6 Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak

6 Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Merk AC Terbaik Agar Tidak Cepat Rusak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Berada di negara tropis membuat banyak orang memilih untuk memasang AC di rumahnya. Penggunaan merek AC terbaik bertujuan untuk menghilangkan suasana panas dalam ruangan.

Sehingga keadaan ruangan jadi lebih nyaman. Namun, pemakaian merek AC terbaik yang berlebihan bisa membuat AC jadi cepat rusak dan berakibat hal yang tidak diinginkan.

Banyak orang malas untuk membersihkan merek AC terbaik dengan rutin, padahal merawat AC di dalam ruangan dengan cara yang benar bisa membuat AC lebih awet.

Ketika  merek AC terbaik kurang dirawat, maka AC akan cepat rusak, karena komponen yang terdapat di dalam AC lama kelamaan akan cepat rusak juga.

Berikut 6 tips merawat merek AC terbaik agar tidak cepat rusak :

1. Sesuai PK AC Dengan Luas Ruangan

PK yaitu besaran tenaga yang dibutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan. Besarnya PK tergantung jenis AC dan kebutuhan ruangan. Kamu  harus mengetahui ukuran ruangan agar sesuai dengan ukuran PK AC. Menggunakan PK AC yang tepat akan berpengaruh pada kinerja AC yang dipasang di ruangan nantinya.

Ketika PK AC kecil ditempatkan di ruangan besar, maka ruangan tidak akan sejuk. Kinerja AC akan terlalu keras sehingga bisa membuat AC cepat rusak. Apabila ukuran PK terlalu besar dibandingkan ukuran ruangannya, maka AC akan terlalu dingin dan boros listrik.

2. Periksa Termostat

Kebanyakan orang, termasuk kamu, menggunakan AC langsung pada suhu terendah agar AC lebih cepat dingin padahal hal tersebut pengaruh pada keawetan AC. Jika terus dipaksakan AC mencapai suhu paling rendah terus-menerus, maka akan membuat kompresor AC bekerja maksimum dan akan mengurangi umur kompresor AC ynag membuat AC jadi cepat rusak.

Aturlah suhu AC dengan temperatur ruangan yang stabil. Jangan mengatur suhu di bawah 22 derajat celcius. Karena bisa membuat mesin AC cepat panas yang membuat AC cepat rusak.

3. Atur Waktu Pemakaian menggunakan Timer

Penggunaan timer AC dapat membantu perawatan AC. Waktu terbaik menggunakan AC yaitu 5 jam, apabila sudah lewat sebaiknya AC dimatikan dulu.

BACA JUGA : 7 Trik Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Hemat Listrik, Simak Info Lengkapnya

4. Bersihkan Filter dan Kumparan Kondensor AC

Filter AC berfungsi menyaring debu, sehingga jika tidak dibersihkan dnegan rutin bisa menyebabkan AC tidak dingin karena banyak debu yang menumpuk. Debu ini dapat menghambat aliran udara yang menyebabkan fungsi AC terganggu sehingga AC akan cepat rusak.

Bersihkan filter AC minimal 1 atau 2 bulan sekali. Kumparan AC juga perlu dibersihkan setiap tahun, karena debu kadang menumpuk di bagian ini yang dapat mengurangi kemampuan AC nya untuk menyerap panas.

5. Tutuplah Ruangan Pada Saat AC Menyala        

Tutuplah rapat semua celah saat AC sedang dinyalakan agar AC fokus mendinginkan ruangan dan untuk meringankan kinerja kompresor untuk mencapai suhu yang diinginkan. Cara ini berfungsi untuk meringankan AC agar tidak terlalu lama bekerja dan bisa mencegah kerusakan kompresor AC.

6. Servis AC Dengan Rutin

Kamu bisa memanfaatkan layanan servis AC untuk membantu memperbaiki kerusakan kecil dan mencegah besar pada AC. Kamu dapat menggunakan jasa servis AC minimal 6 bulan sekali.

Pada umumnya jasa servis AC akan melakukan pengecekan pada semua bagian AC. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan pada AC, sehingga kamu perlu merawat merek AC terbaik kamu agar tidak cepat rusak.

Itulah beberapa tips merawat merek AC terbaik agar tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: