Dubes Ceko Temui Gubernur DIY, Rencanakan Kerja Sama Antara Yogyakarta dan Hluboka

Dubes Ceko Temui Gubernur DIY, Rencanakan Kerja Sama Antara Yogyakarta dan Hluboka

Duta Besar Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Duta Besar Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Didampingi Pj Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo, kunjungan tersebut ditemui di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin, 20 Mei 2024.

Fathi Mustaqim, penerjemah Madya/Koordinator Pokja Kerja Sama Luar Negeri DPMTPST DIY menjelaskan, kunjungan Dubes Ceko didampingi Ibu Dubes Indonesia untuk Ceko beserta Wali Kota Hluboka nad Vltavou Tomas Jirsa adalah untuk bertemu Gubernur DIY dalam rangka tindak lanjut kunjungan Dubes Ceko untuk Indonesia pada 2021.

BACA JUGA:Mudik Gratis, Gubernur DIY Sri Sultan Melepas 1.839 Pemudik Bareng Warmindo

”Sebenarnya kunjungan ini adalah kunjungan tindak lanjut dari kunjungan Dubes Ceko untuk Indonesia pada 2021 yang lalu,” ucapnya usai audiensi.

Fathi menjelaskan, pada kunjungan 2021 Dubes Ceko dan Sri Sultan membahas tentang kemungkinan untuk membentuk kerjasama Kota Kembar (Sister city), antara salah satu kota atau kabupaten di DIY dengan salah satu kota di Ceko.

”Waktu itu belum tersebut nama kota di DIY itu, apa dan nama kota di Ceko itu apa,” tambahnya.

Kemudian dari hasil kunjungan 2021, Kota Hluboka nad Vltavou dari South Bohemian Region di Republik Ceko melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha, Republik Ceko menyampaikan minatnya untuk bekerjasama dengan Kota Yogyakarta pada 2023.

Yogyakarta dan Hluboka adalah kota yang sama-sama memiliki Warisan Budaya Dunia yang diakui UNESCO. Dengan demikian, harapannya kerjasama ini dapat saling memberi manfaat dalam pengembangan Situs Budaya Dunia.

Selain itu, Hluboka adalah salah satu kota di Republik Ceko yang memiliki potensi pariwisata dan budaya yang mirip seperti yang dimiliki oleh Yogyakarta.

BACA JUGA:Warisan Budaya Dunia di Indonesia Terjaga dan Terkelola dengan Baik

Karena kemiripan itu, Fathi mengatakan, rencana akan ada 4 ruang lingkup kerjasama Kota Kembar (Sister city). Yaitu pariwisata, budaya, pengembangan UKM dan pendidikan dan kepemudaan.

Kehadiran Delegasi Republik Ceko itu untuk menandatangani Letter of Intent (LOI), yaitu pernyataan kehendak kerjasama antara pemerintah kota Yogyakarta dengan kota Hluboka, Ceko, di Taman Pintar, Yogyakarta, Senin, 20 Mei 2024. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: