15 Tips Menghemat Listrik Merek AC Terbaik, Dijamin Ampuh Dan Mudah Dilakukan

15 Tips Menghemat Listrik Merek AC Terbaik, Dijamin Ampuh Dan Mudah Dilakukan

Tips Menghemat Listrik Merek AC Terbaik, Dijamin Ampuh Dan Mudah Dilakukan-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Jika kamu rutin menggunakan merek AC terbaik untuk menyejukkan suasana kamar atau ruangan kamu, biasanya penggunaan listrik akan bengkak. Tapi bukan berarti kamu harus terima jika tagihan listrik akan besar.

Seperti alat elektronik lainnya, kita juga bisa kamu juga dengan mudah melakukan beberapa hal untuk menghemat listrik merek AC terbaik kamu, sehingga bukan hanya mendapat manfaat dari AC, kamu juga bisa mengurangi biaya listrik rumah kamu.

Berikut 15 tips menghemat listrik merek AC terbaik :

1. Jangan sering menyala dan mematikan AC

Saat merek AC terbaik menyala, beban kompresor sedang berat dan jika sering mematikan dan menyalakan AC, daya yang dibutuhkan akan lebih besar. Jadi, jika kamu merasa kedinginan, daripada mematikan AC lebih baik naikkan suhunya dan atur kekuatan hembusan kipas.

2. Gunakan timer jika sering menggunakan AC untuk tidur

Jika kamu merupakan tipe orang yang suka kedinginan jika AC terlalu lama menyala, fitur timer ini sangat membantu. Kamu bisa menggunakan fitur timer untuk mematikan AC kira-kira 1 jam sebelum bangun dari tidur. Hal ini dapat menghilangkan faktor human error saat kamu lupa mematikan AC dan buru-buru pergi.

3. Naikkan suhu 1 derajat Celsius dari suhu biasanya

Suhu yang rendah suhu, kerja kompresor AC akan semakin berat, hal ini bisa membuat AC lebih boros dan kompresor AC jadi tidak awet. Kamu bisa menaikkan suhu 1 derajat celcius dari suhu biasanya yang kamu pakai, misal dari 18 derajat celcius ke 19 derajat celcius. Hal ini dapat menghemat listrik hingga 10%.

4. Suhu jangan di bawah 22 derajat Celsius

Jika kamu menyalakan AC di suhu 16 derajat, AC akan bekerja dengan berat. Menyalakan AC di suhu 22 derajat Celsius sebenarnya cukup sejuk bagi mayoritas orang.

5. Pastikan PK AC sudah tepat

Jika PK AC terlalu rendah, kompresor AC akan terus menerus bekerja, hal ini membuat AC kurang awet. Jika AC tidak awet, maka kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk servis AC. Sedangkan hal ini sangat kontradiktif untuk menghemat uang dengan menghemat listrik.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Dengan Mudah Dan Cepat

6. Pastikan AC sering dibersihkan dan diservis

AC yang kotor dan rusak jelas sangat tidak efisien dalam bekerja dan membuatnya lebih boros. Tabung sedikit uang untuk merawat merek AC terbaik kamu agar untuk kedepannya tidak boros.

7. Bersihkan ruangan dari debu

Meskipun AC rutin dibersihkan, jika ruangannya kotor dan berdebu tentu membuat AC lebih cepat kotor dan membuat kamu harus sering membersihkan AC. Sebaiknya luangkan waktu dan tenaga kamu untuk membersihkan ruangan yang kotor dan berdebu sehingga AC jadi lebih hemat dan awet.

8. Jangan terlalu sering membuka tutup pintu

Jika pintu ruangan terlalu sering dibuka tutup maka AC perlu bekerja dengan keras untuk mengembalikan suhu yang naik disebabkan udara panas dari luar yang masuk ke dalam. Jika AC dipasang di kantor, mungkin kamu dapat memakai penutup pintu otomatis sehingga pintu tidak lupa untuk ditutup yang membuat ruangan tidak dingin.

9. Pastikan ruangan tertutup agar udara luar tidak masuk ke dalam

Jika kamu menggunakan AC, pastikan ruangan benar-benar tertutup dengan rapat sehingga penggunaan AC akan lebih efisien dan hemat energi.

10. Gunakan mode dry saat musim hujan

Saat musim hujan, ganti AC dari mode cool ke dry. Mode ini akan bertugas menyerap kelembaban udara tanpa mengurangi rasa sejuk pada ruangan. Pada mode dry, kipas AC akan berputar dengan lebih lambat dan stabil, hal ini membuat konsumsi daya listriknya jadi lebih rendah.

11. Gunakan mode sleep saat tidur

Pada malam hari saat kamu tidur, suhu tubuh akan turun dengan sendirinya. Maka dari itu, saat mode sleep dinyalakan, kecepatan kipas akan menurun dan mengatur otomatis, sehingga AC akan lebih hemat energi.

BACA JUGA : 7 Tips Membuat Merek AC Terbaikmu Jadi Lebih Cepat Dingin, Simak Sampai Selesai

12. Gunakan AC jenis inverter

AC berteknologi inverter mempunyai kompressor lebih canggih dan bisa secara otomatis menurunkan dan menambahkan beban kompressor mengikuti kondisi di dalam dan di luar ruangan. Saat malam hari, kerja kompressor akan sangat minimal, dan ketika siang hari kerja kompressor akan normal.

13. Gunakan AC bersensor manusia

Beberapa merek AC terbaik keluaran terbaru biasanya dilengkapi sensor manusia atau sensor gerak, sehingga saat ruangan kosong, AC akan menurunkan kerjanya, dan saat AC mendeteksi gerakan atau manusia, AC akan langsung menaikkan kerjanya supaya suhunya sesuai dengan yang diinginkan.

Hal ini tentu sangat cerdas dan membuat AC lebih efisien dan kamu tidak perlu repot menurunkan suhu ataupun mematikan AC secara manual.

14. Jangan langsung menyalakan AC saat baru dimatikan

Hal ini dapat menyebabkan kompresor AC cepat rusak karena oli dan freon belum kembali lagi ke kompresor secara penuh.

15. Tutup gorden supaya sinar matahari tidak masuk

Jika ada cahaya matahari masuk lewat jendela, suhu ruangan akan jadi panas, hal ini yang akan membuat  AC bekerja lebih berat dari seharusnya. Biasakan untuk menutup ruangan agar cahaya matahari tidak menembus dan menghangatkan ruangan.

Itulah beberapa tips menghemat listrik merek AC terbaik, dijamin ampuh dan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: