8 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin, Begini Cara Mengatasinya

8 Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab Merek AC Terbaik Tidak Dingin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Untuk mengatasi cuaca panas dan suhu ruangan yang tidak bersahabat, banyak orang menggunakan merek AC terbaik untuk memberikan suasana yang sejuk.

Meski begitu, pemilihan merek AC terbaik tidak bisa sembarangan, karena memilih AC yang salah dapat menyebabkan AC cepat rusak.

Nantinya kamu akan menemukan masalah-masalah yang timbul akibat penggunaan merek AC terbaik, seperti kebocoran AC ataupun AC yang tidak dingin.

Jika merek AC terbaik tidak dingin, mungkin ada beberapa penyebab AC tidak menjalankan tugasnya dengan optimal. Kamu juga harus segera mengatasi hal tersebut agar tidak semakin parah.

Berikut 8 penyebab merek AC terbaik tidak dingin :

1. Kerusakan atau kehabisan freon

Terjadinya kerusakan atau kehabisan freon menjadi salah satu penyebab yang umum AC tidak dingin. Karena pada dasarnyaperan freon sangat dibutuhkan untuk AC dapat berfungsi dengan baik.

Jadi saat kamu merasa AC tidak dingin, kamu dapat mengecek langsung di bagian freon AC. Segera hubungi bengkel resmi AC untuk menangani jika terjadi kerusakan atau kehabisan freon.

2. Kondensor mengalami kerusakan

Kondensor merupakan bagian dari AC untuk membuang suhu panas hasil kerja kompresor. Pada dasarnya kondensor ini perlu dibersihkan secara rutin agar kebersihannya tetap terjaga. Sehingga tidak ada bagian dari kondensor yang kotor yang menyebabkan tidak berfungsi dengan efisien.

3. Besaran PK tidak sesuai

Ukuran PK AC sangat berpengaruh dalam hal membuat ruangan jadi dingin. Karena jika besaran PK tidak sesuai akan membuat dingin ruangan jadi tidak maksimal. Misal PK kecil namun ruangannya sangat luas, maka AC tidak akan bisa membuat ruangan jadi dingin.

4. Ampere kompresor melebihi batas

Ampere di bagian kompresor AC yang sudah melebihi batas normal tidak bisa membuat ruangan jadi dingin. Kompresor yang melemah menunjukkan bahwa sudah terjadi penurunan pada kinerja AC. Sehingga kamu harus segera mengganti AC baru untuk ruangan kamu.

BACA JUGA : 6 Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak

5. Kondisi ruangan tertentu

Ada beberapa kondisi ruangan yang jadi penyebab AC jadi tidak dingin, seperti bagian ruangan yang terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat suhu ruangan jadi meningkat dan membuat kinerja AC tidak optimal.

6. Pintu dan jendela banyak terbuka

Ketika sedang menggunakan AC, kamu harus menutup rapat-rapat pintu dan jendela agar suhu ruangan lebih terjaga dan tidak ada angin panas yang ikut masuk. Apabila ingin menyalakan AC, pastikan tidak ada banyak pintu dan jendela yang terbuka, agar fungsi AC bisa lebih optimal.

7. Pengaturan di remote AC

Untuk udara dingin dan sejuk, arahkan pengaturan remote AC ke mode cool atau tanda bintang. Jangan ke mode dry, karena mode ini hanya membuat fan motor saja yang menyala. Sehingga unit outdoor tidak bisa kiriman arus listrik dan membuat AC tidak dingin.

8. Filter yang kotor

Filter merupakan bagian AC yang berfungsi menyaring kotoran yang ada di dalam udara AC. Kamu dapat membersihkannya sendiri supaya AC dapat bekerja secara optimal, sehingga ruangan akan jadi dingin.

Berikut cara mengatasi merek AC terbaik tidak dingin :

1. Membersihkan dan lakukan perawatan AC secara rutin dan berkala

Bersihkan bagian AC yang dapat dibersihkan secara rutin dan berkala, sehingga AC dapat berfungsi secara optimal, seperti pada bagian filter dan kondensor. Jangan lupa cek ketersediaan freon, atau mengecek bagian-bagian lain  mungkin bisa terjadi kerusakan.

BACA JUGA : 10 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Begini Cara Mengatasinya

2. Pastikan pasang AC yang tepat

Sebelum memasang merek AC terbaik, pastikan ukuran PK sesuai dan kondisi ruangan harus sesuai, fitur yang ada di AC juga harus sesuai dengan kebutuhan sehingga sudah benar-benar tepat dalam segi ukuran ruangan, dan fitur yang tersedia.

3. Pahami pengaturan AC

Sebisa mungkin kamu baca terlebih dahulu bagaimana cara pengaturan AC sehingga kamu bisa menggunakannya secara optimal dan efisien sehingga mampu membuat ruangan dingin. Pada menggunakan AC,  hindari membuka pintu dan jendela dan tidak membiarkan AC menyala saat sedang tidak digunakan.

Itulah beberapa penyebab merek AC terbaik tidak dingin dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: