Ruangan Kamu Kurang Sejuk, Berikut 5 Tips dan Trik Merawat AC Agar Tetap Dingin

Ruangan Kamu Kurang Sejuk, Berikut 5 Tips dan Trik Merawat AC Agar Tetap Dingin

Tips dan Trik Merawat AC --Griya Satria

DISWAY JOGJA - AC di rumah kamu perlu di perhatikan jika ada yang terasa menjanggal. Salah satunya tidak dingin ini tentu membuat kamu merasa nyaman, maka dari itu cari tahu tips dan trik merawat AC agar tetap dingin.

Mengetahui tips dan trik merawat AC sangat penting. Karena dengan itu kamu bisa menjaga AC di rumah kamu tetap nyaman.

Dengan itu kamu juga bisa memiliki sedikit pengetahuan jika mencari tahu apa saja tips dan trik merawat AC. Perlu kita ingat bahwa jika AC terasa aneh maka ruangan pun tidak akan nyaman.

Maka dari itu simak tips dan trik merawat AC dengan baik. Jangan lupa dipraktekkan dan dipahami baik-baik ya.

1. Matikan AC jika tidak diperlukan

Tips dan trik merawat AC yang pertama yaitu jika kamu ingin liburan atau pergi dari rumah dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka AC harus dimatikan.

Atau semisal nanti ada lebaran idul fitri dan kamu ingin mudik ke desa baik itu rumah orang tua, atau keluarga lainnya segera dimatikan AC nya. Hal ini bertujuan agar tidak boros listrik.

Kamu bisa memutus sambungan listrik AC pada saat mau pergi. Ini yang bisa kamu lakukan agar listrik AC juga ikut mati.

BACA JUGA : Cukup Pakai Remote, Tips Mengatur Merek AC Terbaik, Dijamin Lebih Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

2. Membersihkan penyaring

BACA JUGA : AC Dinginnya Nggak Kira-kira, Rahasia Merawat dan Memaksimalkan Kinerja AC

Penyaring AC yang kotor bukan hanya menghambat kinerja AC tapi kualitas udara dalam AC juga. Jika penyaring yang kotor menghambat kualitas udara pada AC maka bisa saja di dalam rumah kamu tidak terasa dingin.

Kemudian tidak hanya penyaring yang kotor juga bisa mempengaruhi energi listriknya. Itulah pentingnya merawat AC dengan baik.

Kamu harus membersihkan penyaring setidaknya sebulan sekali. Namun jika rumah kamu dikelilingi lingkungan yang banyak pasir atau kamu memelihara hewan berbulu maka setidaknya dua minggu sekali.

Hal ini bisa memaksimalkan kualitas udara dalam AC. Sehingga AC tetap dingin dan sejuk serta nyaman dirasakan.

3.Periksa Freon pada AC

Freon pada AC berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Jika AC di dalam rumah kamu tidak dingin maka periksalah di dalam AC tersebut terdapat Freon atau tidak.

Karena jika tidak ada maka kamu bisa menghubungi petugas AC tersebut. Karena jika Freon dalam AC tidak ada maka ruanganpun tidak akan terasa dingin.

4. Membersihkan Evaporator

BACA JUGA : 10 Trik Jitu Merawat AC Agar Terhindar Dari Kerusakan dan Biaya Perbaikan Mahal

Evaporator dalam AC berfungsi untuk menyerap panas dalam ruangan rumah kamu. Jika dalam ruangan kamu kurang dingin atau tidak seperti biasanya, maka periksalah evaporator dalam AC.

Karena bisa jadi hawa panas yang diserap oleh evaporator bisa menghambat pendinginan AC untuk ruangan tersebut. Maka yang perlu kamu lakukan adalah agar kembali seperti semula yaitu membersihkan evaporator.

Caranya kamu bisa membersihkan evaporator dengan kain basah agar AC dalam rumah kamu dapat sejuk seperti semula. Sederhana namun jarang dilakukan.

5. Membersihkan kondesor

Kondensor pada AC terletak di luar unit AC tersebut. Kamu jangan terlalu fokus pada kebersihan di dalam AC, namun kamu juga harus fokus pada kebersihan di luar unik AC tersebut.

Jika kondensor kotor kemudian banyak debu yang menempel di hal ini juga bisa menghambat sirip pendingin AC. Akibatnya ruangan dalam rumah kamu tidak dingin secara maksimal.

Namun kamu tidak perlu khawatir untuk membersihkan kondensor ini sangat mudah. Kamu hanya perlu membersihkannya dengan sikat gigi yang belum dipakai, bersihkanlah sampai benar-benar bersih.

Dengan cara seperti itu maka AC akan berjalan dengan maksimal. Serta ruangan dalam rumah kamu pun akan terasa sejuk kembali.

Demikian tips dan trik merawat AC dengan baik. Jika kamu sudah membaca sampai bagian akhir ini, maka kamu menyimak sampai selesai. Semoga artikel ini dapat membantu kamu serta bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih dan sampai ketemu lagi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: