Simak 7 Tips Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

Simak 7 Tips Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

Tips Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Yang Benar-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik menjadi salah satu perlengkapan dapur yang banyak dimiliki setiap rumah tangga. Pasalnya, kulkas ini memiliki fungsi menyimpan bahan makanan atau minuman agar tahan alam.

Merek kulkas terbaik sangat dibutuhkan oleh banyak orang saat ini supaya lebih praktis dan tidak perlu bolak balik pasar untuk membeli bahan makanan.

Merek kulkas terbaik perlu dirawat dengan benar. Salah satunya dengan cara membersihkan secara rutin. Kamu dapat meluangkan waktu untuk ini karena cukup menguras tenaga.

Namun,membersihkan merek kulkas terbaik tidak bisa sembarangan, sebab jika asal membersihkan maka bisa merusak kulkas.

Berikut 7 tips membersihkan merek kulkas terbaik yang benar :

1. Keluarkan Semua Isi Kulkas

Keluarkan semua bahan makanan, minuman, dan snack yang ada di dalam kulkas. Sambil membiarkan bunga es mencair. Gunakan 3M Multi Purpose Gloves Size S M L ID 85 yaitu merupakan sarung tangan serbaguna terbuat dari karet sehingga kotoran tidak tembus ke tangan.

Permukaanya yang lembut dan anti slip. Cocok bagi kamu yang ingin membersihkan kulkas namun risih jika memegang barang yang kotor. Membersihkan kulkas menyeluruh disarankan 2 - 3 bulan sekali.

2. Lepas Sekat Di Dalam Kulkas

Lepas semua sekat dan rak pintu, lalu cuci menggunakan air mengalir, atau bisa tambahkan sabun pencuci yang ampuh jika terdapat kotoran membandel yang sudah mengeras. Jangan menggosok pada bagian yang sulit untuk dihilangkan kotorannya dengan menggunakan kawat, karena bisa membuat rak dan sekat kulkas jadi baret.

Kamu bisa gunakan Mr. Bagus Magic Sponge 3 Pcs yaitu merupakan sponge super lembut yang dapat digunakan untuk membersihkan rak dan sekat kulkas. Sehingga tidak akan ada baret ketika kamu membersihkannya. Setelah dicuci, keringkan terlebih dahulu sekat dan rak kulkas. Karena jika lembab bisa membuat kulkas jadi bau apek.

3. Bersihkan Saluran Drainase

Bersihkan saluran drainase di dalamnya. Saluran drainase adalah lubang pembuangan yang berukuran kecil, biasanya ada di bagian belakang kulkas. Caranya kamu bisa gunakan cotton bud atau sedotan. Masukkan ke dalam saluran, lalu gosok-gosok sampai semua kotoran yang menempel terdorong keluar. Saluran drainase perlu dibersihkan dengan rutin, jika dibiarkan begitu saja lama-lama kotoran akan menumpuk dan menyumbat dan membuat kulkas jadi cepat rusak.

BACA JUGA : 10 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Begini Cara Mengatasinya

4. Lap Bagian Dalam dan Luar Kulkas

Padtikan dinding dan dasar kulkas bersih. Kamu dapat mengelap bagian dinding dan dasar baik di bagian luar maupun dalam dari noda bumbu akan melekat di dinding kulkas.

Gunakan Bagus Micromate Kain Lap Serbaguna 2 Pcs Tipe 30 yaitu merupakan lap serbaguna yang terbuat dari microfiber dengan serat sangat halus sehingga tidak menimbulkan noda goresan setelah kamu membersihkan perkakas dapur.

Agar lebih bersih kamu bisa gunakan juga Mr. Muscle Kitchen Lemon Pouch 800 ml, pembersih segala peralatan dapur yang dapat digunakan untuk kulkas.Caranya, tinggal semprot saja dan lap menggunakan Bagus Micromate Kain Lap Serbaguna. Lap dan bersihkan sampai bagian pojok yang sulit dijangkau. Kamu harus menggunakan baking soda jika noda benar-benar membandel dan sulit untuk dihilangkan.

5. Pastian Bagian Kondensor Bersih

Biasanya kulkas memiliki koil kondensor yang semakin lama tidak dibersihkan maka debu di dalamnya akan menumpuk dan mengurangi kerja kulkas dan membuat jadi tidak efisien.  Caranya bisa menggunakan vacuum cleaner. Sehingga debu benar-benar bersih tanpa sisa. Sebelum membersihkan kondensor pastikan kulkas dalam kondisi mati dan pastikan kondisi kondensor sudah dingin.

6. Hilangkan Bau Kulkas dengan Bahan Alami

Bahan-bahan alami di rumah seperti ampas kopi, ekstra vanili, kentang,dan sebagainya. Caranya cukup menaruhnya terbuka, misalnya ampas kopi kamu dapat menaruhnya di dalam mangkuk lalu masukkan ke dalam kulkas.

7. Nyalakan kulkas dan Isi Secara Bertahap

Setelah semua benar-benar bersih dan kering, hidupkan kembali kulkas kamu dan jangan langsung mengisi bahan makanan sampai penuh.  Biarkan sampai suhunya dingin, kemudian mengisinya. Mengisi kulkas harus bertahap, karena apabila kulkas langsung diisi dengan penuh setelah dimatikan akan membuat kerja pendinginnya jadi sangat berat alhasil kulkas jadi lebih cepat rusak.

Itulah beberapa tips membersihkan merek kulkas terbaik yang benar. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: