untuk membersihkan kulkas di antaranya yaitu lap bersih, lap basah, sikat gigi bekas atau spons non-abrasif, sarung tangan, kantong plastik, air hangat, alat semprotan, dan sabun permbersih. Disarankan untuk menggunakan lap pmembersih kain fiber untuk hasil yang maksimal.

2. Keluarkan semua bahan makanan yang ada di dalam kulkas

Cabut stop kontak sebelum mulai membersihkan kulkas untuk menghindari pembuangan energi dan risiko tersetrum saat kamu membersihkan kulkas. Keluarkan semua isi kulkas sampai kosong. Buang bahan makanan yang sudah busuk atau expired.

Khusus untuk makanan beku, kamu bisa menyimpannya di dalam wadah yang berisi es batu untuk menjaga suhunya agar tetap dingin selama kamu membersihkan kulkas. Namun peru diingat, jangan biarkan makanan ada di luar kulkas lebih dari 4 jam.

3. Bersihkan rak dan laci kulkas

Lepas bagian rak dan laci kulkas. Cuci semua rak dan laci kulkas. Laci dan rak yang terbuat dari bahan plastik bisa kamu rendam ke dalam air panas selama 3 menit, lalu cuci dan keringkan menggunakan lap yang bersih.

Untuk rak dan laci yang terbuat dari kaca jangan langsung kamu rendam di dalam air panas. Diamkan terlebih dahulu rak dan laci sampai pada suhu ruang agar tercegah dari retak saat direndam di dalam air panas. Jika sudah dingin, baru kamu cuci lalu keringkan.

BACA JUGA : 9 Tips Membersihkan dan Merawat Merek Kulkas Terbaik Ukuran Mini, Dijamin Lebih Awet

4. Bersihkan Karet Kulkas

Kamu dapat menyikat karet kulkas yang kotor dengan menggunakan sikat gigi yang diberi air sabun. Jika kotoran di karet kulkas cukup membandel, kamu dapat membersihkannya menggunakan soda kue yang dicampur air.

Setelah dicampur, soda kue akan mengental dan jadi pasta. Oleskan pasta soda kue di tempat yang ada kotoran membandelnya, diamkan beberapa saat. Setelah itu sikat menggunakan sikat gigi yang dibasahi air hangat.

5. Bersihkan Karat di Pintu Kulkas

Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan cuka. Caranya tuangkan cuka di  sebuah wadah. Lalu oleskan menggunakan kuas di bagian pintu kulkas yang berkarat. Diamkan kurang lebih 10 - 15 menit untuk membiarkan cuka bereaksi meluruhkan karat. Kemudian, lap karet tadi menggunakan lap yang basah, lalu keringkan dengan menggunakan lap microfiber atau lap kain.

6. Bersihkan bagian luar kulkas

Bersihkan bagian dalam dan luar kulkas dengan menggunakan lap basah yang sudah diperas menggunakan air sabun. Bersihkan kulkas di bagian dalam dan permukaannya serta di bagian luar kulkas.

Lap basah harus diperas dahulu agar air tetesannya tidak jatuh dan merusak mesin. Bersihkan semua bagian sudut kulkas sampai ke bagian sela-sela kulkas yang sulit untuk dijangkau.

Bersihkan bagian luar kulkas dengan menggunakan campuran air dan sabun cuci piring. Lakukan gerakan dari atas ke bawah supayaa semua bagian bersih. Kalau kulkas kamu berbahan stainless steel, gunakan kain yang lembut non-abrasif untuk membersihkannya. Bersihkan pada bagian luar kulkas, lalu keringkan menggunakan lap atau handuk kering.

BACA JUGA : 7 Tips Meningkatkan Kinerja Merek AC Terbaik Secara Cerdas

7. Tata kembali isi kulkas sesuai jenisnya dengan rapi

Cuci dan keringkan dulu tangan kamu, lalu tata kembali semua isi kulkas ke dalam kulas. Pastikan semua rak dan laci benar-benar kering. Kemudian, tata makanan sesuai jenisnya agar terhindar dari kontaminasi silang.

Itulah beberapa tips mudah membersihkan merek kulkas terbaik kamu agar terhindar dari bau. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: