Trik Jaga Suhu Kulkas Terbaikmu, Agar Tetap Ideal Dengan Mengikuti Tips Berikut

Trik Jaga Suhu Kulkas Terbaikmu, Agar Tetap Ideal Dengan Mengikuti Tips Berikut

Tips menjaga suhu kulkas agar tetap stabil--google.com

DISWAY JOGJA - Kulkas adalah salah satu perabot elektronik penting di rumah. Fungsinya adalah untuk menyegarkan dan membuat makanan lebih tahan lama.

Hampir setiap rumah memiliki kulkas. Namun, kulkas dapat mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Salah satu penyebab kulkas mudah rusak adalah tidak menjaga suhu dengan benar. Kulkas memiliki suhu ideal yang harus dipertahankan.

Dalam penggunaan sehari-hari, penting untuk menjaga suhu kulkas antara 1,7 - 3,3°C atau mendekati titik beku. Rentang suhu ini efektif memperlambat pertumbuhan bakteri dan mencegah makanan cepat busuk.

BACA JUGA : Tips dan Trik Merawat Kulkas Pakai Bahan Alami, Bisa Anda Praktikkan Dirumah

Suhu optimal untuk freezer adalah -18°C atau lebih rendah. Suhu ini membantu menjaga makanan tetap beku dan menghambat pertumbuhan bakteri serta mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan penyakit dari makanan.

Berdasarkan beberapa sumber, berikut akan dijelaskan beberapa cara menjaga suhu kulkas tetap dingin.

1. Atur suhu dengan benar

Sesuaikan suhu sesuai kebutuhan. Jika Anda mengatur suhu kulkas dengan tidak tepat, kinerja kulkas bisa menjadi tidak optimal dan boros listrik. Suhu yang disarankan adalah medium untuk freezer dan minimum atau maksimum untuk refrigerator.

Perlu diingat, jika suhu pada freezer diatur ke maksimum, suhu refrigerator akan turun, sehingga suhu yang dibutuhkan untuk mendinginkan benda tertentu tidak akan tercapai.

2. Hindari memasukkan makanan panas

Biarkan makanan panas mendingin secara alami sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Memasukkan makanan panas dapat membuat kompresor kulkas bekerja keras untuk menurunkan suhu dengan cepat, yang dapat mengganggu suhu di dalam kulkas.

BACA JUGA : Kapasitor Merek AC Terbaik Jadi Hal Penting Wajib Diperhatikan, Berikut Ulasan Lengkap Kapasitor AC

3. Pastikan semua wadah tertutup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: