Simak 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Mudah Rusak

Simak 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Agar Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Merk Kulkas Terbaik Agar Tidak Mudah Rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Apabila merek kulkas terbaik kamu sering rusak tanpa sebab ataupun kurang dingin, mungkin terdapat beberapa kesalahan yang secara tidak sengaja kamu lakukan.

Untuk menghindari hal tersebut dan membuat kulkas tetap awet, kamu perlu merawat merek kulkas terbaik kamu agar tidak mudah rusak.

Merek kulkas terbaik merupakan barang elektronik yang perlu dirawat dengan rutin. Jika merawat kulkas dilakukan dengan asal-asalan, maka kulkas akan mudah rusak dan tidak akan dingin lagi.

Selain mencegah kulkas dari bakteri, menjaga merek kulkas terbaik supaya  tetap bersih juga dapat membuat kulkas awet dan tidak boros energi.

Berikut 7 tips merawat merek kulkas terbaik agar tidak mudah rusak :

1. Isi kulkas secukupnya

Makanan yang disimpan di dalam kulkas harus diisi dengan secukupnya. Jangan mengisi makanan dengan berlebihan, karena akan menyebabkanadanya kontaminasi bakteri.

Hindari menyimpan botol minuman terlalu banyak alias berlebihan di dalam kulkas. Karena bisa menyebabkan kulkas rusak akibat beban yang terlalu berat dan pintu kulkas jadi tidak bisa tertutup rapat.

2. Tutup rapat pintu kulkas

Pintu kulkas yang tidak tertutup dengan rapat bisa membuat kulkas rusak secara perlahan, karena memang pintu kulkas harus tertutup rapat. Selain bisa menghemat listrik, hal ini dilakukan agar makanan dan minuman akan lebih dingin.

Jika pintu kulkas tertutup dengan rapat, maka kotoran yang tertiup angin dari luar tidak akan masuk ke dalam kulkas, sehingga tidak akan mencemari makanan yang tersimpan di dalam kulkas.

3. Rutin bersihkan Freezer kulkas

Bersihkan bunga es yang menumpuk sangat banyak pada freezer secara rutin agar suhu kulkas tetap terjaga. Hindari mengikis bunga es pada freezer dengan enggunakan pisau, karena dapat menyebabkan rusaknya lapisan freezer pada kulkas dan bisa menimbulkan kulkas bocor serta cepat rusak.

Apabila ingin mengikis bunga es, seluruh makanan beku diamankan dulu ke kulkas lain. Setelah itu, naikkan suhu kulkas dengan perlahan supaya bunga es bisa mencair dengan alami. Hal ini akan membuat bunga es cepat menghilang tanpa merusak permukaan freezer kulkas.

BACA JUGA : 6 Cara Memaksimalkan Kinerja Merek Kulkas Terbaik, Dijamin Lebih Efisien Energi

4. Rutin bersihkan semua bagian kulkas

Lakukan pembersihan total pada kulkas paling tidak 2 minggu sekali agar meminimalisir berkembang biaknya bakteri dan adanya bau tidak sedap. Bersihkan kulkas menggunakan sabun yang mengandung anti septik atau pembersih lemak.

Sabun anti septik berfungsi menghilangkan bau, bakteri, dan karat yang menempel di beberapa bagian kulkas. Gunakan bahan-bahan alami penghilang bau tidak sedap seperti vanilla ataupun kopi untuk menetralisir bau tidak sedap di dalam kulkas.

5. Bersihkan kondesor kulkas

Bersihkan kondesor di belakang merek kulkas terbaik kamu secara teratur dari debu dan kotoran. Karena debu dan  kotoran dapat menyebabkan karang dan akan menghalangi pembuangan hawa panas dari kulkas jika tidak dibersihkan dengan teratur.

6. Beri jarak antara kulkas dengan dinding

Beri jarak antara kulkas dengan dinding minimal 15-20 cm. Jarak tersebut dberguna untuk pembuangan hawa panas dari kondesor kulkas. Pastikan juga selalu menjaga jarak kulkas supaya hawa panas bisa keluar dengan baik.

BACA JUGA : Tips Merawat Dan Membersihkan Merek Kulkas Terbaik, Jenis Freezer Box Yang Benar

7. Jangan menyimpan makanan dan minuman panas

Agar kulkas berkualitas kamu tidak mudah rusak, kamu harus meminimalisir cara kerja kulkas yang berlebihan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menghindari makanan dan minuman yang masih dalam kondisi panas membuat kulkas bekerja lebih ekstra sehingga listrik menjadi boros.

Kamu harus menunggu makanan dan minuman panas sampai suhu normal. Setelah itu, kamu baru bisa memasukkan ke dalam kulkas.

Itulah rahasia kulkas tetap awet dengan beberapa tips merawat merek kulkas terbaik agar tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: