Tips Ampuh Merawat Merek AC Terbaik Agar Awet Bertahun-Tahun Dan Tetap Dingin

Tips Ampuh Merawat Merek AC Terbaik Agar Awet Bertahun-Tahun Dan Tetap Dingin

Tips Ampuh Merawat Merk AC Terbaik Agar Awet Bertahun-Tahun Dan Tetap Dingin-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - AC merupakan barang elektronik yang rawan terhadap kerusakan karena sering digunakan di berbagai aktivitas sehari-hari. Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena ada beberapa tips ampuh merawat merek AC terbaik agar bisa awet digunakan bertahun-tahun dan tetap dingin.

Tips ampuh merawat merek AC terbaik

Ada beberapa tips atau cara merawat AC  yang bisa menjadi rekomendasi bagi kamu dalam melakukan pemeliharaan AC setiap harinya. Beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan yaitu :

1. Bersihkan Filter AC dengan Rutin

Filter pada merek AC terbaik berfungsi untuk menyaring dan menghalangi debu atau kotoran di aliran udara. Karena hal ini sangat penting, sehingga penting bagi kamu untuk membersihkan filter AC dengan rutin minimal 1 bulan -2 bulan sekali. Hal tersebut perlu dilakukan bertujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan debu yang bisa menyebabkan kerusakan pada fungsi AC.

2. Bersihkan Kumparan Kondensor AC

Selain pada komponen filter, di bagian kumparan kondensor merek AC terbaik  juga merupakan salah satu hal yang harus dibersihkan dengan rutin dari penumpukan debu atau kotoran.

Hal tersebut penting dilakukan karena penumpukan debu ataupun kotoran bisa mengurangi kemampuan kondensor AC untuk menyerap panas yang bisa menyebabkan korsleting karena terdapat kelebihan beban pada AC.

3. Service AC Secara Berkala

Untuk menjaga agar merek AC terbaik kamu tetap dalam kondisi prima di tengah berbagai kegiatan dan penggunaan sehari-hari, kamu bisa melakukan service AC atau pemeriksaan dengan rutin dengan menggunakan layanan servis AC karena bisa membantu kamu dalam mengatasi berbagai permasalahan pada AC kamu.

4. Periksa Kondisi Kipas AC

Agar merek AC terbaik tetap terawat dan tetap dingin, kamu perlu dengan rutin mengecek kondisi kipas pada AC. Lalu pastikan tidak ada kerusakan, keretakan, ataupun berbagai masalah lainnya pada kipas AC.  Apabila kamu menemukan adanya kerusakan pada kipas AC, segera ganti pisau kipas AC agar perangkat AC bisa tetap digunakan dan berfugnsi dengan maksimal.

5. Gunakan Fitur Timer

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar perangkat AC bisa terawat dengan baik dan tetap dingin yaitu menggunakan fitur timer ketika akan menyalakan AC. Sehingga, AC bisa mati dengan otomatis. Penggunaan timer ini bisa menjadi alternatif untuk penghematan daya dan biaya penggunaan listrik sehari-hari di rumahmu.

Timer juga bisa menjaga perangkat AC supaya tidak terlalu panas. Ada baiknya kamu menyalakan AC maksimal 5 jam setiap pemakaian. Setelah itu, biarkan mesin AC beristirahat supaya kembali dingin. Dan hindari terlalu sering menyetel suhu AC di bawah 22°C karena bisa membuat mesin AC cepat panas.

6. Periksa Termostat

Kamu bisa melakukan perawatan AC dengan cara menjaga agar suhu atau temperatur ruangan tetap stabil, yaitu dengan temperatur yang lebih tinggi saat tidak ada terlalu banyak orang ataupun kegiatan di dalam ruangan dan mmatikan AC saat tidak digunakan lagi.

BACA JUGA : 7 Trik Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Hemat Listrik, Simak Info Lengkapnya

Tips Merawat AC Split

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk merawat AC split sehari-hari. Beberapa tips tersebut yaitu :

1. Gunakan termometer untuk memantau suhu

Gunakan termometer untuk kamu memantau kesesuaian suhu di remot AC dengan suhu pada termometer kamu. Apabila ada perbedaan indeks suhu, sesegera mungkin lakukan pemeriksaan AC dengan menyeluruh.

2. Lakukan Pemeriksaan secara Rutin

Sebaiknya bagi kamu untuk menjadwalkan pemeriksaan rutin pada AC tiap beberapa bulan sekali, hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi AC agar tetap dalam kondisi baik dan meminimalisir kerusakan pada AC tersebut.

3. Bersihkan Filter AC dengan rutin

Lakukan dengan rutin membersihkan filter AC. Pembersihan filter tersebut sekaligus bisa mengurangi terjadinya kerusakan akibat penumpukan debu pada filter AC.

4. Lakukan Pengecekan Freon AC

Dalam perawatan AC split, kamu perlu melakukan pengecekan secara rutin pada freon AC. Jika freon AC mengalami kerusakan atau kebocoran bisa berdampak pada masalah udara dingin yang akan disalurkan oleh AC kamu.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Merek AC Terbaik Portable, Dijamin Rumah Makin Sejuk dan Dingin

Tips Merawat AC Portabel

Beberapa tips untuk menjaga dan merawat AC portabel diantaranya yaitu :

1. Lakukan pembersihan di bagian luar AC secara rutin dengan menggunakan cairan pembersih.

2. Lakukan pembersihan saluran udara dari debu, kotoran, ataupun serangga dengan menggunakan vacuum cleaner minimal 1 minggu sekali.

3. Lakukan pembersihan saluran AC yang kotor dengan cara merendamnya menggunakan air hangat (suhu tidak lebih dari 40°C).

Itulah beberaa tips ampuh merawat merek AC terbaik agar awet bertahun-tahun dan tetap dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: