Begini Cara Mengatur Suhu AC Agar Tidak Terlalu Dingin, Tidur Jadi Lebih Nyaman

Begini Cara Mengatur Suhu AC Agar Tidak Terlalu Dingin, Tidur Jadi Lebih Nyaman

Cara Mengatur Suhu AC Agar Tidak Terlalu Dingin--google.com

4. Naikkan Suhu AC Saat Tidur

Sebelum tidur, disarankan untuk menaikkan suhu AC sekitar 2-3 derajat Celsius dari suhu yang biasa Anda anggap nyaman saat terjaga. Misalnya, jika Anda merasa nyaman dengan suhu 20 derajat Celsius saat terjaga, maka naikkan suhu AC menjadi 22-23 derajat Celsius saat tidur.

Ini akan membantu menjaga kenyamanan tidur Anda dengan mempertimbangkan bahwa suhu tubuh cenderung turun saat tidur.

5. Atur Suhu Awal dengan Bijak

Saat menyalakan AC, hindari langsung mengatur suhu ke level terendah. Meskipun rentang pengaturan AC umumnya berkisar antara 16 hingga 30 derajat Celsius, sebaiknya jangan langsung menurunkan suhu hingga 16 derajat Celsius saat pertama kali dinyalakan.

Idealnya, selisih antara suhu luar ruangan dan suhu di dalam ruangan sebaiknya tidak lebih dari 10 derajat Celsius. Berikan waktu kepada AC untuk menurunkan suhu secara perlahan.

Mulailah dengan suhu yang nyaman, misalnya 26 atau 28 derajat Celsius, dan turunkan suhu lebih rendah jika diperlukan setelah beberapa saat. Mengatur suhu AC secara bertahap juga membantu tubuh beradaptasi dengan perubahan suhu.

BACA JUGA : 7 Daftar Merek AC Terbaik, Diklaim Ramah Lingkungan, Cek Lengkapnya Disini

6. Atur Putaran Kipas menjadi Maksimal

Kecepatan kipas pada AC juga dapat mempengaruhi suhu ruangan. Kamu bisa mengatur putaran kipas atau kecepatan fan menjadi maksimal untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan.

Dengan kecepatan kipas maksimal, suhu ruangan menjadi lebih stabil karena tidak ada area yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Pastikan embusan udara dingin tidak langsung mengenai tubuh untuk menghindari masalah kesehatan. Kamu bisa menggunakan penutup AC atau AC cover yang berfungsi untuk menghalau embusan udara dingin secara langsung.

7. Gunakan Timer untuk Mematikan AC

Beberapa orang mungkin khawatir terkena masuk angin jika menggunakan AC sepanjang malam, sehingga mereka lebih memilih mematikannya sebelum tidur.

Namun, AC modern dilengkapi dengan fitur timer yang memungkinkan kamu mengatur berapa lama AC akan beroperasi. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu khawatir terbangun di tengah malam untuk mematikan AC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: