7 Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Merek Kulkas Terbaik

7 Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Merek Kulkas Terbaik

Bunga Es Pada Freezer Kulkas-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Bunga es yang ada di dalam freezer merek kulkas terbaik kamu tentu akan mengganggu performa mesin kulkas, hal ini dapat memakan ruang penyimpanan kulkas hingga mengurangi kemampuan kulkas dalam membekukan makanan.

Banyak orang yang menganggap jika mematikan merek kulkas terbaik dapat mempengaruhi kualitas makanan yang tersimpan di dalamnya. Untuk itu, ada beberapa trik agar terhindar dari masalah tersebut.

Berikut 7 cara membersihkan bunga es tanpa mematikan merek kulkas terbaik :

1. Gunakan air panas

Kamu bisa gunakan air panas dengan cara celupkan kain ke dalam air panas berisi sabun, seka bunga es. Apabila potongan es sudah pecah, buang ke wastafel dan gunakan kain basah untuk mengelap dinding dan lantai merek kulkas terbaik pada freezer.

Bersihkan freezer menggunakan kain microfiber untuk menghilangkan noda yang membandel. Ulangi bagian ini dari pintu, dinding, hingga karet penyekat pintu freezer bersih.

Keringkan freezer menggunakan kain bersih untuk mencegah penumpukan es selanjutnya. Bersihkan laci dan rak sebelum dipasang lagi ke freezer menggunakan air sabun hangat.

Keringkan dan letakkan kembali ke dalam freezer, lalu tutup pintunya.Tunggu 15 menit sampai suhu di dalam freezer turun. Kembalikan makanan yang sudah dikeluarkan sebelumnya.

2. Gunakan hair dryer atau pengering rambut

Metode ini cukup aman dengan catatan kamu perlu menjauhkan kabel dari genangan air dan fokus di satu tempat saja. Jauhkan ujung pengering dari sisi freezer karena paparan panas yang tinggi dapat merusak mesin. Jika perlu, lapisi lantai freezer menggunakan handuk untuk menampung air es yang sudah meleleh.

Lalu, arahkan pengering rambut sejajar dengan dinding freezer supaya esnya dapat mencair. Jika ujung es udah mulai mencair, hembuskan udara panas secara terus menerus pada es dan kamu bisa gunakan pengikis plastik untuk mengambil es dari dinding.

3. Pakai kipas angin

Cara kerja kipas angin dalam mencairkan bunga es pada merek kulkas terbaik tidak jauh berbeda dengan menggunakan hair dryer. Hanya saja, cara ini bisa lebih efektif dilakukan jika suhu di dalam rumah sudah hangat. Pasang kipas di bagian luar freezer dengan pintu terbuka.

Hal ini akan mengalirkan udara hangat yang akan membantu mencairkan bnga es dengan lebih cepat. Penggunaan kipas angin mungkin membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan menggunakan alat pengering rambut.  Durasi metode ini tergantung pada ketebalan bunga es yang menempel di kulkas kamu.

BACA JUGA : 5 Langkah Membersihkan dan Merawat Merek Kulkas Terbaik Ukuran Mini Dengan Benar

4. Panaskan spatula berbahan logam yang panas

Namun metode ini cukup berbahaya sehingga kamu harus berhati-hati ketika melakukannya. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu pakai sarung tangan oven dan pegang spatula berbahan logam, lalu panaskan di atas api.

Kemudian, tempelkan spatula pada bunga es supaya cepat mencair. Cara ini sebenarnya cukup berbahaya sebab berisiko menyebabkan luka bakar ataupun merusak kulkas kamu.

5. Gunakan kain hangat dan rubbing alcohol

Kain yang sudah dicelupkan dengan air hangat dapat membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas. Namun, cara ini akan lebih efektif jika menggunakan larutan alkohol. Caranya celupkan lap ke dalam air mendidih, lalu tuangkan alkohol di atasnya.

Kemudian lap bunga es menggunakan kain tersebut. Fokus pada potongan kecil pada bagian tepi freezer sehingga bunga es bisa mencair dengan cepat. Cara ini cenderung lebih efektif jika diaplikasikan pada lapisan yang tipis dibandingkan pada bongkahan es yang besar.

6. Pakai alat pengikis es

Cara ini cukup aman, kamu hanya perlu menggunakan alat pengikis es, spatula plastik, ataupun sendok kayu. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya luka pada diri sendiri dan merusak dinding freezer. Namun, cara ini akan lebih maksimal saat digunakan bersama cara di atas.

7. Gunakan vacuum cleaner

Kamu perlu memilih noozle yang ujung penyedot debunya dengan ukuran paling kecil.  Lalu kamu dapat menyedot bunga es mulai dari atas sampai bawah dan menutupi seluruh permukaan. Kamu tetap harus berhati-hati saat menggunakan cara ini karena bisa berisiko tersengat listrik.

Jenis vacuum cleaner yang cocok digunakan untuk mencairkan bunga es yaitu yang dapat berfungsi di permukaan yang basah ataupun kering (Wet/Dry). Apabila es telah mencair, ganti dengan mode vacuum untuk menyedot es dan air. Ulangi hal tersebut sampai semua bagian freezer kering.

Itulah beberapa cara membersihkan bunga es tanpa mematikan merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: