Mengenal Freon Merek AC Terbaik, Mulai Keunggulan Hingga Ukuran Tekanan Setiap Jenisnya

Mengenal Freon Merek AC Terbaik, Mulai Keunggulan Hingga Ukuran Tekanan Setiap Jenisnya

Jenis Freon Pada Merk AC Terbaik--

DISWAY JOGJA – Salah satu komponen paling awet yang ada pada merek AC terbaik adalah Freon. Komponen ini bisa digunakan hingga 3 tahun, namun ini tergantung bagaimana pemakaiannya.

Apabila Freon pada merek AC terbaik di rumah bermasalah atau habis harus segera diisi kembali. Perhatikan juga ukuran kapasitas PK unit pendingin tersebut untuk mengetahui tekanan freon agar tidak ada kesalahan yang dapat menyebabkan kerusakan.

Artikel kali ini akan mengulas secara lengkap jenis freon yang digunakan pada unit merek AC terbaik yang beredar di pasaran. Selain itu, akan dibahas juga mengenai tekanan freon pada setiap jenisnya. Let’s check this out!

BACA JUGA : Spesifikasi Merek AC Terbaik Midea 8.000 BTU U-shaped, Pendingin Pertama di Dunia Berbentuk U

Jenis Freon AC

Saat ini ada tiga jenis freon yang digunakan pada unit AC split, diantara terdiri dari freon R22, R410a dan R32. Dimana masing-masing jenis freon merek kulkas terbaik tersebut memiliki tekanan yang berbeda pada setiap freonnya.

Freon R22

Jenis freon pertama yang digunakan pada merek AC terbaik adalah Freon R22. Penggunaan jenis freon ini sering dijumpai pada tipe AC lama, karena refrigerant yang paling umum digunakan CFC.

Tahun 2015, Departemen Perindustrian dan Perdagangan Indonesia mulai melarang penggunaan freon R22. Hal tersebut dilakukan, karena bahan yang digunakan pada jenis freon ini dapat merusak ozon.

Meskipun demikian, pihak dealer dan produsen AC masih bisa menjual unit pending ruangan tersebut sampai stok habis hingga tahun 2030. Pasalnya, pada tahun tersebut jenis freon yang satu ini kan dihapus di Indonesia.

Tekanan yang dimiliki oleh jenis freon R22 sebesar 80 psi, dengan ukuran kapasitas pendingin sebesar 0,5 PK.

BACA JUGA : Anda Punya Kapasitas Ruangan Besar, Kenali Merek AC Terbaik Cassette Polytron Dijamin Bikin Sejuk

Freon R410a

Berhubung Freon R22 tidak ramah lingkungan serta bahan yang digunakan dapat mengakibatkan lapisan ozon bumi rusak. Oleh karena itu, produsen AC menciptakan satu set pendingin ruangan lain, yaitu HFC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: