5 Tips Memaksimalkan Kinerja Freezer Merek Kulkas Terbaik

5 Tips Memaksimalkan Kinerja Freezer Merek Kulkas Terbaik

Tips Memaksimalkan Kinerja Freezer Merek Kulkas Terbaik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Untuk menyimpan persediaan berbagai bahan makanan di rumah, biasanya kamu menggunakan merek kulkas terbaik. Peralatan elektronik dapur ini kebanyakan dijual bersama dengan freezer. Perbedaan keduanya dapat terlihat jelas dari suhu udara yang dihasilkan.

Freezer akan menghasilkan suhu lebih dingin dibanding kulkas sehingga pada bagian ini sering digunakan untuk membekukan bahan makanan. Freezer merek kulkas terbaik mempunyai cara perawatan dan penggunaan yang berbeda dibanding kulkas.

Apabila kamu dapat menggunakannya dengan teknik yang benar, maka freezer merek kulkas terbaik akan bekerja lebih maksimal dan awet. Oleh karena itu, beberapa tips bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan kinerja freezer merek kulkas terbaik untuk menyimpan bahan makanan agar awet.

Berikut 5 tips memaksimalkan kinerja freezer merek kulkas terbaik :

1. Jangan letakkan freezer di dekat kompor

Hindari menaruh freezer di dekat kompor gas atau kompor listrik karena dapat menghambat kinerjanya. Suhu panas yang dihasilkan oleh kompor ataupun benda lain yang menghasilkan panas bisa membuat freezer ini harus mengeluarkan usaha tambahan untuk mempertahankan suhu dingin di dalamnya.

Apabila hal itu terus terjadi akan membuat freezer cepat rusak. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan lemari pembeku ini sejauh mungkin dari kompor atau barang yang menghasilkan panas lainnya. Hal ini berlaku juga pada merek kulkas terbaik, karena jika dibiarkan, kulkas bisa tidak dingin lagi.

2. Atur posisi peletakkan makanan

Mengatur posisi bahan makanan di dalam freezer secara rapi akan memudahkan kamu saat akan mengambilnya. Udara panas yang masuk juga lebih sedikit karena kamu tidak perlu banyak waktu mengambil bahan makanan di dalam freezer. Sehingga, lemari pembeku ini dapat bekerja dengan lebih efisien.

3. Simpan bahan makanan di dalam wadah tertutup

Terkadang kita sering menyimpan bahan makanan dalam wadah yang terbuka atau kantung plastik biasa saat akan disimpan ke dalam freezer ataupun kulkas. Ternyata cara seperti itu salah, Seharusnya, bahan makanan sebelum dimasukkan ke dalam freezer harus dimasukkan ke dalam wadah tertutup dahulu seperti kotak makanan atau plastik klip yang seukuran, hal itu agar makanan lebih awet dan bisa tertata lebih rapi.

Pisahkan satu jenis makanan dengan lainnya. Simpan daging sapi, unggas, dan ikan di bawah freezer. jika kamu ingin membekukan pisang, kupas kulitnya dulu. Lalu masukkan ke dalam wadah tertutup. Apabila kamu menyimpan pisang bersama dengan kulitnya, kulit itu tidak tahan dengan udara dingin dan akan membuat pisang lebih cepat busuk.

Untuk menyimpan sisa lauk, simpan juga di dalam kotak makanan. Sebelum  disimpan, panaskan sisa makanan terlebih dulu, letakkan dalam wadah, tunggu sampai dingin, lalu tutup wadah tersebut dan masukkan ke dalam freezer.

BACA JUGA : 9 Tips Merawat Freezer Merek Kulkas Terbaik di Rumah, Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

4.  Jangan khawatir jika isi freezer sudah penuh

Freezer yang penuh dengan bahan makanan terkadang membuat bahan makanan jadi tidak beku. Kamu tidak perlu khawatir, karena freezer yang terisi penuh justru dapat mempertahankan suhu dingin dengan lebih baik daripada freezer yang kosong.

Saat pintu freezer sedang dibuka, makanan beku ini dapat membantu freezer mempertahankan suhu dingin sehingga lemari pembeku ini akan tetap dalam kondisi dingin meski udara panas masuk kedalam freezer. Tetapi, jangan terlalu banyak memasukkan bahan makanan ke dalam freezer. Berikan celah agar sirkulasi udara dingin tetap lancar.

5.  Atur Freezer di suhu -18°C

Bahan makanan harus disimpan di dalam freezer pada suhu -18°C, suhu tersebut diyakini sebagai suhu yang paling sesuai untuk membekukan bahan makanan. Sehingga bakteri tidak akan berkembangbiak di suhu tersebut, namun ada kemungkinan bakteri tetap dapat hidup jika sebelumnya bakter sudah menempel pada makanan.

Apabila freezer milik kamu tidak terpasang termometer, kamu bisa membeli termometer khusus dan pasang pada posisi yang memudahkan kamu untuk membacanya. Jangan lupa mengecek suhu di dalam freezer setidaknya 1 minggu sekali.

Itulah beberapa tips memaksimalkan kinerja freezer merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: