7 Cara Ampuh Membersihkan Bunga Es Pada Merek Kulkas Terbaikmu

7 Cara Ampuh Membersihkan Bunga Es Pada Merek Kulkas Terbaikmu

Penumpukan Bunga Es Pada Freezer Kulkas-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Penting untuk membersihkan bunga es pada merek kulkas terbaikmu secara rutin. Apalagi jika kamu suka menyimpan makanan beku atau es batu di dalam freezer.

Jika bunga es pada merek kulkas terbaik tidak dibersihkan, bunga es dapat merusak lapisan anti lengket di freezer yang menyebabkan proses pembekuan es jadi tidak sempurna.

Bunga es pada merek kulkas terbaik juga dapat menyerap bau dari bahan-bahan yang kamu simpan di dalam freezer. Seperti bau amis pada ikan.

Bahkan, jika kamu sudah menyingkirkan ikan tersebut, baunya masih tetap menempel pada bunga es. Jadi, segera bersihkan jika bunga es pada merek kulkas terbaikmu menumpuk dan bau.

Berikut 7 cara ampuh membersihkan bunga es pada merek kulkas terbaikmu :

Sebelum membersihkan bunga es di dalam merek kulkas terbaik kamu, siapkan beberapa alat, di diantaranya yaitu pisau, pemecah es, sabun cuci piring, lap, pemutih. Berikut langkah-langkah membersihkannya :

1. Cabut colokan kulkas dari stop kontak

Langkah awal sebelum membersihkan bunga es yaitu matikan kulkas dan mencabut colokannya terlebih dahulu. Kamu tidak perlu khawatir, hal ini tidak akan menyebabkan bahan makanan atau isi di dalam kulkas jadi rusak.

Hal ini juga penting dilakukan supaya kulkas tidak menghasilkan bunga es ketika kamu membersihkannya dan mencegah kotoran untuk masuk ke tempat yang tidak seharusnya.

2. Lepaskan cetakan es

Setelah mencabut colokan kulkas, pastikan kamu keluarkan cetakan es yang terdapat di dalam freezer. Kemudian buang esnya kamu taruh di wastafel dan pecahkan gumpalan es yang menempel dengan menggunakan pisau atau pemecah es.

3. Bersihkan bunga es

Untuk membersihkan bunga es, kamu bisa gunakan air hangat dan pemecah es untuk menghilangkan serpihan es yang sudah menumpuk. Sebaiknya kamu jangan gunakan benda yang tajam ketika akan membersihkan bunga es di dalam kulkas, karena dapat merusak freezer atau bagian kulkas lainnya yang sedang kamu bersihkan.

BACA JUGA : 9 Tips Membersihkan dan Merawat Merek Kulkas Terbaik Ukuran Mini, Dijamin Lebih Awet

4. Bersihkan freezer

Sebelum membersihkan freezer kulkas, siapkan air hangat dan sabun cuci piring dan campurkan ke dalam ember atau wadah lainnya. Setelah itu, kamu celupkan lap ke dalam air sabun lalu bersihkan freezer kulkas. Kamu bisa gunakan sikat gigi untuk menjangkau di bagian dalam freezer.

Apabila sudah lama bunga es tidak dibersihkan, kamu dapat mendisinfeksi dengan menggunakan sedikit pemutih. Caranya yaitu campurkan 1 sendok makan pemutih untuk satu galon air.

Setelah selesai, kamu gunakan lap kering untuk menghilangkan sabun dan air yang tertinggal di dalam freezer. Kamu juga perlu mencuci cetakan es dengan menggunakan air sabun, lalu bilas dengan baik dan benar.

Apabila kamu tidak yakin menggunakan pemutih untuk membersihkan freezer kulkas, kamu bisa mencampurkan cuka dan air hangat dengan takaran 1: 1. Meskipun tidak bisa untuk membunuh kuman sebanyak pemutih, namun ini dapat dilakukan sebagai alternatif yang lebih alami.

5. Pastikan freezer dan cetakan es mengering

Biarkan agar semua bagian freezer dan cetakan es mengering sebelum dimasukkan kembali ke dalam freezer. Karena jika tidak dibiarkan mengering, kelembapan yang tersisa dapat membuat freezer tidak bekerja dengan baik, serta bisa membuat beberapa bagian kulkas jadi retak. Jadi, pastikan untuk mengelap freezer sampai benar-benar kering untuk memastikan bahwa tidak ada genangan air yang tersisa. 

6. Pasang cetakan es

Setelah freezer dan cetakan es sudah benar-benar kering, kamu dapat memasukkan kembali cetakan es ke dalam freezer kulkas.

BACA JUGA : Simak 7 Tips Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

7. Colokan kulkas ke stop kontak

Setelah semuanya sudah selesai, colokkan kembali kulkas pada stop kontak, kemudian nyalakan kulkas kembali.

Itulah beberapa cara ampuh membersihkan bunga es pada merek kulkas terbaikmu. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: