6 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu, Dijamin Anti Boros Listrik

6 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu, Dijamin Anti Boros Listrik

Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Boros Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Dibandingkan dengan merek kulkas terbaik 1 pintu memiliki kapasitas yang kecil, merek kulkas terbaik 2 pintu sering identik karena penggunaan listriknya yang cukup besar menjadikan kapasitasnya kulkas juga bertambah.

Karena fungsi merek kulkas terbaik 2 pintu untuk menyimpan bahan makanan agar awet dengan lebih lama, kulkas harus beroperasi selama 24 jam penuh setiap hari tanpa dimatikan. Kecuali pada saat merek kulkas terbaik 2 pintu akan dibersihkan.

Hal tersebut yang membuat merek kulkas terbaik 2 pintu menjadi salah satu perabot rumah tangga yang menggunakan banyak daya listrik.

Berikut 6 tips merawat merek kulkas terbaik 2 pintu agar tidak boros listrik :

1. Perhatikan Peletakkan Kulkas

Usahakan letakkan kulkas dengan posisi yang tidak menempel di dinding dengan memberi jarak minimal 10 cm sampai 15 cm dengan dinding, dan sekitar 30 cm dengan langit-langit agar kulkas memiliki ruang yang cukup untuk mengeluarkan udara panas.

Kulkas yang cepat panas akan membuat beban kerjanya semakin berat dan membuat daya listrik untuk beroperasi juga lebih banyak. Jangan pernah meletakkan kulkas di ruangan yang sempit dan terpapar sinar matahari secara langsung, ataupun di dekat dengan barang yang mengeluarkan panas.

2. Atur suhu kulkas dengan tepat

Atur suhu kulkas 2 pintu sesuai dengan kebutuhan, idealnya yaitu 1,5-3 derajat Celcius, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu hangat untuk makanan. Untuk freezer suhunya sekitar -15 derajat Celsius. Hindari mengatur suhu terlalu rendah, kecuali jika kulkas tidak terisi penuh. Hindari juga mengatur suhu terlalu dingin karena akan memberatkan kinerja kompresornya.

3. Atur isi kulkas jangan sampai penuh

Atur isi kulkas jangan terlalu penuh, karena akan menutup aliran udara dingin yang mengganggu sirkulasi udara dan membuat kompresor kulkas bekerja lebih berat serta akan menyedot banyak listrik.

Kulkas yang kosong akan memiliki lebih banyak ruang untuk udara hangat masuk ke dalam saat kulkas dibuka, sehingga energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan udara hangat yang masuk akan lebih banyak.

Kamu bisa mengisinya dengan beberapa botol air, karena air dingin dapat membantu mempertahankan suhu dingin di dalam kulkas sehingga energi yang dikeluarkan lebih kecil.

BACA JUGA : Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin, Begini Cara Memperbaikinya

4. Makanan dan minuman yang dimasukkan ke kulkas dalam kondisi tidak panas.

Jangan langsung menyimpan makanan dan minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Tunggu beberapa saat sampai makanan atau minuman dingin. Menyimpan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas bisa berdampak pada suhu dalam kulkas sehingga proses pendinginan akan semakin berat dan membutuhkan daya listrik lebih banyak.

5. Selalu tutup rapat pintu kulkas

Pastikan pintu kulkas agar selalu tertutup rapat setiap kali selesai mengambil makanan dari dalam kulkas. Pintu kulkas yang tertutup rapat dapat membuat suhu dingin lebih cepat. Sering membuka pintu kulkas terlalu lama bisa menyebabkan lonjakan daya listrik. Kompresor dipaksa bekerja ekstra untuk menurunkan udara hangat dari luar sampai mencapai suhu kulkas.

6. Rutin bersihkan kulkas

Membersihkan merek kulkas terbaik secara rutin akan menghindari kulkas dari kotoran serta bau tidak sedap, dan bisa menghemat listrik. Kamu bisa membersihkan rak dan bodi kulkas menggunakan air hangat dengan baking soda. Bunga es yang menumpuk juga harus dicairkan secara rutin, baik dengan menggunakan tombol defrost ataupun pendinginan manual.

Penumpukan bunga es bisa menutup jalur keluar pendistribusian udara dingin di dalam kulkas yang akan membuat kinerja kulkas menjadi berat dan konsumsi energinya juga jadi lebih besar. Kamu bisa mencegah timbulnya kemunculan bunga es pada kulkas dengan cara mengurangi membuka tutup kulkas.

Itulah beberapa tips merawat merek kulkas 2 pintu agar tidak boros listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: